15 Manfaat Buah Pepaya dan Kandungan Nutrisi Buah Pepaya

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Manfaat pepaya untuk kesehatan salah satu manfaat pepaya yang paling terkenal untuk kesehatan adalah pepaya mampu memperlancar buang air besar. Namun, tahukah Anda bahwa buah pepaya memiliki beragam manfaat lain yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh? Buah pepaya adalah buah dari keluarga Caricaceae yang mengandung banyak kalium, fosfor, vitamin A, zat besi, protein dan juga karbohidrat.

Meskipun banyak ditemukan di Indonesia, telah ditemukan bahwa buah pepaya berasal dari Meksiko. Buahnya yang kaya akan manfaat diyakini efektif sebagai makanan anti kanker, dan bahkan buah ini dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Dipercayai bahwa buah pepaya yang lembut dapat memicu buang air besar, obat untuk demam, malaria, mengatasi sembelit, untuk cacing dan parasit di dalam tubuh dan sebagai obat untuk gigitan ular berbisa.

Manfaat-Buah-Pepaya
Manfaat Buah Pepaya

Manfaat pepaya selanjutnya adalah untuk penderita diabetes, walaupun buah ini rasanya cukup manis tetapi kadar gula dalam potongan pepaya ini sangat renda, tidak hanya indeks glikemiknya yang rendah, selain itu kandungan Fitonutren yang terkandung dalan buah pepaya juga dipercaya mampi mencegah resiko jantung pada penderita penyakit diabetes.

Kandungan Nutrisi Buah Pepaya

Sebelum membahas lebih lanjut menggenai Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan alangkah baiknya kita ketahui kandungan Nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya, Untuk mengetahuinya silahkan lihat di bawah ini.

  1. Vitamin A 47µg: 6% dari AKG
  2. Vitamin C 62mg: 75% dari AKG
  3. Vitamin E 0,3mg: 2% dari AKG
  4. Vitamin K 2,6µg: 2% dari AKG
  5. Vitamin B1 0,023mg: 2% dari AKG
  6. Vitamin B2 0,027mg: 2% dari AKG
  7. Vitamin B3 0,357mg: 2% dari AKG
  8. Vitamin B5 0,191mg: 4% dari AKG
  9. Vitamin B9 38µg:10% dari AKG
  10. Kalsium 20mg: 2% dari AKG
  11. Zat Besi 0,25mg: 2% dari AKG
  12. Magnesium 21mg: 6% dari AKG
  13. Fosfor 10mg :1% dari AKG
  14. Potassium (Kalium) 182mg: 4% dari AKG
  15. Sodium 8mg: 1% dari AKG
  16. Seng (Zinc) 0,08mg: 1% dari AKG

Manfaat Buah Pepaya

Mencegah Asma

Risiko terkena asma lebih rendah pada orang yang mengonsumsi sejumlah besar nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten yang ditemukan dalam makanan seperti pepaya, aprikot, brokoli, melon, labu dan wortel.

Menyehatkan Tulang

Asupan vitamin K yang rendah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Mengkonsumsi vitamin K sangat penting untuk kesehatan yang baik karena meningkatkan asupan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium dalam urin yang berarti bahwa ada lebih banyak kalsium dalam tubuh untuk memperkuat dan membangun kembali tulang. Anda bisa mendapatkan vitamin K dari buah pepaya.

Mengatasi Diabetes

Khasiat pepaya mampu mengatasi diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 yang makan makanan tinggi serat memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan orang dengan diabetes tipe 2 mungkin memiliki kadar gula darah, lipid, dan insulin yang lebih tinggi. Dengan makan pepaya, 3 gram serat dapat diisi yang sesuai dengan hanya 17 gram karbohidrat.

Mencegah Peradangan

Kolin adalah nutrisi yang sangat penting dan serbaguna yang ditemukan dalam buah pepaya. Kandungan pepaya dapat membantu tubuh kita untuk beristirahat, menggerakkan otot, belajar dan mengingat. Kolin juga mendukung pemeliharaan struktur membran sel, transmisi impuls saraf, penyerapan lemak dan pengurangan peradangan kronis.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat pepaya untuk kesehatan lebih lanjut terletak pada pencegahan penyakit jantung. Kandungan pepaya kaya akan vitamin C dan likopen yang sangat berguna untuk memperkuat fungsi jantung Anda. Jadi jika Anda ingin mencegah penyakit jantung, konsumsilah pepaya secara teratur sehingga jantung Anda menjadi lebih sehat.

Mencegah Kanker dan Tumor

Manfaat kesehatan pepaya tidak hanya dalam buah. Daun buah pepaya juga berkontribusi bagi kesehatan tubuh. Para peneliti dari University of Florida menggunakan ekstrak daun pepaya kering untuk menentukan efek dramatis pepaya pada 10 jenis tumor. Masyarakat adat di Australia juga telah berhasil menggunakan ekstrak daun pepaya untuk melawan kanker tanpa toksisitas.

Sebagai Cadangan Energi

Selain fungsi melancarkan pencernaan, manfaat pepaya juga dapat memberi Anda cadangan energi yang melakukan banyak kegiatan. Buah pepaya tidak hanya cadangan energi yang tidak membuat Anda mudah lelah, tetapi mereka juga dapat membantu Anda tidur nyenyak setiap malam dan tidak mengalami insomnia.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pepaya mengandung 33 persen lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Ini menjadikan buah pepaya salah satu pilar utama dalam memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Selain itu, manfaat buah pepaya lainnya juga dapat memperkuat kekebalan tubuh.

Menjadikan Kulit Halus

Manfaat buah pepaya adalah berita baik bagi wanita. Buah pepaya kaya akan vitamin E. Oleh karena itu, banyak perusahaan kosmetik menggunakan kandungan pepaya ini untuk membentuk produk anti-penuaan sebagai produk anti-penuaan. Kandungan vitamin E yang tinggi dapat mencegah dan mengobati flek hitam, menjadikan kulit lebih halus dan kencang.

Mengobati Ruam

Banyak orang beranggapan bahwa manfaat pepaya hanya dapat ditemukan dalam buah. Padahal, kulit pepaya juga bisa menjadi obat yang efektif untuk ruam dan kulit terbakar. Perasaan dingin kulit pepaya memiliki efek menenangkan pada ruam atau kulit terbakar sinar matahari.

Cocok untuk Diet

Manfaat pepaya untuk kesehatan lainnya adalah untuk diet. Pepaya berukuran sedang dengan panjang 12,7 cm dan diameter 7,6 cm hanya mengandung 119 kalori, kurang dari 0,5 g lemak, 24 g gula alami dan 5,5 g serat. Jadi Anda bisa makan pepaya di sel-sela diet Anda tanpa khawatir akan bertambah berat badan.

Obat Insomnia

Untuk sobat yang mengalami ganguan sulit tidur maka ada solusi lain dimana buah Pepaya juga dipercaya mempu mengobati insomnia, untuk sobat yang sering insomnia bisa di coba dengan sering mengkonsumsi buah pepaya, nantinya sobat bisa mengkonsumsi buah ini secara teratur dan langsung rasakan manfaatnya untuk mengobati Insomnia.

Mencegah Radikal Bebas

Karotenoid dalam pepaya adalah antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah molekul reaktif yang muncul selama proses metabolisme tubuh. Radikal bebas dapat meningkatkan stres oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit.

Bagus untuk Wanita Hamil

Pepaya adalah buah yang penuh dengan nutrisi yang bermanfaat bagi wanita hamil karena tingginya kadar vitamin C, vitamin E dan asam folat. Selain itu, pepaya mentah juga dapat meningkatkan produksi ASI untuk ibu menyusui.

Mengatasi Jerawat

Buah pepaya bermanfaat untuk merawat dan mengobati jerawat yang tiba-tiba muncul. Pepaya mengandung enzim papain yang efektif untuk mengobati jerawat dan mengurangi bekas luka residu.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah pepaya semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: