12 Manfaat Kulit Buah Manggis untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Manfaat kulit manggis sekarang populer di kalangan para herbalis. Berbagai produk kulit manggis mudah ditemukan dan banyak orang ingin tahu tentang manfaat yang ditawarkan kulit manggis. Manfaat kulit manggis dikatakan untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Manggis adalah buah eksotis dengan rasa asam dan manis. Daging buah anggis berwarna putih. Tak hanya daging buah, kulit dari buah manggis juga dapat diolah sebagai obat herbal. Memang, manfaat kulit manggis menarik perhatian. Kulit manggis kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, dan asam amino.

Manfaat-Kulit-Buah-Manggis
Manfaat Kulit Buah Manggis

Penelitian baru-baru ini tentang manfaat kesehatan kulit manggis telah menyebabkan produsen farmasi membuat suplemen makanan dalam jumlah besar dari ekstrak kulit manggis. Zat penting dalam kulit manggis yang membuat buah manggis sangat berharga adalah zat xanthone.

Manfaat Kulit Buah Manggis

Menyembuhkan alergi

Manfaat selanjutnya dari kulit manggis adalah mengatasi alergi. Gejala umum alergi umum termasuk gatal dan ruam merah. Kulit manggis dengan sifat anti-inflamasi dan anti-alergi mengurangi gejala alergi atau bahkan mencegah alergi.

Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat lain dari kulit manggis adalah dapat mencegah dan menjaga kadar gula darah yang menyebabkan seseorang terserang diabetes sejak dini. Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan kulit manggis – alpha amylase – sebanding dengan kandungan acarbose. Fungsi zat ini adalah untuk menghambat enzim yang menyebabkan pati dalam tubuh terurai menjadi glukosa.

Mencegah Penyakit Jantung

Banyak orang tidak percaya bahwa manfaat kulit manggis berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan kulit manggis termasuk tembaga, mangan dan magnesium. Kalium adalah kandungan penting sel dan cairan tubuh untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Keuntungan kulit manggis adalah melindungi dari stroke dan penyakit jantung koroner.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Tidak hanya manfaat kulit manggis yang dapat dicapai, manfaat manggis juga baik untuk kesehatan. Daging manggis dapat menjadi sumber kesehatan pencernaan yang baik karena dapat melawan sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat selanjutnya dari kulit manggis untuk kecantikan adalah dapat mencegah penuaan dini. Gejala usia yang umumnya muncul antara usia 30 dan 40 dapat muncul lebih awal di usia 20-an. Hal ini dapat disebabkan oleh seringnya terpapar sinar UV pada kulit dan jumlah radikal bebas. Karena itu pencegahan sangat diperlukan.

Anda bisa menggunakan kulit manggis untuk mencegah dan mengurangi gejala penuaan dini. Kulit manggis adalah antioksidan yang melawan radikal bebas dan memperlambat timbulnya gejala-gejala ini.

Mengencangkan Kulit

Manfaat kulit manggis untuk kulit berikutnya adalah mengencangkan kulit. Gejala penuaan ditandai oleh munculnya garis-garis halus, kerutan dan kulit tidak kencang. Ketika Anda melawan gejala penuaan Anda dapat secara alami merawat kulit wajah Anda atau mengencangkannya lagi.

Membantu Meregenerasi Kulit

Berbagai masalah kulit dapat merusak sel-sel kulit Anda. Kulit seringkali juga mengalami kesulitan regenerasi sendiri. Kandungan antiinflamasi pada kulit manggis akan mendukung proses regenerasi kulit. Dengan cara ini, sel-sel kulit yang rusak dengan cepat diganti oleh sel-sel baru.

Mengatasi Jerawat

Manfaat selanjutnya dari kulit manggis adalah mengatasi jerawat. Meskipun jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum tetapi seringkali sulit untuk diatasi. Kulit manggis dapat menjadi salah satu alternatif Anda untuk merawat jerawat.

Kandungan anti-inflamasi kulit manggis mengurangi peradangan pada jerawat. Sementara kandungan antibakteri mencegah perkembangan bakteri penyebab jerawat untuk muncul kembali.

Menghilangkan Flek Hitam dan Menghaluskan Kulit

Setelah jerawat menghilang, masalah biasanya masih muncul dalam bentuk bintik-bintik hitam pada wajah. Jangan menghentikan perawatan dengan kulit manggis setelah jerawat menghilang, karena manfaat dari kulit manggis lainnya adalah menghilangkan flek hitam untuk mencerahkan kulit.

Area kulit yang rentan terhadap jerawat juga merupakan bagian dari kulit yang rusak. Karena kulit manggis meningkatkan regenerasi kulit, flek hitam pada wajah juga memudar lebih cepat. Wajah menjadi lebih halus dan lebih cerah.

Menurunkan Berat Badan

Berat badan ideal tentu diinginkan oleh banyak orang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kulit manggis dan buah manggis baik untuk nutrisi. Kulit manggis dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menyeimbangkan nafsu makan.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Serat dalam kulit manggis dapat menurunkan kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL), serta trigliserida. Serat mengikat dengan LDL dan trigliserida di usus dan mencegahnya terserap dalam darah.

Antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis mengikat LDL dan trigliserida dalam darah dan mempercepat pemrosesan menjadi asam empedu yang dikeluarkan dari tubuh.

Manggis memiliki kemampuan untuk mengontrol kolesterol dan memiliki manfaat kesehatan untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan kadar kolesterol seimbang, Hal ini dapat mencegah pembentukan plak di dinding bagian dalam pembuluh darah, sehingga mencegah aterosklerosis. Aterosklerosis diketahui menyebabkan banyak penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung.

Membuang Racun dalam Tubuh

Antioksidan dalam kulit manggis dapat bergabung dengan racun dan senyawa kimia yang masuk ke dalam tubuh melalui polusi udara, rokok, makanan yang terkontaminasi, dan radiasi. Zat berbahaya ini kemudian dikeluarkan dari tubuh dengan air seni.

Ketika zat ini masuk ke usus, antioksidan di kulit manggis melindungi mukosa usus sehingga selaput lendir tidak memiliki kontak langsung dengan racun. Proses ini juga dapat mencegah kanker usus besar terbentuk.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat kulit buah manggis semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya