10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Daun Sirsak – Siapa yang tidak kenal buah Sirsak? Buah berdaging putih yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Selatan sangat populer di Indonesia. Aromanya yang tajam dengan rasa Asam manis, cocok untuk diolah menjadi jus dan juga es krim.

Sirsak
Sirsak

Ternyata bukan hanya buahnya saja yang bisa digunakan tetapi juga daunnya memiliki beragam manfaat kesehatan, lho. Anda ingin tahu? Di sini kami merangkum manfaat kesehatan dari daun sirsak:

Manfaat Daun Sirsak

Mengontrol Kolesterol

Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, Anda harus bisa mengaturnya untuk menghindari komplikasi penyakit. Nah, Anda bisa mengatasinya dengan daun sirsak. Untuk merasakan manfaat daun sirsak, Anda bisa minum air rebusan dari daun sirsak.

Caranya adalah dengan memilih 10 daun sirsak yang cukup tua dan memasak dengan 3 gelas air mineral. Rebus air hingga tersisa setengahnya. Anda bisa meminumnya dalam kondisi hangat atau dingin. Minumlah secara teratur setiap pagi sehingga Anda dapat dengan cepat merasakan manfaat daun sirsak.

Mengobati Kanker

Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah mengatasi kanker. Daun sirsak diketahui menghambat sel kanker lebih cepat daripada pengobatan dengan kemoterapi. Kandungan acetogenin dalam Sirsak dapat menyembuhkan pasien kanker. Fungsi acetogenin adalah untuk menghambat pertumbuhan sel kanker sambil menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap agen kemoterapi adriamycin.

Nah, cara yang aman dan alami bagaimana Anda bisa rasakan saat minum air rebusan dari daun sirsak. Caranya adalah memasak 10 daun sirsak dengan 3 derajat air mineral. Kemudian rebus dan diamkan hanya hingga 1/2 gelas. Untuk merasakan manfaat daun Sirsak dengan cepat, Anda bisa meminumnya setiap pagi.

Mengobati Kista Ovarium

Anda pasti pernah mendengar tentang kista ovarium. Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang tumbuh di indung telur atau ovarium wanita. Kami juga diklasifikasikan sebagai tumor jinak dan dapat berkembang menjadi kanker. Untuk mencegah penyakit ini berkembang, Anda dapat memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati kista ovarium.

Sama seperti cara sebelumnya hanya dengan minum rebusan Daun Sirsak Anda sudah bisa merasakan manfaatnya. Masak 10 daun dengan 3 gelas mineral. Tunggu daun sirsak untuk melepaskan pati. Minum dalam keadaan dingin atau hangat.

Mengobati Diabetes

Diabetes tidak hanya mempengaruhi orang tua, pria dan wanita muda juga rentan terhadap penyakit ini. Telah terbukti bahwa senyawa yang ada dalam daun sirsak menstabilkan dan menormalkan kadar gula darah dalam tubuh manusia. Hal ini karena daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan seperti saponin, bioflavonoid dan polifenol.

Antioksidan dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang mengintai tubuh. Anda bisa mengolahnya dengan memasak daun sirsak. Ambil satu gelas dan tambahkan madu.

Mengobati Asam Urat

Tidak hanya untuk pengobatan diabetes, tetapi juga untuk asam urat. Demikian pula, untuk mengobati sel-sel kanker yang mengandung acetogenin, annocataline, asam gentisic, annomuricin, caclourin dan asam linoleat digunakan untuk mengobati asam urat.

Bagi Anda yang ingin mencoba manfaat daun sirsak untuk mengatasi diabetes, yang perlu Anda lakukan hanyalah minum rebusan daun ini. Caranya adalah dengan mengambil 10 daun sirsak tua dan memasak dalam 3 gelas. Biarkan sampai sari daunnya keluar. Anda bisa meminumnya hangat dan dingin.

Mengobati Penyakit Paru-paru

Kandungan daun sirsak bisa bermanfaat untuk berbagai proses penyembuhan, termasuk penyakit paru-paru. Hal ini karena daun sirsak mengandung acetogenin, yang berguna untuk menghambat perkembangan virus yang menyerang paru-paru. Daun sirsak bisa mengatasi penyakit paru-paru basah dan kering.

Caranya adalah dengan mengambil 10-15 daun sirsak untuk dicuci dan dijemur. Rebus 3 gelas air mineral. Setelah minum dingin, air rebusan diminum secara rutin tiga kali sehari.

Meningkatkan Kesuburan

Manfaat daun sirsak juga baik untuk wanita dan kesuburannya. Jika Anda berencana untuk hamil, Anda harus minum ramuan atau jamu dari daun sirsak untuk merangsang kehamilan lebih cepat. Daun sirsak juga dapat melancarkan menstruasi pada wanita, sehingga siklus menstruasi yang lancar memudahkan kehamilan.

Cara mengolah bahan dari daun sirsak: Pilih dari 15 daun sirsak tua yang dimasak dengan 5 gelas. Tunggu sampai mendidih dan air yang tersisa menjadi 2 gelas. Jika Anda tidak terlalu suka rasanya, Anda bisa menambahkan gula jawa atau madu secukupnya. Minumlah secara teratur setiap pagi dan sore.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Daun sirsak mengandung beragam vitamin, mineral dan banyak kalsium. Namun tidak hanya itu, daun ini juga memiliki sifat antiinflamasi terhadap antimikroba. Teh daun sirsak juga dapat membantu memicu dan mencegah sembelit, kembung, diare dan gangguan pencernaan lainnya. Antimikroba yang terkandung dalam daun sirsak juga mampu menyeimbangkan mikroflora di usus.

Obat Nyeri Punggung

Nyeri punggung sering terjadi pada orang yang terlalu lelah untuk bekerja. Secara umum, orang lebih suka mempraktikkan obat-obatan kimia yang nyaman di apotek. Penggunaan obat-obatan kimia lebih praktis, tetapi memiliki efek samping yang berbahaya. Manfaat daun sirsak untuk herbal dapat mengatasi sakit punggung tanpa efek samping.

Untuk menggunakan daun Sirsak, masak 20 daun sirsak dalam lima gelas air sampai tersisa 3 gelas. Minumlah 3/4 cangkir campuran ini sekali sehari.

Mengobati Eksim dan Rematik

Rematik biasanya terjadi pada orang tua. Daun sirsak dapat mengatasi dan bertindak sebagai obat alami untuk rasa nyeri. Resep untuk mencapai manfaat ini adalah menumbuk daun sirsak dan mengolesi bagian-bagian tubuh yang mengalami sakit rematik atau eksim. Oleskan dua kali sehari.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat daun sirsak semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: