19 Manfaat Daun Selada dan Kandungan Gizi Daun Selada

Posted on

Manfaat Daun Selada – Selada air adalah jenis tanaman sayuran yang dapat tumbuh secara kronis dan memiliki sifat akuatik atau semi akuatik. Tanaman ini umum di Eropa dan Asia. selada air termasuk genus Nasturtium R.Br dan dari keluarga Brassicaceae. Keluarga Brassicaceae lainnya termasuk selada, sawi, lobak, dan wasabi.

Spesies tanaman seperti selada yang tumbuh di air harus dicuci sebelum diproses dan kemudian direndam setidaknya setengah jam. Gunakan air dingin dengan penambahan hidrogen peroksida (sekitar 1 sendok makan per liter). Zat ini berguna untuk menghilangkan polutan, parasit atau kontaminan lainnya. Untuk menjaga kesegaran sayuran ini, harus direndam dalam air selama penyimpanan di lemari es.

Manfaat-Daun-Selada
Manfaat Daun Selada

Kandungan Gizi Daun Selada

Sejauh ini, penggunaan selada air atau selada jenis lainnya telah berfungsi untuk menghias makanan, meskipun sebenarnya ada begitu banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh dalam sayuran ini ketika kita mengkonsumsinya.

Ilmu pengetahuan modern telah mengidentifikasi keberadaan lebih dari 15 vitamin dan mineral penting dalam sayuran ini. selada memiliki kandungan zat besi lebih tinggi dari bayam, lebih banyak kalsium daripada susu dan mengandung lebih banyak vitamin C dari jeruk.

Penjelasan kandungan nutrisi dalam selada air berikut ini:

  1. Kalori yang terkandung dalam selada air 100 gram hanya mencapai 11%. Jadi sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan sangat baik untuk program penurunan berat badan.
  2. Kandungan fitonutrien alami seperti isothiocyanate, yang memberi selada air rasa pedas, dapat bertindak sebagai antioksidan
  3. Vitamin K adalah nutrisi paling penting dalam selada air, yang berkontribusi pada pembentukan dan penguatan tulang dan mengurangi risiko kerusakan saraf di otak.
  4. Kandungan vitamin C dalam selada air juga sangat tinggi, hampir 72% dari kebutuhan vitamin C dalam tubuh dapat ditanggung oleh sayuran ini. Fungsinya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi seperti flu dan pilek. Selain itu, vitamin C dalam selada air juga berguna untuk menjaga jaringan ikat dalam kondisi sehat dan mencegah kekurangan zat besi.
  5. Vitamin A (retinol) dalam selada air sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh dan menghasilkan pigmen di retina mata.
  6. Mangan bertindak sebagai co-faktor enzim antioksidan superoksida dismutase.
  7. Kalsium bermanfaat untuk pembentukan tulang dan memperkuat gigi
  8. Flavonoid antioksidan seperti ß-karoten, zeaxanthin dan lutein dapat mencegah kanker paru-paru dan kanker mulut.
  9. Vitamin B kompleks seperti riboflavin, niasin, vitamin B6 (piridoksin), tiamin dan asam pantotenat sangat penting untuk menjaga fungsi metabolisme tubuh.

Manfaat Daun Selada

Menyehatkan Jantung

Tingginya kadar asam folat dalam selada dapat mengurangi risiko stroke, penyakit jantung koroner atau emboli di paru-paru. Kandungan vitamin A dan C dalam selada juga dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah timbulnya penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dan C bisa membuat kulit lebih sehat, halus dan kencang. Selain itu, selada yang kaya air bermanfaat membangkitkan kelembapan alami kulit.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin dalam selada dapat memperkuat sel-sel kekebalan tubuh, sehingga berbagai virus dan patogen dapat lebih terkontrol. Sebagai contoh, vitamin A dapat mengatasi peradangan, infeksi dan kerusakan sel dalam tubuh.

Menyehatkan Mata

Diketahui bahwa vitamin A dalam daun selada dapat membantu kesehatan mata. Dengan mengkonsumi selada secara teratur, dapat mencegah perkembangan penyakit seperti glaukoma, katarak dan pandangan kabur pada orang tua.

Mencegah Pengeroposan Tulang

Kandungan vitamin K dan kalsium yang tinggi dalam selada dapat menyebabkan pencegahan penyakit pengeroposan tulang seperti osteoporosis dan osteopenia.

Baik untuk Wanita Hamil

Kandungan asam folat dapat mengurangi risiko melahirkan bayi cacat. Selain itu, kandungan vitamin K dapat mencegah perdarahan setelah melahirkan. Karena alasan ini, wanita hamil sangat dianjurkan untuk makan daun selada.

Menurunkan Berat Badan

Daun selada mengandung serat dan selulosa. Manfaat selada bisa memperlancar pencernaan. Memperbaiki pencernaan mungkin kedengarannya tidak bagus untuk menurunkan berat badan, tetapi sebenarnya penting untuk mengontrol berat badan
tubuh jangka panjang.

Serat makanan juga membantu menghilangkan garam empedu dari tubuh. Ketika tubuh menggantikan garam-garam ini, itu memecah kolesterol untuk melakukannya. Itu sebabnya selada baik untuk hati.

mengatasi Insomnia

Cairan putih yang keluar dari selada saat dipotong disebut Lactucarium. Cairan ini memiliki sifat yang membuat kita rileks, mirip dengan opium, tetapi tanpa efek samping yang kuat. Makan beberapa helai daun selada atau minum jus selada bisa mengatasi insomnia.

Menyingkirkan Racun

Mineral yang terkandung dalam selada membantu menyingkirkan racun dan menjaga keseimbangan asam atau basa. Setelah seimbang pada level ini, ada sejumlah manfaat, termasuk lebih banyak energi, pemikiran yang lebih jernih, tidur nyenyak dan peremajaan kulit.

Mengontrol Gula Darah

Daun selada memiliki indeks glikemik rata-rata 15, tetapi karena mengandung sangat sedikit kalori, beban glikemik dianggap nol. Makanan dengan indeks glikemik rendah sangat bagus untuk mengatasi gula darah atau mengatur berat badan. Tentu saja, selada tidak mengandung gula putih atau gula halus, dan memiliki sejumlah masalah.

Mengurangi Resiko Kerusakan DNA

Menurut sebuah penelitian di University of Ulser, konsumsi selada air setiap hari dapat membantu mengurangi kerusakan DNA dalam sel darah, yang secara signifikan memerangi kerusakan DNA yang disebabkan radikal bebas.

Anti Kanker

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan mengungkapkan adanya senyawa phenylethylisothiocyanate (PEITC) dalam selada air yang memiliki sifat antikanker yang signifikan. Hasil percobaan yang melibatkan 60 pria dan wanita sehat yang mengkonsumsi sekitar 1 ½ cangkir selada air segar sehari selama delapan minggu menunjukkan hasil positif, yaitu rata-rata 10% penurunan kadar trigliserida darah dan peningkatan yang signifikan (33% hingga 100%) dalam konten lutein dan beta-karoten di tubuhnya.

Selain itu, hasil penelitian lain menunjukkan bahwa kandungan senyawa phenylethylisothiocyanate (PEITC) dalam selada air dapat menekan perkembangan sel kanker payudara. Manfaat Vitamin A dan C dalam selada air juga dapat melindungi kulit dari kerusakan berbahaya yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, yang diyakini sebagai penyebab kanker kulit.

Pencegahan Tumor

Sebuah studi yang dilakukan di University of Southampton telah menunjukkan bahwa PEITC dalam selada air juga dapat mengurangi risiko tumor. Ketika tumor mulai berkembang di dalam tubuh, senyawa ini dapat dengan cepat mengatasi pasokan darah yang ada, menghasilkan aktivitas normal jaringan tubuh dan dapat memasok pembuluh darah baru ke tumor untuk mengambil keuntungan dari oksigen dan nutrisi lainnya.

Mengatasi Penyakit Alzheimer

Kadar vitamin K dalam selada air mengurangi risiko kerusakan saraf di otak, sehingga selada air dapat berperan dalam pengobatan pasien dengan penyakit Alzheimer.

Menjaga Fungsi Metabolisme Tubuh

Manfaat selada air juga kaya akan vitamin B kompleks seperti riboflavin, niasin, vitamin B-6 (piridoksin), tiamin dan asam pantotenat, yang penting untuk memastikan fungsi metabolisme tetap optimal.

Mengontrol Fungsi jantung

Selada air juga merupakan varietas sayuran yang kaya akan mineral seperti tembaga, kalsium, kalium, magnesium, mangan, dan fosfor. Kalium adalah komponen penting sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Menurunkan Tekanan Darah

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Clinical Pharmacology pada 2013, telah ditunjukkan bahwa makanan yang mengandung makanan diet seperti selada air memiliki beberapa manfaat vaskular. Ini termasuk menurunkan tekanan darah, menghambat agregasi trombosit dan mempertahankan atau meningkatkan disfungsi endotel.

Menjaga Fungsi Saluran Pencernaan

Selada air mengandung klorofil dalam jumlah besar. Klorofil adalah sumber daya yang luar biasa dari berbagai enzim yang mendukung dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Enzim ini membantu tubuh menyerap berbagai nutrisi dan memberikan pencernaan yang baik.

Mengobati Diabetes

Selada air mengandung asam alfa-lipoat antioksidan, yang telah terbukti menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah stres oksidatif yang disebabkan oleh perubahan pada penderita diabetes. Sebuah penelitian dengan asam alfa-lipoat menunjukkan penurunan neuropati perifer atau neuropati otonom pada penderita diabetes.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat daun selada semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: