11 Manfaat Buah Okra Hijau untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Pernahkah Anda mendengar sayuran bernama Okra? Mungkin sebagian dari Anda masih merasa aneh dengan nama itu. Tetapi ketika Anda melihat bentuknya, Anda tidak akan merasa aneh lagi. Okra adalah sayuran lunak dan berlendir yang memiliki bentuk panjang. Tanaman ini memiliki ujung yang tajam sehingga terlihat seperti jari-jari wanita yang runcing.

Tidak mengherankan, sayuran ini sering disebut sebagai Lady’s Fingers. Ketika Anda mencoba okra, Anda memiliki rasa yang sama dengan terong. Sayuran ini memiliki dua varian yang warnanya berbeda: okra hijau dan okra merah.

Manfaat-Buah-Okra-Hijau
Manfaat Buah Okra Hijau

Saat ini banyak orang Indonesia mulai menanam okra. Ini disebabkan oleh kandungan okra yang dapat membawa banyak manfaat bagi tubuh okra mengandung vitamin, serat, mineral, glutathione dan protein, yang baik untuk tubuh. Penasaran apa saja manfaat okra hijau untuk kesehatan? Berikut kami berikan informasinya:

Manfaat Buah Okra Hijau

Sumber Antioksidan

Antioksidan yang ditemukan dalam okra hijau mencegah tubuh dari paparan radikal bebas yang berlebihan. Antioksidan juga membantu Anda menghindari berbagai penyakit berbahaya, mencegah peradangan, dan baik untuk kesehatan otak.

Mencegah Kanker

Okra hijau mengandung lektin. Lektin adalah jenis protein yang sudah sangat populer untuk mempelajari perannya dalam pencegahan kanker dan pengobatan kanker. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan manfaat okra hijau ini.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Salah satu manfaat okra hijau yang paling populer adalah menurunkan gula darah. Dalam studi tentang hewan percobaan, manfaat ini sebenarnya terbukti benar. Namun, percobaan lebih lanjut diperlukan pada manusia. Okra hijau juga harus dikonsumsi dengan hati-hati oleh penderita diabetes. Karena sayuran ini dikatakan memengaruhi efektivitas obat diabetes yaitu metformin.

Bagus untuk Wanita Hamil

Kelebihan okra hijau dalam hal ini hasil dari kandungan folat. Asam folat penting untuk mencegah perkembangan berbagai penyakit janin. Kurangnya asam folat meningkatkan risiko keguguran dan cacat lahir.

Menyehatkan Pencernaan

Serat yang terkandung dalam okra hijau membantu mencegah sembelit dan menjaga saluran pencernaan tetap sehat. Serat makanan juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Extract okra hijau juga dapat melindungi dari iritasi dan peradangan di lambung.

Mengurangi Rasa Lelah

Okra hijau juga dipercaya bisa membantu mengurangi kelelahan pada tubuh. Karena antioksidan yang ada di okra hijau dapat membantu mengurangi kelelahan otot.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan uji menunjukkan bahwa ekstrak okra hijau terbukti membantu menurunkan kolesterol. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan pengaruhnya terhadap manusia.

Mencegah Osteoporosis

Okra hijau mengandung vitamin K. Vitamin K tidak hanya berperan dalam pembekuan darah, tetapi juga dalam pembentukan tulang. Jadi jika Anda mengonsumsi cukup vitamin K tulang Anda akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah.

Memiliki Efek Anti Stres

Ekstrak okra hijau yang mengandung komponen anti-stres. Kandungan ini dapat mencegah penurunan mood dan penurunan tingkat energi dalam tubuh.

Mengobati Anemia

Manfaat okra hijau selanjutnya adalah pengobatan anemia. Dengan mengonsumsi okra hijau secara teratur, Anda dapat menghindari kekurangan sel darah merah. Okra hijau secara efektif dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Mencegah Gangguan Fungsi Ginjal

Manfaat okra hijau bagi tubuh adalah dapat mencegah disfungsi ginjal. Anda dapat mengonsumsi okra hijau secara teratur untuk menjaga kesehatan ginjal. Kandungan dalam okra hijau dapat mencegah masalah dengan fungsi ginjal Anda.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah okra hijau semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya