12 Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Kehamilan umumnya disertai dengan kebutuhan yang kuat akan makanan atau yang biasa disebut ngidam. Hal ini masuk akal karena wanita hamil harus memenuhi kebutuhan gizi untuk diri mereka sendiri dan bayi mereka di dalam rahim.

Makanan tertentu baik untuk perkembangan janin. Meskipun ibu hamil mungkin mengidam lainnya, seperti makanan manis, ibu hamil selalu disarankan untuk memilih sepotong buah daripada cokelat atau makanan manis lainnya. Buah kiwi misalnya, meski jarang dijadikan sebagai buah pilihan buah kiwi memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil lho.

Manfaat-Buah-Kiwi-untuk-Ibu-Hamil
Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi dua atau tiga buah kiwi akan membantu mengencerkan darah dan meningkatkan kadar lemak sehingga menjaga kesehatan jantung. Tingkat kalium yang tinggi dalam buah ini secara efektif dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung.

Sumber Asam Folat

Seorang wanita hamil membutuhkan sekitar 400-800 miligram (mg) asam folat dalam makanannya untuk mencapai perkembangan janin yang sehat dalam beberapa bulan pertama pembuahan.

Makan buah-buahan yang rasanya sedikit asam dapat membuat kehamilan dan menyusui lebih mudah, mengoptimalkan perkembangan kognitif janin dan mencegah cacat saraf, itulah sebabnya calon ibu sangat disarankan untuk makan setidaknya satu kiwi sehari.

Kaya akan Vitamin C dan Vitamin E

Faktanya, buah Kiwi mengandung lebih banyak vitamin C dari jeruk, lho! yang mana dari vitamin ini yang membantu meningkatkan stamina ibu hamil? Zat ini juga memiliki khasiat kuat lainnya salah satunya adalah Vitamin E. Vitamin E dikenal sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Sumber Vitamin K

Buah ini adalah sumber vitamin K yang sangat baik dan cocok untuk wanita hamil dan menyusui. Buah kiwi mempercepat penyembuhan tubuh, mencegah pendarahan di hati, mendukung pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis.V itamin K juga dapat membantu proses pembekuan darah. Hal ini sangat diperlukan jika calon ibu banyak berdarah. Kehilangan darah berlebihan dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Mengatasi Morning Sickness

Morning sickness selama kehamilan adalah hal yang biasa bagi para ibu hamil karena perubahan hormon dalam tubuh. Berkat buah kiwi yang kaya akan vitamin C dan vitamin B mual yang biasanya dirasakan oleh wanita hamil dapat berkurang.

Mencegah Radikal Bebas

Buah kiwi kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerusakan sel pada tubuh yang disebabkan oleh oksidasi. Risiko stres oksidatif selama kehamilan sangat tinggi pada wanita hamil dan buah ini, juga dikenal sebagai gosberry Cina dapat membantu memperbaiki sel-sel baru dalam tubuh.

Mengurangi Risiko Stretch Mark

Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah Kiwi secara teratur dapat mengurangi risiko stretch mark setelah melahirkan. hal ini bisa terjadi karena buah kiwi mampu meningkatkan pembentukan kolagen dan mempertahankan elastisitas kulit maksimum yang secara signifikan mengurangi kemungkinan selulit. Selain dikonsumsi, kamu juga bisa menggunakan krim pelembap di area perut agar hasilnya lebih optimal.

Mencegah Cacat Lahir

Buah ini lagi-lagi kaya akan vitamin B9 yang sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. Karena jika Anda kekurangan vitamin B9, bisa ada berbagai kerusakan saraf saat lahir selama kehamilan. Selain itu, kandungan asam folat dalam buah kiwi dapat mencegah kerusakan pada saraf janin dan juga mendukung proses perkembangan otak. Coba makan 400 mikrogram (mcg) atau 1.600 gram buah kiwi sehari untuk hasil terbaik.

Melancarkan Pencernaan

Buah Kiwi kaya serat yang membantu wanita hamil mengatasi sembelit. Makan buah secara teratur juga dapat membantu meningkatkan pencernaan dan memperlancar buang air besar. Buah Kiwi juga mengandung prebiotikyang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan meningkatkan kesehatan usus secara umum.

Membantu Tidur Nyenyak

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah Kiwi dapat membantu ibu hamil tidur nyenyak di malam hari. Hal ini dimungkinkan berkat kandungan antioksidan dan serotonin.

Mencegah Kanker

Manfaat buah kiwi bagi wanita hamil adalah dapat melindungi DNA. Salah satu kandungan dalam buah kiwi adalah antioksidan. Kandungan antioksidannya sangat baik untuk kesehatan ibu hamil terutama untuk melindungi DNA bayi. Antioksidan memiliki kemampuan untuk mencegah timbulnya sel kanker.

Menjaga Kesehatan Jantung

Buah kiwi bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Mengkonsumsi 2 atau 3 kiwi sehari membantu mengencerkan darah dan menurunkan kadar lemak, sehingga kesehatan jantung tetap terjaga. Tingkat kalium yang tinggi dalam buah Kiwi dapat secara efektif menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan mendadak. Jus kiwi juga terbukti memiliki efek yang sama dengan tablet aspirin dalam hal perlindungan jantung.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah kiwi untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: