16 Manfaat Buah Petai untuk Tubuh Manusia

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Petai bukan hanya enak untuk dimakan. Terlepas dari baunya yang menyengat, Petai adalah salah satu hidangan paling populer di Indonesia. Biasanya petai disajikan bersama lalapan, sambal atau dalam campuran hidangan. Jika Anda seorang penggemar Petai, Anda memiliki manfaat tidak langsung dari Petai yang baik untuk kesehatan Anda.

Petai yang menyandang nama ilmiah Parkia speciosa adalah sejenis legum yang dapat ditemukan di asia tenggara. Pete atau petai memiliki efek positif pada kesehatan yang tercermin dalam kandungan senyawanya. buah petai mengandung karbohidrat, protein, vitamin A, fosfor, zat besi dan sejumlah kandungan lainnya.

Manfaat-Buah-Petai
Manfaat Buah Petai

Petai mampu mengatasi dan mencegah berbagai masalah kesehatan. Sebagian orang menjauh dari petai karena baunya kurang sedap. Bau yang tidak menyenangkan dari Petai berasal dari asam amino yang mengandung senyawa sulfur. Meskipun berbau, manfaat Petai tidak kalah dibandingkan dengan sayuran dan biji-bijian lain.

Manfaat Buah Petai

Menambah Energi

Petai mengandung 3 jenis gula alami, sukrosa, fruktosa dan glukosa dalam kombinasi dengan serat. Kombinasi ini sebenarnya dapat membuat tubuh Anda tampil lebih baik. Sebuah penelitian menunjukkan manfaat petai, di mana dua porsi petai dapat membawa seseorang untuk melakukan aktivitas berat selama 60 menit.

Mengatasi Depresi

Manfaat selanjutnya pete adalah kemampuannya menghadapi depresi. Menurut sebuah survey, banyak pasien depresi merasa lebih baik setelah mengkonsumsi petai. Hal ini karena Petai mengandung tryptophan yang merupakan sejenis protein yang kemudian diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang membuat Anda rileks, memperbaiki mood, dan umumnya membuat seseorang lebih bahagia.

Mengatasi PMS (premenstrual syndrome)

Manfaat berikutnya dari makan petai adalah meningkatkan mood selama PMS. Jika Anda memiliki penyakit menular seksual, Anda tidak perlu minum obat atau bahan khusus. mengkonsumsi petai adalah solusinya. Vitamin B6 yang terdapat dalam petai yang mengatur kadar gula darah dan dengan demikian dapat membantu mengatasi suasana hati.

Mengatasi Hipertensi

Manfaat petai memiliki kandungan kalium tinggi sangat baik untuk mengendalikan tekanan darah. Bahkan, diyakini bahwa Petai juga menurunkan risiko stroke. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, risiko kematian akibat stroke berkurang hingga 40% dengan memasukkan Petai ke dalam makanan sehari-hari.

Mengatasi Anemia

Karena petai mengandung banyak kandungan senyawa zat besi, tubuh merangsang produksi sel darah merah dan membantu anemia. Anda hanya perlu mengatasi anemia dengan mengkonsumsi petai.

Meningkatkan Kemampuan otak

Sebuah penelitian menemukan bahwa 200 siswa di sebuha sekolah dapat dengan mudah menjawab pertanyaan ujian setelah makan petai. Siswa tersebut mengkonsumsi petai tiga kali sehari.

Mengatasi Sembelit

Karena senyawa seratnya yang tinggi, manfaat petai dapat melancarkan buang air besar dan normalisasi sistem pencernaan lebih mudah. Hindari obat pencahar dengan mengonsumsi petai.

Mengatasi Mabuk

Cara untuk mengatasi mabuk adalah dengan menggunakan milkshake petai yang ditambahkan madu. Petai membantu perut Anda tenang, sementara madu meningkatkan gula darah Anda. Sementara susu menenangkan dan meningkatkan cairan dalam tubuh. Meskipun metode ini kedengarannya aneh, aroma petai dapat membangunkan seseorang agar tidak mabuk.

Mengatasi Bengah dan Muntah

Manfaat lain dari petai yang dapat dirasakan tubuh adalah mengatasi sensasi terbakar di dada yang disebabkan oleh makan berlebihan. Hal ini bisa terjadi karena petai memiliki efek antasid pada tubuh. Petai juga bermanfaat untuk mencegah muntah.

Menjaga sistem saraf

Dengan kandungan sejumlah besar vitamin B, petai juga bermanfaat dapat menenangkan sistem saraf. Gunakan petai untuk menjaga sistem saraf anda secara alami

Mangatasi Gatal

Manfaat petai tidak hanya pada daging, tetapi juga pada kulitnya. Kulit Petai dipercaya bisa menghilangkan gatal dan bengkak yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Mengatasi Luka Lambung

Buah Petai karena teksturnya yang halus dan lembut, dapat digunakan sebagai makanan untuk mengobati pencernaan. Oleh karena itu diyakini bahwa manfaat petai dapat menetralkan keasaman lambung dan mengurangi iritasi dengan cara melapisi permukaan dalam lambung.

Hilangkan Kebiasaan Merokok

Manfaat petai yang jarang dikenal adalah dapat membantu seseorang yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12, magnesium dan kalium dapat membantu tubuh mengatasi kecanduan nikotin.

Mengatasi Stres

Manfaat petai berikutnya yang bisa didapat tubuh karena kandungan potasiumnya. Kalium merupakan mineral penting yang dapat membantu mengirim oksigen ke otak, menormalkan detak jantung dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Pada saat Anda stres, metabolisme tubuh Anda meningkat, sehingga tingkat kalium dalam tubuh Anda turun. hal ini bisa diimbangi dengan mengonsumsi petai.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang tinggi di Petai membuat kornea mata anda tetap terjaga. Petai juga menyimpan kadar potasium, yang dapat meningkatkan fokus untuk meningkatkan kesehatan mata.

Mencegah Obesitas

Petai mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga dapat mengikat lemak serta mencegah obesitas. Sebuah penelitian juga menyebutkan faktor yang dapat menyebabkan obesitas, dimulai dari stres, depresi dan perasaan tertekan dan yang dapat diobati dengan mengonsumsi Petai.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah petai semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya