10 Manfaat Buah Maja untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah maja adalah buah yang sangat jarang tersedia di pasaran. Buah ini memiliki aroma yang sangat harum. Jadi jika Anda hanya mencium aroma, Anda pasti akan tergoda untuk mencicipinya. Daging yang dapat dimakan menghasilkan 56 hingga 77% dari total buah.

Kandungan 100 g daging buah maja terdiri dari 61,5 g air, 1,8 g protein, 0,39 g lemak, 31,8 g karbohidrat, 1,7 g abu, 55 mg karoten, 0,13 g tiamin. 1,19 riboflavin, 1,1 miligram niacin dan 8 miligram vitamin C. Sangat beragam bukan? Memang, sebagian besar kandungan buah ini memiliki efek positif pada kesehatan dan kecantikan.

Manfaat-Buah-Maja
Manfaat Buah Maja

Manfaat Buah Maja

Memperbaiki Sel Tubuh

Kandungan antioksidan dalam buah Maja memiliki keunggulan untuk perbaikan sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak akibat radikal bebas. Radikal bebas dari tubuh menyerang kesehatan kulit melalui proses oksidatif dan “mencuri” oksigen dari sel-sel yang masih sehat.

Menyegarkan kulit

Kandungan vitamin C dalam buah maja berperan penting dalam sirkulasi darah sehingga kulit terlihat lebih segar. Vitamin ini juga merangsang pembentukan kolagen kulit yang penting untuk menjaga elastisitas kulit dan melindunginya dari kerusakan.

Mengobati Diare dan Disentri

Ternyata buah dari pohon maja sangat bermanfaat untuk diare dan disentri. Buah yang digunakan sebagai obat adalah buah maya kering yang tidak memiliki biji lalu ditumbuk dan diminum dua kali sehari. Ingat, dosisnya adalah satu sendok makan bubuk buah maya halus yang dicampur dengan segelas air untuk memastikan diare dan disentri hilang.

Mengobati Hipertensi

Selain buah dari pohon maja, daun pohon ini juga terbukti sebagai obat yang baik untuk hipertensi. Cara mengolahnya pun sangat mudah, Cukup ambil beberapa daun maja kemudian hancurkan dan campur dengan madu. Lalu buat jus setiap pagi. Sangat mudah, bukan?

Mengatasi Mual dan Muntah Berlebihan selama Kehamilan

Untuk wanita hamil, buah maja memiliki manfaat luar biasa untuk mual dan muntah berlebihan selama kehamilan. Dengan makan satu sendok teh daging buah maja mentah dan segar setiap hari, mual dan muntah yang berlebihan berkurang.

Sebagai Obat untuk Mempercepat Pemulihan

Ramuan paling sederhana untuk perawatan luka internal dan eksternal seperti infeksi usus, sakit perut dan penyakit hati. Obat herbal, yang telah digunakan selama beberapa generasi, disiapkan dengan buah maja segar, daun dan akar dalam dosis yang sama. Kemudian cuci dan buatlah menjadi jus dan tambahkan dua sendok teh madu.

Mengobati Asma

Daun pohon maja juga bermanfaat dalam mengobati asma. Daun yang digunakan harus daun kering, lalu ambil 5 gram daun maja kering dan campur dengan 1 sendok teh madu dan minum dua kali sehari. Mudah bukan?

Mengobati Anemia

Buah maja kering juga efektif melawan anemia. Ambil saja buah maja kering campur dengan segelas susu sapi dan minum secara teratur yaitu dua kali sehari.

Meningkatkan konsentrasi

Khasiat lain dari buah dari pohon maja dapat dikonsumsi untuk meningkatkan konsentrasi. Buah maja yang digunakan adalah buah maja matang yang dicampur dengan mentega tawar dan gula dan kemudian dikonsumsi sekali sehari.

Sebagai Antibiotik Alami

Jika tubuh kita sakit akibat infeksi bakteri, dokter biasanya akan memberikan antibiotik. Namun, kita harus mengkonsumsinya dengan cermat sesuai petunjuk sehingga tidak ada resistensi obat. Untuk ini kita dapat menggunakan antibiotik alami yang sudah tersedia di alam dan tentu saja tidak memiliki efek samping diantaranya tanaman maja. Akar, buah dan daunnya bisa digunakan sebagai antibiotik.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah maja semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya