10 Manfaat Daun Ceri dan Kandungan Daun Ceri

Posted on

Manfaat Daun Ceri – Manfaat yang paling terkenal dari daun ceri adalah dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh dan mengeringkan luka yang disebabkan oleh kadar gula yang tinggi, tidak kunjung menyembuhkan. Ada banyak para ahli herbal yang mengetahui manfaat daun ceri, yang akhirnya dibuat menjadi bahan herbal. Salah satunya adalah obat penyakit seperti diabetes.

Buah ceri mungkin lebih terkenal daripada daunnya sendiri karena buah ceri yang juga dikenal sebagai buah kersen yang memiliki rasa yang sangat manis. Meski buahnya enak dan manis. Ternyata, daunnya memiliki kandungan yang sangat bergizi untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Daun-Ceri
Daun Ceri

Kandungan Daun Ceri

Daun ceri juga mengandung senyawa yang sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh manusia. Kandungan daun ceri meliputi:

  • Tanin adalah sebagai senyawa metabolit sekunder. Digunakan untuk mengendapkan protein sehingga mereka dapat digunakan sebagai antiseptik, sebagai pendeteksi untuk gelatin, protein dan alkaloid serta untuk banyak fungsi lain dari senyawa tanin.
  • Flavonoid, manfaat senyawa flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan dan dapat mencegah kanker. Dalam kebanyakan kasus, lavonoid dapat bertindak langsung sebagai antibiotik dengan memengaruhi fungsi mikroorganisme seperti bakteri atau virus.
  • Saponin, adalah glikosida dan sterol triterpen, saponin juga telah terdeteksi di lebih dari 90 tanaman. Dan daun ceri mengandung saponin, yang sangat berguna bagi manusia untuk menurunkan kadar gula.

Manfaat Daun Ceri

Menurunkan Gula Darah

Untuk penderita diabetes, air dari rebusan daun ceri dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh. Ramuan daun ceri sebagai obat diabetes telah dilakukan sejak lama. Daun ceri yang mengandung saponin dan flavonoid dapat menurunkan kadar gula penderita diabetes. Penggunaannya cukup sederhana, hanya memasak air daun ceri lalu minum.

Pereda Sakit

Beberapa penelitian pada hewan juga telah dilakukan sebagai percobaan, dan hasil percobaan ini menunjukkan bahwa daun ceri dapat menghilangkan rasa sakit. Sama seperti ceri dapat meringankan rasa sakit pada penderita asam urat.

Menurunkan Kolesterol

Air rebusan dari daun ceri juga efektif dalam pengobatan kolesterol. Penggunaan daun ceri sebagai obat kolesterol sangat mudah. Hanya dengan menyiapkan 1 hingga 2 genggam daun ceri segar dan dengan menyiapkan tiga gelas air bersih. Kemudian rebus dan biarkan sampai airnya setengah, air rebusannya bisa diminum dua kali sehari.

Mengobati Diabetes

Daun ceri sangat terkenal untuk menyembuhkan diabetes. Konsumsi rutin rebusan air daun ceri dapat menurunkan gula darah. Tanyakan kepada ahli herbal berapa banyak air rebusan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan diabetes.

Menyembuhkan Luka

Masih memiliki hubungan dengan gula darah tinggi, tidak jarang bagi penderita diabetes jika ada bagian tubuh yang terluka yang sangat sulit disembuhkan dan luka sangat sulit kering. Dengan meminum air rebusan dari daun ceri, luka perlahan-lahan mengering dan kadar gula darah juga turun.

Mencegah Kanker

Manfaat daun ceri sangat bisa mencegah terjadinya kanker dalam tubuh. Ini karena kandungan flavonoid, yang bertindak sebagai antioksidan untuk pencegahan dan pembunuhan kanker dalam tubuh. Dan cara mengonsumsinya adalah daun muda yang dibuat sebagai minuman sehat.

Anti-Inflamasi

Khasiat selanjutnya dari daun ceri adalah sebagai agen anti-inflamasi atau anti peradangan alami. Manfaat daun ceri pada peradangan ini sebenarnya terkait dengan sebelumnya. Daun ceri yang efektif melawan bakteri, daun ceri bertindak sebagai agen anti-inflamasi.

Anti Bakteri

Sifat antibakteri merupakan salah satu manfaat daun kersen. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ekstrak daun kersen mengandung senyawa flavonoid berupa flavonol dan flavon da auron, yang terbukti memiliki daya antibakteri terhadap beberapa bakteri.

Mengatasi Stroke

Manfaat kesehatan daun ceri untuk selanjutnya adalah pengobatan dan pencegahan stroke. Ini karena ada zat dalam daun ceri yang bisa menstimulasi proliferator peroxisome (PPAR) di jaringan tubuh kita.

Menghilangkan Kelelahan

Daun ceri memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi yang dapat mengurangi kerusakan otot.
Jadi Anda tidak perlu khawatir lelah setelah latihan. Minum air rebusan dari daun ceri akan membantu Anda mengatasi kelelahan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat daun ceri semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: