5 Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Mengkudu adalah jenis buah yang biasanya digunakan sebagai bahan kosmetik atau obat karena Mengkudu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh, terutama untuk perawatan rambut. Rambut adalah mahkota atau aset berharga bagi semua orang terutama wanita.

Buah mengkudu sangat mudah dikenali dari baunya yang khas buahnya berbentuk lonjong dan ada bercak hitam dan hijau atau kuning saat matang. Meskipun buah ini mudah dikenali dan umum, banyak orang tidak tahu manfaat buah mengkudu untuk merawat rambut. Di bawah ini adalah beberapa manfaat buah mengkudu untuk perawatan rambut.

Manfaat-Buah-Mengkudu-untuk-Rambut
Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut

Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut

Menghilangkan ketombe

Ya, Anda tidak salah membacanya, ternyata buah mengkudu bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya buah mengkudu yang sudah matang dihaluskan atau ditumbuk dengan mixer dan setelah beberapa menit (10-30 menit)lalu dioleskan secara merata ke kulit kepala setelah beberapa menit (10-30 menit), cuci dan bilas dengan sampo.

Membasmi Kutu

Ini adalah masalah rambut yang sangat mengganggu dan membuat kita merasa tidak nyaman. Ternyata buah mengkudu mengandung antibakteri yang kuat dan agen antivirus untuk mengobati kutu. Nah, caranya adalah menghaluskan buah mengkudu yang sudah matang lalu oleskan ke rambut, cuci, lalu bilas, keramas seperti biasa. Gunakan secara teratur sampai kutu dan larva sudah bersih dari rambut.

Menghitamkan Rambut

Bagi Anda yang menginginkan rambut hitam seperti kebanyakan iklan TV. Caranya adalah merebus beberapa daun Pandan dengan air sampai mendidih (gunakan 7 daun untuk hasil maksimal). Setelah itu, biarkan semalaman, maka kaldu daun pandan dicampur dengan buah mengkudu yang telah dihaluskan. Oleskan langsung ke rambut dan tunggu beberapa menit setelah dicuci dengan sampo dan bilas sampai bersih.

Melawan Rambut Rontok dan Kebotakan

Ada beberapa alasan yang menyebabkan kerontokan rambut pada usia tertentu, dari keturunan, gizi buruk hingga masalah kulit kepala. Kandungan buah mengkudu yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat digunakan oleh orang-orang yang menderita kerontokan rambut atau kebotakan.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah mengkudu meningkatkan sirkulasi darah dan menyebabkan rambut dan kulit kepala sehat. Minum jus mengkudu dapat mempercepat pertumbuhan rambut, terutama bagi Anda yang mengalami kebotakan sejak dini. Banyak pasien kanker disarankan untuk mengonsumsi jus mengkudu untuk mengembalikan folikel rambut setelah kemoterapi.

Bagus untuk Kulit Kepala

Kandungan buah mengkudu baik untuk gangguan kulit kepala yang mungkin memiliki masalah seperti, Eksim dan cacing pita. Untuk mendapatkan rambut yang baik, Anda juga bisa menggunakannya di kulit kepala dengan hanya mengoleskan jus mengkudu ke kulit kepala yang mengalami masalah. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas kepala Anda sampai bersih.

Manfaat Buah Mengkudu Lainnya

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengkudu memiliki keseimbangan vitamin, mineral, asam amino, peptida, dan enzim yang sempurna. Semua nutrisi yang dikandungnya sangat baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa minum jus mengkudu dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Karena buah mengkud kaya akan antioksidan alami seperti vitamin E dan koenzim Q10, yang dibutuhkan tubuh.

Antiinflamasi

Jus mengkudu memiliki sifat anti-inflamasi yang telah terbukti mencegah peradangan. Juga mengurangi risiko serangan jantung. Gunakan buah mengkudu untuk Mengatasi peradangan

Analgesik

Buah mengkudu dikenal sebagai pereda nyeri dan daunnya dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala. Dikatakan bahwa banyak orang menggunakan daun mengkudu sebagai obat alami untuk meredakan nyeri sendi. Mengkudu memiliki kandungan analgesik 75%, yang efektif sebagai morfin sulfat dalam meredakan nyeri sendi.

Melawan Kuman

Kandungan senyawa seperti antrakuinon, scopoletin dan terpana dalam buah mengkudu memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antiparasit yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh.

Anti-kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkudu mengandung senyawa 2-metoksi-1,3,6-trihydroxyanthraquinone yang baik untuk mencegah kerusakan DNA dan kanker dan untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah mengkudu untuk rambut semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya