10 Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Banyaknya konsumsi buah dan sayur selama kehamilan adalah sesuatu yang perlu dilakukan. Mangga dapat menjadi salah satu dari banyak jenis buah yang dapat Anda makan di pertengahan kehamilan karena mangga merupakan sumber energi, antioksidan, dan nutrisi penting yang sangat baik.

Tetapi tetap penting untuk memantau porsi dan makan berlebihan. Yang terbaik adalah tidak mengkonsumsi lebih dari satu mangga sehari, karena satu porsi 100 gram mangga mengandung sekitar 13,66 gram gula.

Manfaat-Buah-Mangga-untuk-Ibu-Hamil
Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Mencegah Anemia

Anemia yang terjadi pada wanita hamil sering terjadi. Meski begitu, Anda ternyata bisa mencegahnya dengan mangga. Ya, mangga mengandung zat besi yang bagus untuk mencegah anemia. Untuk hasil maksimal Anda bisa mengonsumsi 1 mangga sehari untuk menambah jumlah sel darah merah.

Mencegah Sembelit

Mangga juga mampu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit yang sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. Karena mangga mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan.

Kandungan serat yang tinggi ini dapat membantu mencegah sembelit. Namun, batasi konsumsi hanya satu buah sehari. Konsumsi mangga yang berlebihan tidak dianjurkan untuk wanita hamil karena gas dapat terbentuk yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Membantu Menghindari Mual

Rasa segar dan kandungan vitamin B6 dari mangga dapat membantu wanita hamil menghindari mual di pagi hari. Anda bisa mengkonsumsi mangga di malam hari sehingga Anda terbangun dengan perasaan lebih segar dan meredakan mual.

Baik untuk Perkembangan Janin

Mangga tidak hanya sumber vitamin C tetapi juga mengandung banyak asam folat. Asam folat sangat baik untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin. Wanita hamil yang rajin mengonsumsi mangga di awal kehamilan juga dapat mendukung perkembangan janin terutama otak dan sistem saraf.

Mencegah Preeklampsia

Mangga juga mengandung magnesium yang diyakini bermanfaat sebagai bahan alami untuk tekanan darah tinggi selama kehamilan atau preeklampsia. Kemudian vitamin E dalam buah ini juga membantu membangun otot dan ibu janin.

Mangga juga bisa menjadi sumber energi yang baik untuk wanita hamil, karena wanita hamil membutuhkan lebih banyak energi pada trimester ketiga. Namun demikian, pastikan Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar.

Kaya Asam Folat

Mangga merupakan sumber asam folat yang sangat penting untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. Konsumsi mangga mencegah cacat saraf yang dapat terjadi pada awal kehamilan.

Tinggi Serat

Kandungan serat dalam buah mangga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Buah mangga juga membantu pencernaan dan mencegah sembelit pada wanita hamil di trimester pertama.

Sumber Antioksidan

Vitamin C dalam buah mangga bertindak sebagai antioksidan kuat yang membantu mengembangkan resistensi terhadap radikal bebas yang dapat mengganggu perkembangan janin dan bahkan menyebabkan kanker. Vitamin C juga dapat mengurangi risiko kelahiran prematur.

Vitamin A untuk Perkembangan Bayi

Vitamin A yang berlimpah dalam buah mangga dan membantu pembentukan gigi dan tulang bayi. Hal ini juga penting untuk perkembangan mata dan sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam pengembangan jantung, paru-paru dan ginjal.

Mencegah morning sickness

Rasa buah mangga segar mencegah mual. Vitamin B6 dalam buah mangga ini juga memainkan peran penting dalam membebaskan Anda dari mual dan morning sickness.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah mangga untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya