10 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bulan puasa identik dengan buah kurma. Ya, buah manis ini mengandung banyak nutrisi dan vitamin sehingga energi yang hilang saat puasa dapat dikembalikan.

Dengan segala kebaikan ini, ternyata buah kurma yang Anda tahu baik dikonsumsi setiap hari di luar bulan puasa juga baik. Hal ini disebabkan sejumlah khasiat kurma yang juga membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Penasaran apa saja manfaat lainnya dari Kurma? Simak selengkapnya berikut ini.

Manfaat-Buah-Kurma-untuk-Kesehatan
Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Mencegah Anemia

Kandungan kurma kaya zat besi sangat efektif dalam mencegah anemia. Jika Anda memiliki kecenderungan rendah terhadap tekanan darah, Anda harus mengkonsumsi kurma secara teratur. Kandungan zat besi dalam kurma dapat menggantikan zat besi yang hilang di tubuh. Selain itu manfaat kurma untuk tubuh lainnya adalah mengurangi perasaan lelah dan lesu.

Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat kurma lainnya memelihara dan meningkatkan kesehatan jantung. Kurma mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk jantung. Selain zat besi kandungan kurma adalah magnesium bahan aktif yang dapat meningkatkan tekanan darah. Kurma juga mengandung callium yang menurunkan tekanan darah.

Menurunkan Kolesterol

Anda mungkin akan terkejut dengan manfaat dari buah kurma ini. Buah kecil ini ternyata juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Mengkonsumsi kurma secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

Memperbaiki Sel Kulit Rusak

Manfaat kurma lainnya untuk tubuh termasuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Manfaat produk ini juga baik untuk menjaga kecantikan Anda. Kurma ternyata juga mengandung asam pantotenat yang termasuk dalam kelompok vitamin B. Asam pantotenat efektif mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada kulit. Kulit terasa kenyal dan berkilau setelah penggunaan kurma secara teratur.

Menjaga Elastisitas Kulit

Kurma juga bisa menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C kurma itu bisa mengatasi dua masalah kulit yang sering terjadi pada wanita. Tentunya Anda tidak menginginkan kulit yang tidak elastis dan ada tanda-tanda penuaan dini.

Mencegah Diabetes

Kurma memiliki rasa yang sangat manis, tetapi ternyata buah ini dapat mencegah diabetes. Karena kurma memiliki kandungan gula alami yang baik untuk tubuh. Kandungan serat dalam kurma sebenarnya dapat membantu mengontrol gula darah. Penelitian ini dipublikasikan di Nutrition Journal pada 2011. Dalam penelitian ini, kurma memiliki kandungan yang dapat mencegah peningkatan kadar gula darah setelah makan.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Buah kurma juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dari kurma dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Makan 2 kurma sehari dapat memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan pencernaan. Kurma ini juga dapat membantu mengatasi sembelit, diare, dan bahkan menurunkan risiko kanker usus besar.

Membantu Mengatasi Kebotakan

Tidak hanya buahnya saja, manfaat biji kurma juga terbukti baik untuk mengatasi kebotakan. Banyak yang percaya bahwa kurma ini dapat mengatasi kebotakan secara alami. Khasiat kurma ini telah lama dikenal dan Anda dapat mencobanya segera. Anda hanya perlu mencampur kurma yang telah dibersihkan dengan minyak zaitun.

Baik untuk Kesehatan Otak

Kurma dipercaya dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Karena itu, kurma dipercaya dapat membantu mencegah Alzheimer. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan manfaat dari buah kurma ini.

Sumber Antioksidan

Antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya di dalam tubuh. Ada tiga jenis antioksidan utama dalam kurma yaitu flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Ketiganya dikatakan melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti Alzheimer, degenerasi makula, kanker dan penyakit jantung.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah kurma untuk kesehatan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya