17 Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Manfaat pala sangat beragam dan harus diketahui. Pala adalah salah satu rempah Indonesia dengan banyak manfaat kesehatan dan lainnya. Pala pertama kali ditemukan di Kepulauan Banda di Maluku dan kemudian menyebar ke seluruh Indonesia. Rempah ini juga merupakan salah satu alasan mengapa Indonesia menjadi wilayah Eropa.

Pala masih populer saat ini dan diekspor ke Eropa untuk digunakan sebagai bahan obat-obatan, kosmetik dan makanan. Anda bahkan dapat menemukan pala di dapur rumah pribadi di Eropa.

Manfaat-Buah-Pala
Manfaat Buah Pala

Berbagai jenis produk pala olahan juga mudah ditemukan. Jika di Indonesia buah pala mungkin hanya digunakan untuk tambahan masakan saja, tidak seperti di luar negeri, yang telah diolah menjadi berbagai olahan seperti minuman kesehatan, produk kesehatan, obat tradisional, dll.

hal ini disebabkan oleh kandungan pala yang begitu banyak. Hal ini termasuk protein, lemak, karbohidrat, minyak esensial, natrium, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, asam oleanolic dan banyak bahan baik lainnya dalam manfaat pala.

Manfaat Buah Pala

Menghilangkan Masuk Angin

Kandungan minyak atsiri dalam buah pala bisa menghilangkan masuk angin dan menghangatkan tubuh. Caranya buah pala direbus dengan air kemudian air rebusan itu diminum. Cara ini hampir sama dengan minum rebusan jahe.

Menambah Nafsu Makan

Jika Anda memiliki nafsu makan yang rendah, kandungan enzim lipase dalam buah pala berguna untuk bermanfaat atau menambah nafsu makan Anda. hal ini cocok jika dikonsumsi oleh anak-anak dengan nafsu makan rendah.

Mengatasi Insomnia

Insomnia atau sulit tidur dapat diatasi dengan merebus buah pala. Rebusan ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur Anda sehingga Anda dapat mengatasi sulit tidur yang Anda derita.

Mengatasi Asam Lambung

Asam lambung adalah suatu kondisi di mana asam lambung terlalu banyak diproduksi dan menyebabkan berbagai penyakit. Asam lambung biasanya ditandai dengan rasa sakit dan mual di perut. Diyakini bahwa kandungan saponin dalam buah pala mengurangi dan menurunkan asam lambung dalam tubuh.

Menyehatkan Otak

Dipercayai bahwa Kandungan meristin dalam buah pala mengurangi degenerasi jalur saraf dan penurunan kognitif di otak. Pada pasien dengan penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson dan pikun, degenerasi jalur saraf dan penurunan kognitif di otak dapat dikurangi atau diperlambat.

Detoksifikasi Tubuh

Detox adalah proses mengeluarkan racun atau toksin dari dalam tubuh. Banyak tanaman yang bisa digunakan untuk mendetoksifikasi tubuh, salah satunya adalah buah pala. Kandungan senyawa kimia dalam buah pala diyakini dapat mendetoksifikasi racun dan toksin dalam tubuh terutama di ginjal dan hati.

Mencegah Leukemia

Leukemia atau kanker darah bisa dicegah dengan mengonsumsi buah pala. Kandungan senyawa kimia dalam bentuk metanol dalam buah pala dipercaya dapat mencegah kanker darah atau leukemia. Mengkonsumsi pala tambahan dapat mencegah sel-sel leukemia dalam tubuh dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada orang-orang dengan leukemia.

Menyehatkan Kulit

Buah pala mengandung scolopetine yang dapat menghentikan peradangan di kulit. Bekas cacar, bekas luka dan bisul dapat dihilangkan dengan buah pala sehingga kulit menjadi lebih halus.

Cara menggunakannya adalah memarut buah pala dan kemudian mencampurkannya dengan madu dan air. Oleskan ke area yang diinginkan dan diamkan selama sekitar 30 menit. Jika demikian, bilas dengan air hangat.

Menormalkan Tekanan Darah

Tekanan darah dapat diatur oleh mineral dan kalium di dalam buah pala. Mineral dan potassium meregangkan pembuluh darah sehingga pembuluh darah yang bisa meregang bisa menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, buah pala dipercaya dapat menstimulasi aliran darah karena kandungan potasiumnya.

Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat buah pala selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan berbagai vitamin yang diyakini ditemukan dalam buah pala memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerang.

Mencegah Anemia

Manfaat zat besi yang terkandung dalam buah pala dapat meningkatkan dan memperbaiki sel darah merah. Sehingga dalam tubuh dapat mencegah gejala anemia pada seseorang.

Mengobati Diabetes

Penemuan terbaru menemukan bahwa senyawa kimia memanfaatkan buah pala yang disebut macelignan untuk pembuatan obat anti-diabetes. Senyawa kimia ini berguna untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh seseorang dan mencegah komplikasi dari diabetes.

Menyehatkan Mata

Mata yang sehat bisa dibuat dengan buah pala. Hal ini karena buah pala memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A yang mengandung manfata pala dapat memperjelas pandangan atau penglihatan mata.

Menangkal Radikal Bebas

Senyawa kimia yang terkandung dalam buah pala dapat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas ada di sekitar kita dan dapat menyebabkan berbagai penyakit dan masalah kesehatan.

Mengobati Sakit Gigi Dan Infeksi Gusi

Pala mengandung zat samak. Zat penyamak bisa membunuh kuman di dalam tubuh. Mengkonsumsi buah pala atau minuman sari pala dapat mengobati sakit gigi dan infeksi gusi. Caranya adalah bahwa tanin dalam pala dapat membunuh kuman yang dapat menyebabkan sakit gigi dan infeksi gusi.

Menghilangkan Stress

Mengkonsumsi buah pala ekstra dapat membantu mengurangi stres. hal ini karena kandungan myristicin dalam manfaat buah pala berguna untuk menghambat protein monoamine oksidase yang diyakini sebagai penyebab stres.

Menghilangkan Bau Badan

Pala juga berguna untuk menghilangkan bau badan dan bau mulut. Kandungan limonene dalam buah pala khususnya dapat menghalau dan menghilangkan bau badan dan bau mulut. Minyak atsiri juga berguna untuk menghilangkan bau badan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah pala semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya