10 Jenis Sayuran Daun dan Manfaat Sayuran Daun

Posted on

Sayuran Daun – Sayuran berasal dari tumbuh-tumbuhan dan dapat membentuk daun, batang, buah-buahan dan biji-bijian, yang memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh kita. Hampir sama seperti buah, sayuran diberi nutrisi dan gizi yang baik. Sayuran bisa dimakan dengan dua cara, ada yang dimasak dulu dan ada yang bisa dikonsumsi langsung.

Sayuran yang dimasak sebelumnya adalah bayam, sawi putih, kangkung, oyong, daun kelor dan sebagainya. Sedangkan sayuran yang dapat dikonsumsi langsung, biasanya terdiri dari sayuran, mentimun, kol, basil, kacang panjang, selada, terong hijau bulat, pisang, mentimun, tomat, dll. Begitu banyak jenis sayuran yang disajikan, sehingga tidak ada alasan seseorang tidak menyukai sayuran.

Sayuran-Daun
Sayuran Daun

Jenis-jenis Sayuran Daun

Kangkung

kangkung mengandung serat makanan (2 g), zat besi (2,3 mg), natrium (7 mg), energi (28 kkal), protein 3,4 g), lemak (0,7 g), kalsium (67 mg), fosfor (54 mg) dan vitamin C (17 mg), B1 (0,07), B2 (0,36), B6 ​​(2 mg) dan berbagai senyawa fitokimia yang sangat berguna bagi tubuh.

Bayam

Bayam dianggap sebagai raja sayuran karena mengandung kalori (36 kkal), vitamin A (6.090 SI), vitamin B (0,08 mg), vitamin C (80 mg), protein (3,5 g), protein (3,5 g), fosfor (67) mg) dan zat besi (3,9 mg). Kalsium (265 mg) dan air garam (86,9 mg) serta sejumlah lutein dan asam folat.

Kubis

Kubis mengandung fosfor (60 mg), mineral, kalsium (27 mg), kalium (229 mg), zat besi (0,9), natrium (8 mg), vitamin A, B kompleks, C (73 mg) dan sejumlah nutrisi. Mangan, kromium, dan antioksidan penting bagi kesehatan Anda.

Seledri

Seledri mengandung energi (20 kal), protein (1,0), lemak (0,1 g), fosfor (40 mg), zat besi (1,0 mg), vitamin A (130 SI), vitamin B1 (1,02) Karbohidrat (4,6 g)), Kalsium (50 mg), Vitamin C (11 mg), 1 liter (93,0 g).

Sawi Hijau

Sawi hijau mengandung kalori, vitamin A, vitamin B (niasin, tiamin, dan ribloflavin), C, E dan K serta potasium, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, tembaga, natrium, lemak, asam folat, mangan, dan air.

Selada

Selada mengandung energi (15 kal), fosfor (25 mg), kalsium (22 mg), protein (1,2 g), lemak (0,2 g), karbohidrat (2,9), zat besi (1), vitamin A. (540 IU), B1 (0,4 mg), Vitamin C (8 mg).

Selada mencegah penuaan kulit dini, memperkuat tulang, meningkatkan kesuburan, menjaga stabilitas darah, memelihara jantung, memperkuat tulang dan gigi, berkontribusi pada pembentukan sel darah merah, meningkatkan kekebalan, mencegah kanker, membantu sembelit, memerangi insomnia dan meningkatkan kesehatan hati.

Kale

Kale adalah sayuran berdaun hijau yang sangat mudah dikonsumsi. Anda bisa menjadikannya sebagai salad, tumis atau jus dan smoothie. Kale dengan daun berwarna hijau yang mengandung banyak vitamin, yaitu A, C, K. Ketiga vitamin ini dapat meningkatkan daya tahan dan mencegah rasa sakit.

Peterseli

Peterseli biasanya digunakan untuk menghias makanan sebelum disajikan atau dikeringkan sebagai salah satu bumbu. Ternyata sayuran hijau ini juga bisa ditambahkan ke beberapa buah dan menjadi jus yang sangat bergizi. Daun berbentuk runcing kecil ini mengandung vitamin A, C dan K dan dapat melindungi kesehatan hati.

Daun Melinjo

Daun melinjo, termasuk sayuran tradisional, yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Rasa sayurnya enak dan mengandung nutrisi seperti kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin B dan vitamin C.

Daun Semanggi

Semanggi sering dibuat menjadi campuran sayuran segar yang disajikan mentah. Daun semanggi memiliki rasa manis dan segar. Kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E dan mineral seperti fosfor dan zat besi sangat baik untuk wanita hamil.

Manfaat Sayuran Daun

Sumber Serat Pangan

Sayuran berdaun adalah sumber serat makanan. Manfaat serat pangan sangat penting untuk mendukung proses pencernaan. Usus sebagai organ yang bertanggung jawab atas asupan jus nutrisi bekerja lebih baik. Mereka menghindari kanker usus besar dan sembelit.

Mengandung protein

Jangan pernah meremehkan protein nabati besar dari sayuran. Manfaat sayuran hijau juga termasuk protein yang sangat kompleks dan baik untuk pertumbuhan sel Anda. Jika Anda berada dalam agenda binaraga, membangun otot, menggemukkan tubuh, atau melangsingkan tubuh Anda, disarankan untuk makan sayuran berdaun ini.

Mengaktifkan Hormon

Hormon sebenarnya diproduksi di dalam tubuh manusia. Tetapi kadang-kadang seseorang dapat kehilangan hormonnya karena kurangnya asupan makanan dan kurangnya stres. Aktifkan kembali hormon Anda dengan Khasiat sayuran berdaun ini.

Meremajakan kulit

Meremajakan kulit adalah penting, terutama bagi Anda yang aktivtas bekerja padat. Untuk ini, Anda membutuhkan asupan makanan bergizi yang dapat meremajakan kulit. Tahukah Anda bahwa selain buah, sayuran berdaun juga kaya akan vitamin C, yang meremajakan kulit Anda?

Membuat Tidur Nyenyak

Banyak orang dewasa yang memiliki masalah tidur nyenyak. Biasanya karena penyakit mental yang buruk. Selain itu, kesehatan tubuh juga terganggu. Misalnya karena gangguan peredaran darah. Nah, Anda harus keluar dari penyakit ini dengan mengonsumsi sayuran berdaun.

Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan asam lemak dan asam amino esensial dalam sayuran berdaun dapat membantu regenerasi sel-sel tubuh Anda sehingga mereka tidak menderita gangguan pertumbuhan atau mutasi yang tidak sempurna.

Memiliki Kandungan Kalsium

Bukan hanya susu yang mengandung kalsium. Sayuran berdaun juga kaya kalsium, ini sangat baik untuk kesehatan tulang Anda. Jadi, Anda bebas dari osteoporosis, rakhitis, dan penyakit tulang lainnya.

Sebagai Sumber Zat Besi

Zat besi juga terkandung dalam sayuran berdaun. Anda perlu tahu bahwa zat besi memiliki dampak besar pada sistem peredaran darah manusia karena fungsinya mengangkut dan mengalirkan elektron ke semua bagian tubuh. Elektron adalah energi listrik yang terkandung dalam makanan dan reaksi alami lainnya dalam darah manusia.

Cerahkan Bola Mata

Mata seseorang akan cerah dan terang benderang ketika mereka sering makan sayuran berdaun. Bandingkan dengan orang yang jarang makan sayur, dari bola mata yang tertangkap langsung, mata buram dan banyak urat nadi. Dan terlihat kusam.

Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Tubuh bisa menjadi bugar dengan asupan makanan bergizi berdasarkan sayuran berdaun. Berbagai senyawa mineral dan vitamin dalam sayuran ini memastikan bahwa tubuh Anda memiliki antibodi yang lebih kuat. Sehingga tubuh akhirnya menjadi bugar.

Demikianlah pembahasan tentang sayuran daun Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: