12 Manfaat Buah Kurma untuk Ibu Hamil

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Mengkonsumsi buah selama kehamilan adalah sesuatu yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim. Salah satu buah yang baik yang dikonsumsi selama kehamilan adalah kurma karena buah ini mengandung kalium, magnesium dan mangan. Jadi apa manfaat kurma untuk ibu hamil?

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa manfaat kurma untuk wanita hamil yang dapat dirasakan lebih jarang dalam induksi selama persalinan. Manfaat kurma untuk wanita hamil lainnya adalah mengurangi mual, mencegah anemia, dan mengontrol gula darah. Namun temuan ini memerlukan penelitian lanjutan.

Manfaat-Kurma-untuk-Ibu-Hamil
Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Kurma untuk Ibu Hamil

Sumber Energi

Jika Anda hamil, ibu tentu akan membutuhkan lebih banyak energi daripada jika Anda tidak hamil. Jika Anda makan beberapa kurma, Anda akan mendapatkan gula yang Anda butuhkan tanpa menambahkan kalori.

Menghindari Sembelit

Kurma mengandung serat tinggi yang menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan mencegah wanita hamil menjadi sembelit atau konstipasu. buah kurma juga akan membuah kenyang, menurunkan kadar kolesterol dan mempertahankan berat badan yang stabil dan ideal.

Mencegah Anemia

Kurma mengandung zat besi yang dibutuhkan wanita hamil untuk membantu Anda menghindari risiko anemia. Zat besi pada kurma juga bertanggung jawab untuk menjaga kadar hemoglobin dan memperkuat sistem kekebalan tubuh wanita hamil dan janin yang dikandungnya.

Kaya Vitamin K

Vitamin K ada pada kurma untuk mendukung pertumbuhan tulang janin. Dan setelah melahirkan, Anda harus terus mengkonsumsi kurma karena mereka berguna untuk membantu Anda mendapatkan vitamin K ketika bayi Anda menyusui.

Menjaga Keseimbangan Air dan Garam

Kurma juga mengandung potasium, mineral penting yang memenuhi gizi wanita hamil dengan menjaga keseimbangan air dan garam dalam tubuh. Kekurangan kalium dapat menimbulkan risiko masalah ginjal.

Mengandung Folat

Kurma merupakan sumber asam folat yang baik. Seperti kita ketahui, asam folat bermanfaat untuk mencegah cacat tabung saraf (NTD), kelainan serius di otak dan sumsum tulang belakang. Folat juga membantu mencegah keguguran yang terjadi pada awal kehamilan. Konsumsi asam folat yang tepat juga diyakini dapat mengurangi risiko preeklampsia.

Kaya Protein

Buah kurma menyediakan asupan protein yang dibutuhkan oleh wanita hamil. Protein dalam buah ini membantu menghasilkan asam amino yang penting untuk pertumbuhan tubuh.

Mengandung Magnesium

Kurma mengandung banyak mineral yang termasuk magnesium. Nah, magnesium sangat dibutuhkan untuk pembentukan gigi dan tulang janin. Magnesium juga mengatur kadar gula darah dan tekanan darah wanita hamil.

Mempercepat Kontraksi

Sebelum kelahiran, ibu hamil juga dianjurkan untuk makan kurma karena mereka dapat merangsang produksi hormon oksitosin dalam tubuh, yang memudahkan proses persalinan. Kadar serotonin, kalsium dan tanin membantu dengan kontraksi otot-otot rahim sehingga kontraksi dapat dilakukan lebih cepat. Selain itu, kandungan asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh dalam kurma juga menghasilkan prostaglandin yang dibutuhkan untuk persalinan.

Membantu Pemulihan Usai Persalinan

Kurma tidak hanya berguna selama persalinan untuk membantu Anda pulih setelah melahirkan. Hal ini karena kurma menghasilkan hormon oksitosin yang berguna dalam menghentikan darah dan mengembalikan fungsi uterus.

Membantu Proses Pembukaan

Kelahiran normal hanya terjadi ketika semua lubang sudah lengkap. Dalam beberapa kasus, jarak dari bukaan 1 ke bukaan 2 umumnya memakan waktu lama. Satu studi menemukan bahwa manfaat kurma untuk wanita hamil yang lebih tua adalah untuk mendukung pembukaan saat lahir lebih cepat.

Persalinan Normal Lebih Tinggi

Bagi Anda yang ingin melahirkan secara normal, asupan yang bisa Anda konsumsi adalah kurma. Sebuah penelitian menemukan bahwa manfaat kurma untuk ibu hamil mengalami persalinan normal. Sementara mereka yang tidak mengkonsumsi kurma secara teratur kecil kemungkinannya untuk melahirkan secara normal.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah kurma untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya