10 Manfaat Tanaman Gambir dan Kandungan Tanaman Gambir

Posted on

Tanaman Gambir – Tanaman gambir dikenal dengan nama biologis “Uncaria gambx Robx”. Sejak zaman kuno, tanaman gambir telah banyak digunakan sebagai tanaman tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Tanaman ini dapat tumbuh subur dan berkembang biak dengan cara merambat dengan bentuk cabang yang lebih panjang. Semua bagian tanaman memiliki duri dengan daun oval agak bulat. Ujung setiap daun meruncing seperti tanaman suruh.

Manfaat-Tanaman-Gambir
Manfaat Tanaman Gambir

Tangkai daun sangat pendek, sehingga tanaman terlihat sangat padat. Bunga Tanaman terlihat sangat indah dengan mahkota bunga berwarna merah muda. Buah gambir ada di bagian dalam dengan banyak biji.

Kandungan Tanaman Gambir

Ada beberapa jenis senyawa pada tanaman gambir. Beberapa bahan yang paling melimpah adalah zat alkaloid, yang biasa disebut tanin, tanin dihidro, dan tano okso. Selain itu, Gambir juga mengandung banyak katekin dan manfaat senyawa flavonoid.

Gambir dihasilkan dari daun dan ranting, yang dicacah dengan air panas. Kemudian bahan ini dibiarkan di tempat atau dalam cetakan sampai terbentuk endapan berwarna kuning dan keras. Hasil akhir Gambir adalah hitam atau coklat kekuningan. Gambir dicincang dengan memotong menjadi bentuk yang lebih kecil atau dalam bentuk bubuk.

Manfaat Tanaman Gambir

Obat Diare

Pada zaman dahulu, bagian tanaman gambir banyak digunakan sebagai obat diare, yaitu daun dan ranting. Daun dan ranting kering kemudian ditumbuk dan digunakan sebagai bahan teh untuk minuman. Satu studi menemukan bahwa daun dan ranting mengandung bahan bakteri yang dapat menyerang bakteri berbahaya yang menyebabkan diare di usus besar.

Untuk Menyirih

Sirih adalah kegiatan mengunyah batang dan daun gambir, yang dipercaya bisa memperkuat gigi. Bahan gambir meninggalkan warna kemerahan pada gigi, tetapi gigi yang terbukti tidak mudah rapuh, tidak berlubang dan sehat. Sejauh ini, efek yang sebenarnya tidak diketahui. Kebiasaan ini ditinggalkan oleh anak muda karena tanda merah pada gigi sulit dihilangkan.

Sumber Antioksidan

Daun gambir mengandung senyawa kimia yang disebut catechin. Catechin adalah sumber manfaat antioksidan alami yang dapat menyerang sistem yang terkena radikal bebas. Dipercaya juga bahwa senyawa ini merupakan komponen alami untuk menyerang berbagai jenis penyakit. Beberapa negara yang mempercayai perawatan ini adalah India dan Pakistan.

Proses Penyamakan Kulit

Manfaat Gambir selalu digunakan sebagai bahan untuk memfasilitasi proses penyamakan. Jenis kulit binatang tertentu, seperti ular, ikan, buaya dan berbagai spesies lainnya, sering digunakan untuk aksesori dan produk pakaian. Bahan gambir mempercepat proses penyamakan dan tidak merusak kulit yang dihasilkan.

Pewarna Produk Tekstil Tradisional

Karena warna merah yang dihasilkan pada gigi dapat bertahan lama, beberapa ahli sedang mengembangkan teknik pewarnaan Gambir tradisional. Caranya yaitu dengan meremas atau menghancurkan daun dan batang gambir dapat meninggalkan warna merah untuk berbagai jenis benang dan kapas. Warna merah yang dihasilkan menjadi lebih tajam dan dapat dikombinasikan dengan warna lain. Pengrajin batik sudah mewarnai batik dengan gambir.

Obat Gangguan Mulut

Berbagai jenis kelainan atau penyakit mulut seperti sariawan, bibir kering dan luka gusi juga bisa disembuhkan dengan Gambir. Sejarah Gambir dalam mengatasi keluhan ini terkait erat dengan kebiasaan menyirih orang tua pada masa-masa sebelumnya. Berbagai jenis zat senyawa dalam Gambir dapat mengatasi berbagai gangguan mulut. Caranya adalah mengunyah atau menempelkan gambir tumbukan ke bagian yang terluka.

Mengobati Luka Bakar

Luka bakar sering meninggalkan bercak hitam atau lapisan luar kulit yang menggelembung dan meninggalkan rasa nyeri. Untuk mempercepat proses penyembuhan, tanaman Gambir dapat digunakan. Daun gambir yang sudah ditumbuk atau dihancurkan dapat ditempelkan pada luka bakar. Karena efek dingin yang dihasilkan, luka bakar sembuh lebih cepat dan bekas luka diminimalkan.

Obat Jerawat

Gambir juga dapat digunakan sebagai obat jerawat. Gambir, yang telah diproses menjadi bentuk ekstrak yang kemudian dipadatkan dan diproses kembali menjadi masker. Kandungan antioksidan dalam Gambir membuat luka jerawat dan jerawat sembuh tanpa meninggalkan bekas luka. Penggunaan obat jerawat dua kali seminggu juga tidak meninggalkan efek samping pada jerawat.

Mencegah Penuaan Dini

Berbagai jenis masalah penuaan dini menyebabkan flek hitam, kulit berkerut, dan kulit kusam. Manfaat ekstrak gambir yang dibuat menjadi masker bisa menjadi pengobatan tradisional yang secara alami menghilangkan semua gejala penuaan dini. Gambir membuat kulit lebih kencang, cerah dan segar. Gambir dapat digunakan sebagai bedak dingin, seperti bahan ekstrak beras putih.

Obat untuk Penyakit Perut / Maag

Penyakit maag sering menyerang lambung. Penyakit ini sering ditandai dengan nyeri perut, yang ketika diisi dengan makanan akan terasa perih dan nyeri. Nyeri perut atau maag dapat disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak teratur dan makan makanan pedas. Untuk pengobatan maag, Anda dapat menggunakan ekstrak gambir yang telah dihancurkan dari gambir kering. Campur gambir dengan sedikit air dan madu dan konsumsi dua kali seminggu.

Demikianlah pembahasan tentang tanaman gambir semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: