13 Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Siapa yang tidak kenal buah nanas?nanas adalah salah satu buah yang sangat disukai banyak masyarakat. buah nanas dengan rasa sedikit asam dan manis dapat disajikan dalam berbagai variasi. Nanas tidak hanya dikonsumsi langsung, tetapi juga bisa diolah menjadi salad atau campuran makanan.

Kini, selain rasanya yang enak, nanas memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga tidak boleh diremehkan. Beberapa nutrisi atau kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah ini termasuk vitamin C, vitamin B1, asam folat, air dan lainnya. Kandungan nutrisi nanas memiliki banyak keunggulan terutama untuk kesehatan dan perawatan pribadi.

Manfaat-Buah-Nanas-bagi-Kesehatan
Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Meningkatkan Imunitas

Satu porsi nanas mencakup lebih dari 130% kebutuhan vitamin C harian manusia menjadikannya salah satu sumber asam askorbat terkaya dan paling lezat. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi efek berbahaya dari radikal bebas.

Mencegah Kanker

Selain memiliki antioksidan vitamin C nanas juga bisa melawan kanker, nanas juga kaya akan berbagai antioksidan lain termasuk vitamin A, beta-karoten, bromelain, berbagai senyawa flavonoid dan mangan tingkat tinggi. Dalam sejumlah penelitian nanas memiliki kemampuan yang berhubungan langsung dengan pencegahan kanker di mulut, tenggorokan, dan dada.

Membantu Mengobati Batuk dan Pilek

Enzim bromelain khusus yang terkandung dalam nanas dikenal untuk mengurangi lendir dan dahak yang terbentuk di saluran pernafasan dan rongga sinus. Karena itu, Anda harus makan nanas jika Anda menderita batuk atau pilek, karena nanas sangat membantu dalam menghilangkan penyakit dari tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang

Meskipun nanas tidak mengandung banyak kalsium, nanas mengandung jumlah mangan yang mengesankan, mineral lain yang memainkan peran penting dalam memperkuat tulang sambil mempromosikan pertumbuhan dan perbaikan tulang. Mangan adalah mineral nanas yang paling terkenal, dan satu porsi nanas dapat menghasilkan lebih dari 70% kebutuhan harian Anda untuk mineral penting ini.

Menjaga kesehatan mulut

Selain antioksidan yang melindungi terhadap kanker mulut, nanas juga mengandung bahan astringen yang dapat memperkuat gigi dan gusi. Selain itu kandungan zat dalam nanas juga dapat mencegah rambut rontok, kelemahan otot dan kulit kendur.

Menjaga Sirkulasi Darah

Nanas juga mengandung mineral tembaga. Mineral ini sangat penting karena bekerja di sejumlah reaksi enzimatik dan senyawa dalam tubuh. Harus juga diketahui bahwa tembaga merupakan elemen penting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat. Tingginya jumlah sel darah merah dapat meningkatkan suplai oksigen ke berbagai sistem organ sehingga berfungsi optimal.

Solusi Efektif untuk Jerawat

Manfaat lain dari nanas adalah dapat menghilangkan jerawat yang membandel karena vitamin C yang dikandungnya. Selain itu, bromelain, enzim anti-inflamasi pada buah ini dapat meningkatkan khasiat penyembuhan kulit yang cenderung berjerawat.

Mencerahkan Wajah

Potong nanas menjadi beberapa irisan dan letakkan di wajah sebagai masker. Masker buah nanas ini dapat mengangkat sel kulit mati dan menstimulasi aliran darahyang tentunya akan membuat kulit Anda lebih bersinar.

Mempercantik dan Memperkuat Kuku

Apakah kuku Anda terlihat kering dan rapuh? Jika demikian, Anda akan ditunjukkan kekurangan vitamin A dan B. Kurangnya dua vitamin ini dalam tubuh adalah penyebab utama. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, cukup gunakan nanas dan Anda tidak perlu pil multivitamin untuk meredakan kondisi ini. Anda bahkan bisa membuat lotion untuk mempercantik kuku Anda dengan jus nanas di rumah.

Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Apakah bibir Anda sudah pecah-pecah? Ambil sedikit daging nanas kemudian hancurkan lalu campur dengan minyak kelapa, tempelkan dibibit dan lihat hasilnya. seperti minyak kelapa, memiliki sifat menghidrasi dan memberi nutrisi pada kulit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium dan vitamin C dalam nanas mendukung kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam nanas dikenal untuk membantu meredakan ketegangan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke berbagai bagian tubuh. Karena itu, makan nanas dapat melindungi Anda dari masalah kesehatan seperti serangan jantung, stroke, dan arteriosklerosis.

Menjaga Kesehatan Mata

Beta-karoten dan vitamin A dalam nanas membantu menjaga penglihatan dan mencegah degenerasi makula yang merupakan penyebab utama hilangnya penglihatan di usia tua.

Meredakan Gejala PMS (sindrom pramenstruasi)

Nanas adalah obat yang sangat efektif ketika Anda mendapatkan menstruasi dan Anda mengalami gejala PMS. Bromelain memiliki sifat analgesik yang dapat membantu wanita dengan ketidaknyamanan atau rasa sakit selama menstruasi.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah nanas bagi kesehatan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya