12 Manfaat Daun Srikaya untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Daun Srikaya – Manfaat daun srikaya mungkin sudah dikenal banyak orang, dan salah satunya diketahui mampu mengobati berbagai penyakit yang ada di kulit. Misalnya suka bisul, gatal, kudis dan lain-lain. Selain penyakit kulit, manfaat daun srikaya juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit dan banyak orang telah menggunakannya.

Banyak ahli herbal datang tidak hanya dari Indonesia saja yang memanfaatkan daun srikaya digunakan sebagai obat herbal. Bahkan tanaman dengan nama latin Annoa Squamosa tidak memiliki efek samping seperti obat-obatan medis. Jadi dengan alasan yang sangat kecil untuk efek samping daun tersebut akhirnya digunakan sebagai obat herbal.

Daun-Srikaya
Daun Srikaya

Manfaat Daun Srikaya

Menyembuhkan Penyakit Cacingan

Rebusan daun Srikaya memiliki kelebihan, salah satunya adalah mencegah dan menyembuhkan cacingan. Air rebusan daun srikayadapat dikonsumsi untuk membasmi cacing yang menyerang tubuh baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Mengobati Diabetes

Penderita diabetes juga disarankan untuk minum air rebusan daun srikaya sebagai pengobatan tambahan. Khasiat dalam daun srikaya dapat membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah secara alami.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Beberapa indikasi gangguan pencernaan termasuk sakit perut, diare, dan sembelit. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi rebusan daun Srikaya ini dua kali sehari seperti manfaat daun Handeuleum.

Membantu Mengatasi Anemia

Salah satu manfaat rebusan daun srikaya adalah meningkatkan produksi darah merah dalam tubuh. Konsumsi rebusan daun Srikaya mungkin menjadi alternatif lain yang lebih alami daripada mengonsumsi suplemen darah yang cocok untuk penderita anemia.

Menyembuhkan Penyakit Kulit

Keuntungan lain adalah mengatasi berbagai masalah kulit seperti bisul, gatal, eksim atau manfaat lain seperti sirih merah pada penyakit kulit. Namun cara menggunakannya bukan diminum, tetapi digunakan untuk mencuci kulit atau bisa digunakan sebagai kompres.

Mencegah Penyakit Jantung

Berbagai zat dalam daun srikaya mungkin juga efektif untuk mencegah penyakit jantung. Minum air Rebusan secara teratur dari daun srikaya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi jantung, serta untuk mencegah penyakit.

Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Gejala flu seperti pilek atau batuk juga dapat diatasi dengan minum rebusan air dari daun srikaya. Antioksidan yang terkandung dalam daun srikaya, yang dapat membantu menangkal infeksi, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengatasi Gejala Peradangan

Peradangan di tenggorokan, gigi, sendi atau pembengkakan juga bisa diobati dengan air rebusan daun srikaya. Ini karena salah satu manfaat daun srikaya adalah kadar zat antiinflamasi yang dapat mengatasi peradangan.

Menurunkan Kadar asam urat

Selain menurunkan kadar gula darah, air rebusan daun Srikaya juga dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Asam urat, yang dapat menyebabkan tubuh terasa sakit, dapat diobati dengan meminum ramuan daun Srikaya secara teratur.

Sebagai Obat Penenang

Daun srikaya, Yang dibuat minuman, dapat mengobati orang yang histeris atau tidak dapat mengendalikan emosinya, sehingga mereka dapat pulih dari pingsan. Anda bisa menyiapkannya sebagai minuman atau hanya menumbuk daunnya lalu menaruhnya di hidung orang tersebut agar aromanya bisa dihirup.

Mengobati Gangguan Pencernaan

Jika Anda menderita gangguan pencernaan, seperti perut kembung, diare dan sakit perut, Anda dapat menggunakan daun Srikaya untuk mengobati penyakit ini. Sama seperti Anda bisa memasaknya dan minum airnya atau hanya menghancurkan atau melunakkan daun srikaya. Maka Anda tinggal menempelkannya di perut Anda.

Antioksidan

Daun srikaya juga tinggi akan oksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker dalam tubuh

Demikianlah pembahasan tentang Manfaat daun srikaya semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya