12 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Berbicara tentang makanan untuk ibu hamil, Manggis adalah salah satu makanan yang harus dikonsumsi selama kehamilan. Buah berdaging putih ini konon memiliki beragam manfaat bagi wanita hamil, tak terkecuali bagi janin yang dibawanya. Apa Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil?

Manggis adalah buah yang termasuk jenis buah tropis. Manggis yang memiliki rasa manis dan asam memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Manfaat kesehatan dari manggis terletak tidak hanya pada daging buahnya tetapi juga di kulit manggis.

Manfaat-Buah-Manggis-untuk-Ibu-Hamil
Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil

Khasiat manggis terkait erat dengan kandungan sejumlah vitamin gizi yang dikandungnya yang disebut vitamin A, vitamin B6, vitamin B12 dan vitamin A. Manggis juga diperkaya dengan nutrisi lain seperti kalsium, kalium, natrium, fosfor, seng. dan tembaga, karbohidrat, protein dan serat.

Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil

Mengurangi Risiko Cacat Lahir pada Janin

Buah manggis mengandung banyak asam folat yang dapat mencegah risiko cacat lahir. Segelas jus buah manggis mengandung 61 mg asam folat, untuk itu rajinlah mengkonsumsi buah manggis.

Mendukung Pertumbuhan Janin

Kandungan mineral mangan dalam buah ini adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk pembentukan tulang rawan dan kerangka janin. Kandungan antioksidannya juga melindungi ibu dan janin dari kerusakan sel. Segelas jus manggis mengandung 0,2 mg mangan.

Meningkatkan kekebalan

Vitamin C dalam manggis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meminimalkan risiko infeksi berbahaya. Selain itu, vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit dan pertumbuhan janin.

Melindungi Tubuh dari Kanker

Senyawa xanthone pada buah manggis bermanfaat sebagai agen anti kanker. Buah ini tidak hanya menghambat pertumbuhan sel kanker selama kehamilan, tetapi juga melindungi janin dari efek berbahaya dari penyakit fatal.

Mengobati Sembelit

Mengkonsumsi buah manggis segar dapat membantu mengurangi sembelit selama kehamilan. Serat dalam buah ini juga mampu meminimalkan risiko komplikasi kehamilan seperti pre-eklampsia. Segelas jus manggis mengandung 3,5 gram serat.

Mengatur Kadar Gula Darah

Buah manggis adalah obat alami yang bagus untuk penderita diabetes. Mengkonsumsi buah ini selama kehamilan dapat membantu mengatur kadar gula darah dan melindungi diri dari efek berbahaya diabetes selama kehamilan.

Mengatasi Anemia

Buah manggis memiliki kandungan zat besi yang baik. Fungsinya untuk mendukung pembentukan sel darah merah. Pada wanita hamil, mengkonsumsi buah manggis juga bisa membantu mengatasi anemia.

Membantu Pembentukan Tulang Rawan

Manggis untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk membantu pembentukan rawan pada janin yang dikandung. Buah ini sangat cocok dikonsumsi pada awal kehamilan atau pada trimester pertama, sehingga struktur tulang janin berkembang menjadi lebih baik.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Buah manggis juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Buah yang satu ini mengandung vitamin C dan berbagai nutrisi lain yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Buah manis ini juga mencegah stretch mark berlebihan pada wanita hamil.

Menurunkan Resiko Terjadinya Preeklamsia

Preeklamsia selama kehamilan tentu sangat berbahaya karena risiko kelahiran prematur. Gangguan ini dapat menyebabkan bayi dengan disabilitas atau bahkan keguguran. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi buah manggis secara teratur sehingga tekanan darah pada ibu hamil menjadi normal kembali dan gangguan ini bisa dicegah.

Menjaga Irama Jantung

Buah manggis untuk wanita hamil baik untuk menjaga irama jantung dan detak jantung. hal ini terkait dengan sistem tekanan darah dalam tubuh, yang dapat diperbaiki dengan nutrisi pada buah manggis selama kehamilan.

Mengatasi Lelah bagi Ibu Hamil

Buah manggis untuk wanita hamil juga baik untuk mengatasi kelelahan. Buah yang satu ini mengandung sifat anti-inflamasi yang merupakan senyawa yang baik untuk wanita hamil. Apalagi dengan kondisi sang ibu yang sedang mengandung janinnya ia akan merasa sedikit lelah terutama di panggul dan kakinya.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah manggis untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya