13 Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Meski jarang dikonsumsi, nama buah kecapi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda, bukan? Ya, kecapi atau buah sentul adalah buah yang sudah jarang ditemui. Padahal, kecapi adalah buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, lho. Lantas, apa saja manfaat buah kecapi bagi kesehatan tubuh?

Sama seperti jenis buah lainnya, kecapi adalah buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Hal ini terkait erat dengan fakta bahwa buah dengan nama Latin Sandoricum koetjape mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin yang disebut karbohidrat, fosfor, kalium, kalsium, zat besi dan vitamin C.

Manfaat-Buah-Kecapi
Manfaat Buah Kecapi

Manfaat Buah Kecapi

Mengobati Demam

Dari semua pilihan untuk mengobati demam, mengonsumsi buah kecapi adalah salah satu solusi terbaik. buah kecapi seharusnya membuat tubuh lebih berkeringat saat demam, sehingga suhu tubuh bisa turun.

Mencegah Penuaan Dini

Buah kecapi mengandung banyak vitamin C. Khasiat buah kecapi dapat mencegah penuaan kulit dini yang ditandai oleh sejumlah faktor seperti lipatan kulit dan bintik hitam.

Menjaga Kekencangan Kulit

Khasiat buah kecapi untuk kulit tidak hanya mencegah penuaan dini tetapi juga menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Hal ini karena kandungan vitamin C yang tinggi.

Membuat Kulit Tampak Cerah

Terlepas dari manfaat buah kecapi untuk kulit, Anda juga bisa menggunakan buah yang satu ini untuk membuat kulit Anda terlihat lebih bercahaya. Buah kecapi juga diklaim mampu mengatasi masalah kulit lainnya seperti kurap dan kudis.

Merawat Kesehatan Usus

Khasiat buah kecapi yang tidak kalah bagusnya adalah mempertahankan fungsi usus yang sehat dengan berkontribusi pada pengembangan bakteri baik di usus. Konsumsilah buah kecapi secara teratur maka Anda akan terhindar dari berbagai penyakit gangguan usus.

Menghindari Alzheimer

Kehadiran antioksidan dalam buah kecapi juga mengarah pada manfaat kecapi untuk mencegah gangguan fungsi otak seperti Alzheimer. Namun, ini juga harus dikompensasi oleh gaya hidup sehat karena penyakit Alzheimer lebih atau kurang dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Mengontrol Gula Darah

Buah kecapi memiliki rasa manis. Menariknya, buah kecapi memiliki indeks glikemik yang rendah. hal ini membuat buah kecapi aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ditambah dengan kandungan serat yang tinggi, khasiat buah kecapi juga termasuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tubuh yang sehat dan bebas penyakit harus memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Dari semua cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, konsumsi buah kecapi adalah salah satunya. Manfaat buah kecapi ini dihasilkan oleh kandungan antioksidan dan vitamin C.

Mengobati nyeri perut

Nyeri perut dapat terjadi karena berbagai faktor baik karena meningkatnya jumlah bakteri dan asam lambung. Mengkonsumsi buah kecapi saat perut sakit. Rasa manis dan sedikit keasaman dapat menetralkan sakit perut Anda. Nutrisi kecapi juga bisa memperlancar pencernaan Anda.

Baik untuk Ibu Yang Baru Saja Melahirkan

Buah kecapi ini sangat baik untuk ibu yang baru saja melahirkan. Buah ini berfungsi sebagai sumber energi yang sehat untuk semua wanita setelah lahir agar tetap sehat dan segar kembali. Seorang ibu yang sehat dapat menyusui dengan lebih produktif dan merawat bayinya.

Mengobati Penyakit Cacing Gelang

Anak-anak adalah pasien yang paling umum terkena penyakit cacing gelang karena mereka sering bermain di sembarang tempat. Cacing gelang bisa masuk ke perut melalui makanan. Jika Anda terkena penyakit ini, solusinya adalah memakan buah kecapi. Manfaat kecapi dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit cacing gelang.

Anti Kanker

Manfaat buah kecapi juga telah terbukti secara medis untuk mencegah kanker. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara teratur sehingga tubuh Anda lebih waspada terhadap kanker yang menginfeksi tubuh. Kanker adalah penyakit berbahaya dan harus dicegah sejak dini.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang berlebihan tentu bukan hal yang baik. Jika berlebihan, banyak jenis penyakit yang menyerang tubuh Anda termasuk serangan jantung. Untuk melakukan ini, mengkonsumsi buah kecapi untuk menurunkan kolesterol. Manfaat kecapi untuk menurunkan kolesterol tidak hanya dirasakan di jantung, tetapi juga di organ lain seperti paru-paru.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah kecapi semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya