10 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Siapa yang tidak kenal buah naga? Buah merah muda yang cerah ini memiliki kulit bersisik yang khas tetapi terlihat sangat eksotis. Di Asia Tenggara buah ini dikenal dengan banyak nama seperti : sisi naga, kristal naga, buah mutiara naga, naga hijau dan tentu saja buah naga (Indonesia). Dari segi rasa, buah ini memiliki rasa manis segar dan daging merah dan putih dengan biji hitam.

Ada banyak cara untuk menikmati kesegaran dan manfaat alami buah naga. Namun, cara terbaik adalah memakannya dalam keadaan segar. Baik dalam bentuk potongan buah yang diolah menjadi jus atau sebagai campuran salad buah dengan madu dan yoghurt. Tapi tunggu dulu, kita mungkin tahu bahwa buah naga baik untuk kesehatan tubuh, tetapi tahukah Anda kesehatan apa yang bisa dicapai dengan buah naga?

Manfaat-Buah-Naga-Merah-untuk-Kesehatan
Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Pada artikel ini kami akan menjelaskan manfaat buah naga merah untuk kesehatan yang jarang diketahui. Hal ini tentu disayangkan jika Anda belum pernah mencoba buah yang memiliki banyak manfaat ini.

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Solusi Cemilan Bagi Diabetes

Mengkonsumsi buah naga merah bisa menjadi solusi bagi penderita diabetes yang memiliki banyak aturan untuk konsumsi makanan sehari-hari. Konsumsi buah naga merah sebagai “camilan” di luar rumah sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, juga bagi penderita diabetes.

Hal ini karena buah naga merah tidak memiliki kadar gula yang tinggi, walaupun rasanya manis. Karena itu, ia aman untuk makan penderita diabetes yang khawatir akan asupan gula berlebihan di tubuhnya.

Membantu Program Diet

Apakah Anda ingin melakukan diet? Buah naga merah adalah pilihan yang tepat untuk kesuksesan program diet kita. Karena kandungan serat yang tinggi dalam buah naga merah, perut kita terasa kenyang lebih lama, sehingga asupan kalori dalam tubuh yang merupakan salah satu faktor untuk kenaikan berat badan dapat dikendalikan.

Selain itu, kita tidak perlu takut kelebihan berat badan dengan mengkonsumsi buah naga merah karena nilai kalori rendah yang terkandung dalam buah ini tidak menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh. Sehingga kita tidak perlu khawatir makan dalam jumlah banyak.

Mencegah Penuaan Dini

Buah naga merah mengandung antioksidan tinggi yang penting untuk regenerasi sel-sel baru di jaringan tubuh kita. Di mana proses regenerasi ini yang membuat kulit dan semua organ dalam tubuh kita terlihat lebih muda dan lebih sehat?

Menjaga Kesehatan Mata

Selain antioksidan, buah naga merah juga mengandung beta karoten yang menjaga kesehatan mata kita. Selain itu, rasa segar dan manis dari buah ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang bosan mendapatkan beta karoten dari tomat dan wortel.

Membantu Mengontrol Gula Darah

Kami sebelumnya mengatakan bahwa buah naga sangat cocok sebagai camilan berkalori rendah yang aman bagi penderita diabetes. Tapi tahukah Anda bahwa buah naga juga mengandung vitamin B3, yang mengatur kadar gula dalam tubuh kita. Oleh karena itu, menambahkan buah naga merah ke menu sehat kita adalah pilihan yang baik terutama bagi penderita diabetes.

Mengatasi Asam Urat

Bagi Anda yang menderita asam urat, cobalah mengkonsumsi buah naga merah dalam proses penyembuhan. Karena Buah Naga Merah diketahui mengandung senyawa penting yang dapat melarutkan purin dalam tubuh kita dan melepaskannya melalui urin atau keringat kita. Purine adalah senyawa khusus yang merupakan pemicu utama asam urat.

Menjaga Kesehatan Kulit

Seperti kita ketahui, radikal bebas dan stres oksidatif dapat menyebabkan tanda-tanda tidak sehat muncul di kulit, seperti: kulit kusam, kering dan keriput. Dengan makan buah naga merah dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang dikandungnya membantu melawan radikal bebas, yang merupakan penyebab utama kerusakan kulit. Vitamin C juga berperan penting dalam pembentukan kolagen yang membuat kulit tampak awet muda.

Meredakan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Ternyata vitamin B3 yang ditemukan dalam buah naga merah tidak hanya dapat mengontrol kadar gula darah, tetapi juga meringankan kulit terbakar pada kulit. Selain itu, vitamin B3 dalam buah naga memberikan perawatan langsung untuk kulit yang kemerahan dan gatal karena sinar matahari yang berlebihan pada kulit.

Pereda Batuk dan Asma

Penyakit pernapasan seperti asma dan batuk yang disebabkan oleh demam atau flu bisa sulit diobati setiap hari. Meskipun ini bukan pengganti obat, buah naga merah dapat membantu meringankan rasa sakit Anda. Perlu diingat bahwa buah naga merah mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih kuat dan lebih efisien dalam memerangi infeksi setiap hari.

Meningkatkan Imunitas

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga merah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan merangsang aktivitas antioksidan lainnya. Kehadiran vitamin C tingkat tinggi, mineral dan fitoalbumin dapat melawan radikal bebas. Vitamin B1, B2, B3 serta kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin dan serat juga membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah naga merah untuk kesehatan

Baca Juga Artikel Lainnya