10 Manfaat Bunga Wijayakusuma untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bunga Wijayakusuma (epiphyllum anguliger) adalah sejenis bunga yang diyakini sebagian orang adalah bunga misterius terutama bagi mereka yang meyakini hal-hal mistis. Menurut mitos yang muncul di masyarakat, bunga ini bisa membawa keberuntungan terutama bagi mereka yang bisa menyaksikan bunganya mekar.

Bunga dengan aroma harum tersebut yang mekar hanya pada waktu-waktu tertentu atau hanya pada malam sebelum tengah malam dan layu pada hari berikutnya. Jadi kebanyakan orang akan menemukan bahwa bunga wijayakusuma layu di pagi hari mungkin itu sebabnya bunga dianggap mistis.

Manfaat-Bunga-Wijayakusuma
Manfaat Bunga Wijayakusuma

Manfaat Bunga Wijayakusuma

Menyembuhkan Luka

Bunga Wijayakusuma sering digunakan sebagai obat untuk penyembuhan luka. Bunga tidak digunakan untuk pengobatan, tetapi daunnya. Caranya, ambil selembar daun Wijaya Kusuma, lalu ditumbuk hingga halus. Tempelkan ke bagian tubuh yang terluka dengan perban. Prosedur yang sama dapat digunakan untuk mempercepat pematangan bisul.

Mencegah Stroke

Manfaat luar biasa dari kandungan bunga Wijaya Kusuma sangat efektif dalam mencegah stroke. Jika terjadi pembekuan darah, risiko stroke sangat tinggi. Untuk alasan ini, konsumsi bunga wijayakusuma ini melalui pemasakan dan pengolahan menjadi bahan kesehatan alami.

Mengatasi Batuk Berdarah (TB)

TBC adalah salah satu penyakit paling berbahaya. Hal ini ditandai dengan batuk dengan keluarnya darah yang tidak berhenti. Biasanya disebabkan oleh bakteri dan virus yang menempel di tenggorokan. Jika tidak dikendalikan,hal tersebut menjadi masalah besar dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Mengobati Nyeri Lambung (gastritis)

Perut kita sangat sensitif terhadap asam. Jika perut Anda bermasalah, jangan mengonsumsi makanan atau minuman asam. Bagi Anda yang sudah sakit perut bisa diatasi dengan mengonsumsi bunga Wijaya Kusuma.

Mengobati Bisul

Manfaat bunga Wijaya Kusuma selanjutnya adalah mengobati kondisi dari benjolan merah pada kulit yang mengandung nanah atau sering disebut sebagai bisul. Anda dapat mengobati bisul dengan membuat campuran alami dari bunga ini. Cara melakukannya, dengan meumbuk bunga ini sampai halus sekitar 10-20 g. Tambahkan sedikit air dan oleskan pada bisul.

Mengobati Perdarahan Rahim

Pendarahan rahim adalah gangguan perdarahan pada wanita yang terjadi selama menstruasi. Jika terlalu banyak darah keluar, pasien menjadi pucat dan lemah karena kekurangan darah. Cukup dengan memasak bunga Wijaya Kusuma hingga 2-3 bunga minum secara teratur sehingga proses penyembuhan berjalan lebih cepat.

Mengobati Sesak Napas (asma)

Ketika asma terjadi, kebanyakan orang masih menggunakan obat-obatan yang dijual di toko-toko untuk mengobatinya, walaupun obat-obatan tersebut memiliki efek samping. Ada pengobatan herbal alternatif tanpa efek samping yang telah terbukti efektif ketika mengkonsumsi bunga Wijaya Kusuma. Ketika Anda mengkonsumsinya, Anda merasa segar, sehingga pernapasan Anda menjadi terbantu dan kembali normal.

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Bunga Kusuma wijaya memiliki sifat anti-sakit tenggorokan karena rasanya yang enak. Radang tenggorokan umumnya terjadi karena infeksi saluran pernapasan atas bakteri atau virus yang menyebabkan radang tenggorokan. Untuk mengatasinya dan menyembuhkannya, Hal itu bisa dilakukan dengan mengonsumsi bunga ini, karena bunga ini memiliki rasa mint yang membuat tenggorokan segar dan lembab lagi.

Mengatasi Muntah Darah

Muntah darah adalah tanda bahwa kondisi berbahaya perlu segera diobati. Salah satu khasiat Bunga Wijaya Kusuma adalah dapat mengatasi muntah darah. Jika ada kerabat atau saudara yang muntah darah, bunga ini bisa dikonsumsi karena sangat efektif dalam penyembuhan. Cara membuatnya, ambil 3-5 bunga wijaya Kusuma kemudian dimasak lalu minum secara teratur.

Membantu Menghilangkan Jerawat

Keuntungan selanjutnya dari bunga wijaya kusuma adalah dapat membantu menghilangkan jerawat karena ada kandungan luar biasa pada bunga wijaya kusuma yang telah terbukti efektif dalam menghilangkan jerawat di wajah. Bagi Anda yang memiliki jerawat di wajah Anda dan ingin kembali bersih dan halus, Anda dapat mencoba minuman herbal bunga ini.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga wijayakusuma semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: