10 Manfaat Daun Binahong untuk Lovebird dan Cara Pemberiannya

Posted on

Manfaat Daun Binahong untuk Lovebird – Ternyata daun Binahong tidak hanya bermanfaat bagi tubuh manusia, tetapi juga bagi hewan, terutama jenis Lovebird. Manfaat daun Binahong terkait erat dengan bahan-bahan dalam bentuk antioksidan, minyak esensial, polophenol, asam oleanolic, alkaloid dan juga saponin.

Diyakini bahwa kandungan daun Binahong baik untuk tubuh dan juga untuk burung Lovebird.

Daun-Binahong
Daun Binahong

Ada dua jenis daun Binahong yang tumbuh di bumi ini dan berguna untuk burung Lovebird, yaitu daun Binahong merah dan daun Binahong hijau.

Manfaat Daun Binahong untuk Lovebird

Menambah Stamina Lovebird

Menambahkan daun Lovebird Binahong dapat meningkatkan stamina Lovebird. Dengan stamina yang baik, burung Lovebird menjadi lebih aktif dan tidak mudah terserang penyakit.

Mengatasi Diare Pada Lovebird

Tidak hanya manusia, lovebird pun bisa terkena diare. Jika makanan untuk Lovebird tidak bersih atau lingkungannya kotor dan air di kandang lovebird jarang diganti, itu dapat menyebabkan diare pada Lovebird.

Cara mengatasinya bukan dengan obat diare seperti manusia. Mengatasi Diare pada Lovebird dapat dilakukan dengan daun Binahong sebagai makanan Lovebird.

Menyembuhkan Luka Pada Lovebird

Jika burung Lovebird Anda terluka, perawatan harus dilakukan agar luka pada burung dapat sembuh dengan cepat.

Daun Binahong tidak hanya berfungsi sebagai makanan, tetapi juga dapat digunakan sebagai obat luar.

Daun binahong dapat tumbuh dan ditempelkan pada luka yang terjadi pada burung lovebird. Luka Lovebird dapat sembuh dengan segera.

Mencegah Bakteri Lovebird

Burung Lovebird juga rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Lovebird dapat dengan cepat mengembangkan bakteri yang membuat Lovebird sakit.

Untuk mengatasinya, burung Lovebird dapat menerima makanan, yaitu daun Binahong. Nutrisi pada daun Binahong dapat membantu membunuh bakteri jahat yang menyerang lovebird yang dapat menyebabkan berbagai penyakit pada lovebird.

Memulihkan Kondisi Lovebird Akibat Perjalanan Jauh

Burung Lovebird sering harus menempuh perjalanan jauh untuk mengikuti kontes kicau burung. Jika Anda dalam perjalanan panjang, sering kali lovebird bisa menjadi lemah. Memulihkan kondisi lovebird, yaitu dengan menyerahkan daun binahong sebagai makanan lovebird.

Mencegah Gatal Pada Lovebird

Lovebird mungkin gatal karena gigitan serangga kecil seperti kutu. Rawat gatal lovebird bukan dengan krim gatal seperti pada manusia. Tapi dengan mengganti makanan lovebird. Salah satunya memberikan daun Binahong untuk Lovebird. Gatal-gatal Lovebird dapat dikurangi dan tubuh Lovebird dapat menjadi lebih sehat.

Mengatasi Cidera Pada Lovebird

Tidak hanya mengatasi luka pada lovebird. Daun Binahong bisa menyembuhkan luka lovebird. Caranya sama dengan menyembuhkan luka dengan menggosok daun binahong pada burung lovebird.

Selain tanaman dedaunan Binahong, mengatasi cedera Lovebird juga bisa dilakukan dengan menggunakan jus Binahong. Menerapkan jus Binahong ke bagian tubuh burung Lovebird yang terluka dapat membantu menyembuhkan luka apa pun yang terjadi.

Menghangatkan Tubuh Lovebird

Burung termasuk spesies unggas yang memiliki darah hangat. Seperti spesies burung lainnya, Lovebird juga memiliki bulu untuk menghangatkan tubuh.

Tetapi tidak hanya dengan bulunya, penghangatan Lovebird dapat dibantu oleh asupan makanan, yang diserahkan kepada Lovebird. Salah satunya adalah memberikan makanan untuk lovebird, tubuh Lovebird menjadi hangat.

Meringankan Penyakit Snot Pada lovebird

Daun Bihanong dapat mengobati penyakit snot dapa lovebird yaitu dengan menghancurkan daun bihanong menjadi lembut dan ditempelkan pada tubuh lovebird

Dapat Mengatasi Stres Pada Lovebird

Burung lovebird juga dapat stres karena banyak faktor untuk mengatasi nya anda dapat menggunakan daun bihanong.

Caranya adalah dengan menambahkan nya sebagai makanan untuk lovebird sehingga stres pada burung lovebird bisa dihindari.

Baca Juga : Cara Mengolah Daun Binahong, Manfaat dan Efek Samping Daun Binahong

Cara Pemberian Daun Bihanong Pada Lovebird

Daun Binahong tidak berbahaya bagi Lovebird selama mereka tidak terlalu kuat, karena daun Binahong memiliki sifat hangat. Jadi, menggunakan terlalu banyak Lovebird dapat menyebabkan panas berlebih. Karena cara memberi adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Anda telah mencuci daun Binahong dengan air bersih sebelum Anda memberi mereka Lovebird.
  2. Gantungkan daun Binahong pada jeruji kandang seperti yang biasa Anda lakukan EF (kangkung, bayam, krokot, dll.).
  3. Anda juga dapat memotong daun Binahong yang sudah dicuci menjadi potongan-potongan kecil dan kemudian menempatkannya dalam wadah EF.

Berikan daun Binahong secara keseluruhan ke Lovebird, yang ditangkar / dibiakkan. Biasanya daun Binahong hanya dibawa ke dalam gelodok untuk membentuk sarang. Karena Lovebird bertelur biasanya membutuhkan daun dan rumput untuk sarangnya.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat daun binahong untuk lovebird semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: