20 Jenis Tanaman Aquascape Paling Populer

Posted on

Jenis Tanaman Aquascape – Tanaman Aquascape adalah jenis tanaman yang banyak ditempatkan di akuarium sebagai hiasan akuarium, tanaman aquascape yang ditempatkan pada akuarium tidak hanya berfungsi untuk mempercantik sebuah akuarium tetapi juga sebagai tempat ikan hias akuarium bersembunyi, dengan adanya tanaman aquascape ini juga akuarium menjadi lebih indah.

Tanaman aquascape begitu banyak jenis nya. tanaman aquascape dapat tumbuh di akuarium dengan bantuan karbondioksida, pencahayaan, suhu, dan juga ph untuk membantu proses fotositensis. jika anda ingin menanam akuascape pada akuarium kesayangan anda ada baiknya mengetahui jenis- jenis tanaman aquascape yang dapat tumbuh diakuarium.

Berikut adalah jenis tanaman yang bagus untuk aquascape

1. Dwarf Baby Tears (Hemianthus Callitrichoides)

Dwarf-Baby-Tears
Gambar Dwarf Baby Tears

Tanaman aquascape yang berasal dari kuba ini mulai diperkenalkan pada tahun 2000 -an, sekarang sudah mulai banyak orang yang menggunakan tanaman aquascape jenis ini di akuarium mereka.

Tanaman aquascape yang satu ini memiliki daun yang kecil dan padat, tanaman ini juga memiliki pertumbuan yang sedang, tanaman ini dapat tumbuh secara optimal jika mendapat cahaya yang tinggi namun mampu beradaptasi pada cahaya menengah.

2. Hygrophila Polysperma

Hygrophila-Polysperma
Gambar Hygrophila Polysperma

Tanaman aquascape yang satu ini sangat cocok untuk pemula karena tanaman ini tidak memerlukan perlakuan khusus, kebutuhan CO2 tanaman ini juga tidak terlalu perlu

Tanamana aquascape ini juga dapat tumbuh pada pencahayaan yang rendah, tanaman ini juga dapat hidup dengan sebagian tumbuh diatas dan sebagian dibawah.

Baca Juga : 25 Tanaman Hias Indoor Untuk Mempercantik Rumah

3. Windelov

Windelov
Gambar Windelov

windelov memiliki nama ilmiah Microsorum pteropus, windelov memiliki ciri ujung tanaman yang bercabang dan bentuk nya juga unik menjadikan tanaman aquascape ini menjadi yang tercantik.

windelov merupakan tanaman aquascape untuk pemula karena tanaman ini mudah dalam perawatan nya, tanaman aquascape ini juga mempunyai ketahanan diri yang kuat.

4. Java Moss

Java-Moss
Gambar Java Moss

Tanaman Aquascape yang memiliki nama ilmiah Taxiphyllum barbieri ini merupakan keluarga dari tanaman Hypnaceae dan berasal dari asia tenggara.

Java moss merupakan tanaman yang mudah dalam perawatannya dan juga tidak memerlukan pencahayaan yang tinggi, namun tanaman ini tingkat pertumbuhannya lambat.

5. Monte Carlo

Monte-Carlo
Gambar Monte Carlo

Tanaman aquascape yang satu ini sangat unik pertumbuhan tanaman yang satu ini tergantung intensitas cahaya, semakin tinggi cahaya yang didapat maka semakin cepat masa pertumbuhan dari tanaman ini.

Tanaman aquascape ini dapat dijadikan sebagai karpet dasar diakuarium karena dapat tumbuh dengan cepat dan menghasilkan batas tertentu.

6. Bucephalandra Black Phantom

Bucephalandra-Black-Phantom
Gambar Bucephalandra Black Phantom

Tanaman aquascape yang satu ini merupakan tanaman asli indonesia yaitu daerah kalimantan, tanaman dari keluarga bucephalandra ini juga dikenal dengan bucephalandra brownie phantom.

Tempatkan tanaman ini didalam akuarium bagian depan, Bucephalandra Black Phantom merupakan tanaman aquascape yang cocok untuk pemula karena tidak memerlukan percahayaan yang tinggi.

Baca Juga : Tanaman Hias Buah Untuk Mempercantik Rumah dan Banyak Manfaatnya

7. Anubias Coffeefolia

Anubias-Coffeefolia
Gambar Anubias Coffeefolia

Tanaman aquascape Anubias Coffeefolia pertama kali ditemukan di afrika barat. pemempatan Anubias Coffeefolia sebaik nya berada ditengah akuarium yang tidak banyak cahaya dan CO2 nya.

Pertumbuhan tanaman Anubias Coffeefolia bisa seragam dan mempunyai warna yang unik yaitu merah dan kecoklatan.

8. Cryptocoryne Pontederiifolia

Cryptocoryne-Pontederiifolia
Gambar Cryptocoryne Pontederiifolia

Tanaman Aquascape Cryptocoryne Pontederiifolia berasal dari sumatera barat (indonesia) dan singapura, tanaman Cryptocoryne Pontederiifolia berasal dari keluarga araceae, genus cryptocoryne.

Perawatan dari tanaman Cryptocoryne Pontederiifolia cukup mudah karena dapat beradaptasi pada lingkungan, Cryptocoryne Pontederiifolia tak berpengaruh terhadap PH, dan dapat tumbuh secara maksimal pada air dengan sedikit asam.

9. Cabomba Caroliniana

Cabomba-Caroliniana
Gambar Cabomba Caroliniana

Tanaman aquascape Cabomba Caroliniana dapat ditempatkan pada aquarium didepan maupun belakang, Cabomba Caroliniana berasal dari amerika selatan.

Pertumbuhan tanaman Cabomba Caroliniana ini dapat tumbuh secara optimal jika ditempatkan pada suhu 15 – 25 derajat celcius. Cabomba Caroliniana dapat tumbuh dalam intensitas cahaya sedang dan tinggi dan tidak memerlukan banyak CO2.

10. Crinum Calamistratum

Crinum-Calamistratum
Gambar Crinum Calamistratum

Tanaman aquascape Crinum Calamistratum memiliki nama umum yaitu African Onion Plant dan juga Cameroon Crium. Crinum Calamistratum yang berasal dari afrika barat ini merupakan tanaman aquascape yang indah dengan warna nya yang hijau tua.

Crinum Calamistratum membutuhkan perawatan khusus karena tanaman Crinum Calamistratum membutuhkan intensitas cahaya yang tinggi dan kebutuhan CO2 yang tinggi juga, Crinum Calamistratum dapat menghasilkan bunga yang cantik.

11. Echinodorus Tenellus

Echinodorus-Tenellus
Gambar Echinodorus Tenellus

Tanaman aquascape Echinodorus Tenellus merupakan tanaman merambat dan menyebar sehingga mirip seperti karpet hijau dan daun tanaman ini berukuran besar.

Echinodorus Tenellus pertumbuhan nya sedang, namun jika ingin mempercepat pertumbuhan tanaman Echinodorus Tenellus dengan menginjeksi karbondioksida yang tinggi dan pencahayaan yang tinggi juga.

12. Elatine Triandra

Elatine-Triandra
Gambar Elatine Triandra

Tanaman Aquascape Elatine Triandra tidak disarankan ditanam oleh pemula karena tanaman Elatine Triandra merupakan tanaman yang sulit dalam perawatannya dan membutuhkan perawatan khusus, tanaman ini membutuhkan pencahayaan yang tinggi dan nutrisi yang banyak.

Tanaman Elatine Triandra berasal dari amerika serikat dan kanada, di alam liar tanaman Elatine Triandra biasa ditemukan pada tempat perairan yang berlumpur.

13. Hydrocotyle Leucocephala

Hydrocotyle-Leucocephala
Gambar Hydrocotyle Leucocephala

Tanaman aquascape Hydrocotyle Leucocephala merupakan tanaman yang berasal di kawasan amerika selatan, tanaman ini juga banyak tumbuh dikolam.

Tanaman Hydrocotyle Leucocephala juga dapat hidup pada tempat yang bawah dan berawa juga mempunyai daya tahan yang kuat. pertumbuhan tanaman Hydrocotyle Leucocephala lumayan cepat, tanaman ini menghasilkan daun membulat yang indah.

14. Marsilea Hirsuta

Marsilea-Hirsuta
Gambar Marsilea Hirsuta

Tanaman aquascape Marsilea Hirsuta sering juga disebut sebagai tanaman karpet yang berasal dari australia, karena tanaman ini dapat tumbuh menyebar mengelilingi akuarium.

Tanaman Marsilea Hirsuta membutuhkan pencahayaan yang tinggi untuk tumbuh secara optimal.

15. Lilaeopsis Brasiliensis

Lilaeopsis-Brasiliensis
Gambar Lilaeopsis Brasiliensis

Tanaman aquascape Lilaeopsis Brasiliensis juga merupakan tanaman karpet yang dapat memperindah akuarium anda. tanaman ini memiliki ciri yaitu daunnya memanjang dari akar tidak mempunyai batang.

Tanaman Lilaeopsis Brasiliensis tumbuh dengan menyebar kesamping, jika ingin tanaman ini memanjang, kurangi intensitas cahaya.

16. Didiplis Diandra

Didiplis-Diandra
Gambar Didiplis Diandra

Tanaman aquascape Didiplis Diandra ini dapat menghasilkan bunga pada saat tumbuh dipermukaan air, penempatan tanaman Didiplis Diandra biasanya berada pada midground.

Tanaman Didiplis Diandra tidak cocok untuk pemula karena tanaman ini membutuhkan perawatan khusus, meskipun tanaman ini memiliki tampilan unik pada daunnya.

Baca Juga : 15 Bunga Hias Terbaik Beserta Penjelasannya

17. Echinodorus x Subulatus Lucanas

Echinodorus-x-Subulatus-Lucanas
Gambar Echinodorus x Subulatus Lucanas

Tanaman aquascape Echinodorus x Subulatus Lucanas banyak ditanam pada akuarium karena perawatannya yang mudah juga keindahan warna daunnya yang hijau.

Echinodorus x Subulatus Lucanas dapat hidup dalam segala kondisi dari air, dan juga dapat hidup pada pencahayaan yang minim dan tidak Ada CO2.

18. Aponogeton Ulvaceus

Aponogeton-Ulvaceus
Gambar Aponogeton Ulvaceus

Tanaman aquascape Aponogeton Ulvaceus berasal dari madagaskar, tanaman ini berasalh dari keluarga aponogeton, tanaman ini memiliki bentuk daun yang terlihat indah dan khas.

Tanaman Aponogeton Ulvaceus sangat cocok ditanam karena mudah dalam perawatan dan tanaman ini cocok ditempatkan pada belakang akuarium.

19. Blepharostoma Trichophyllum

Blepharostoma-Trichophyllum
Gambar Blepharostoma Trichophyllum

Tanaman aquascape Blepharostoma Trichophyllum merupakan jenis tanaman lumut karena itu tanaman ini begitu mudah tumbuh pada media seperti batu dan juga kayu.

Tanaman Blepharostoma Trichophyllum dapat tumbuh kuat dalam pencahayaan yang minim sehingga tanaman yang satu ini tergolong mudah dalam perawatan nya dan tanaman ini juga dapat tumbuh pada suhu dibawah 25 derajat celcius.

20. Egeria Densa

Egeria-Densa
Gambar Egeria Densa

Tanaman aquascape Egeria Densa ini merupakan jenis tanaman yang dapat juga ditanam dikolam dan merupakan tanaman populer dikalangan para pecinta aquascaper.

Tanaman Egeria Densa berasal dari negara brazil, uruguay dan argentina, tanaman ini dapat hidup dengan bergerombol sehingga membentuk hamparan karpet yang cantik.

Demikianlah artikel tentang jenis tanaman aquascape yang bagus untuk akuarium, dengan adanya tanaman aquascape ini maka akuarium anda akan terlihat semakin indah.