16 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Pernahkah Anda mendengar tentang buah matoa? Tahukah Anda bahwa buah ini asli dari Indonesia? Matoa buah khas Indonesia memiliki beberapa keunggulan yang perlu Anda ketahui. Temukan beberapa manfaat buah matoa untuk kesehatan dan kecantikan.

Buah matoa adalah buah Indonesia yang berasal dari Papua. Tanaman matoa adalah spesies yang termasuk dalam keluarga Sapindaceae dan menyandang nama Latin Pometia pinnata. Matoa memiliki batang pohon yang cukup tinggi yaitu sekitar 18 meter.

Manfaat-Buah-Matoa
Manfaat Buah Matoa

Tahukah Anda bahwa buah Matoa juga dikenal sebagai kelengkeng Papua? hal ini karena penampilan buah Matoa hampir sama dengan buah kelengkeng. Buah matoa memang memiliki kekerabatan dengan buah lengkeng, leci, dan rambutan.

Manfaat Buah Matoa

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat buah Matoa pertama adalah pengurangan risiko kanker. Khasiat buah Matoa ini didasarkan pada kandungan antioksidan yang tinggi pada buah Matoa, sehingga risiko kanker dapat dikurangi. Antioksidan didukung dengan vitamin C untuk menghilangkan karsinogen yang dapat dengan mudah menyerang tubuh.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Beredarnya suplemen daya tahan tidak cukup jika tidak disertai dengan makanan dan minuman sehat. Kandungan buah matoa yang kaya vitamin C juga dapat meningkatkan stamina tubuh Anda yang Anda tahu. Tidak mudah sakit dan lemah sehingga Anda dapat melakukan aktivitas secara optimal.

Mengatasi Jantung Koroner

Khasiat lain dari buah Matoa adalah mengatasi penyakit arteri koroner. Kandungan vitamin E dan C dalam buah Matoa membantu tubuh mengatasi penyakit jantung koroner. Vitamin E dan C berperan dalam mencegah degenerasi sel dan meningkatkan fungsi pembuluh darah sekaligus meningkatkan aliran darah.

Menekan Pertumbuhan Infeksi Virus

Pertarungan melawan virus berbahaya bukanlah tugas yang mudah. Untuk alasan ini, diperlukan sistem kekebalan yang sehat. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah Matoa dapat menekan pertumbuhan infeksi virus berbahaya seperti flu, herpes dan bahkan HIV.

Mengatasi Stres

Manfaat mengonsumsi buah matoa yang bisa Anda rasakan adalah mengatasi stres. Buah matoa mengandung vitamin E dan senyawa lain yang dapat digunakan sebagai obat penenang alami. Dengan cara ini, stres yang Anda rasakan bisa diatasi.

Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Kandungan vitamin E dan antioksidan yang kaya buah Matoa dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Vitamin E dalam buah matoa membentuk antibodi sehingga dapat melindungi telur pada wanita.

Mencegah Radikal Bebas

Manfaat kesehatan dari buah matoa adalah mereka dapat menangkal radikal bebas. Kandungan buah matoa dari vitamin E dan antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit

Dengan kandungan vitamin E dan vitamin C dalam buah matoa, Anda dapat memiliki kulit yang sehat. Kehadiran vitamin E dapat mendorong regenerasi sel-sel kulit, sementara vitamin C membuat wajah Anda bercahaya dan lembab.

Menekan Pertumbuhan Bakteri

Buah matoa tidak hanya menekan infeksi dengan virus berbahaya, tetapi ternyata juga dapat menekan pertumbuhan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Sebuah studi yang dilakukan oleh mahasiswa di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2016 menunjukkan bahwa buah matoa dapat menghambat pertumbuhan Streptococcus & Streptococcus sobrinus dan bakteri Escherichia coli yang bermutasi.

Menurunkan Darah Tinggi

Buah matoa mengandung zat yang bersifat diuresis yang meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan oleh tubuh. Dengan keluarnya cairan tubuh, kadar cairan dalam tubuh yang terlalu dini dapat kembali normal dan menurunkan tekanan darah.

Mencegah Munculnya Jerawat

Seperti dijelaskan di atas, buah matoa ini memiliki senyawa antimikroba. hal ini pasti akan memperkaya manfaat buah Matoa sebagai pencegahan jerawat. Jerawat pada wajah disebabkan oleh bakteri dan kotoran yang menumpuk. Hal ini karena itu dapat diatasi dengan kandungan yang terdapat didalam buah Matoa.

Memperbaiki Kulit dari Sinar UV

Manfaat buah matoa selanjutnnya dapat memperbaiki kulit sebelum paparan sinar UV. Radiasi UV yang tinggi merusak kulit dan bahkan dapat menyebabkan kanker kulit. Penggunaan produk kecantikan dengan faktor perlindungan matahari seperti tabir surya tidak cukup. Kandungan vitamin E dalam buah matoa dapat melindungi kulit dari sinar UV dan membuatnya lembab dan elastis.

Melembabkan Kulit

Buah matoa tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kecantikan. Manfaat buah matoa dapat melembabkan kulit jika dikonsumsi secara teratur. Kulit tubuh menjadi lembab dan sehat sehingga terlihat lebih indah.

Mencerahkan kulit

Hampir semua wanita menginginkan kulit yang putih dan cerah. Jika Anda ingin kulit putih, konsumsilah buah matoa. Buah matoa bisa membuat kulit Anda lebih cerah dan bercahaya.

Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Buah matoa yang dikonsumsi secara teratur memiliki efek positif pada kesehatan tubuh. Tubuh menjadi lebih sehat karena beberapa penyakit dapat dihindari dan kesehatan membaik.

Kaya Vitamin dan Mineral

Selain vitamin E, buah matoa juga mengandung vitamin dan mineral penambah kesehatan lainnya. Sebut saja vitamin C untuk menangkal radikal bebas, kalsium, dan kalium.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah matoa semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya