10 Jenis Tanaman Rambat Gantung

Posted on

Tanaman Rambat Gantung – Tanaman rambat dapat membuat indah suasana rumah anda terutama tanaman rambat bunga yang memiliki keindahan pada bunga nya dan aroma wangi yang ditimbulkan dari tanaman rambat bunga menambah semarak rumah anda.

Namun para pecinta kebun di perkotaan memiliki masalah dalam menanam tanaman hias karena lahan yang terbatas, salah satu cara yang biasanya dimanfaatkan para pecinta tanaman hias di perkotaan adalah dengan menanam tanaman hias gantung.

Tidak hanya hemat terhadap lahan, tanaman rambat gantung juga bisa ditempatkan dimana saja lho seperti di atas jendela teras dan juga dinding rumah serta pagar.

Berikut Tanaman Rambat Gantung

1. Tanaman Rambat Gantung Mandevilla

Tanaman-Rambat-Gantung-Mandevilla
Tanaman Rambat Gantung Mandevilla

Tanaman mandevilla merupakan tanaman rambat yang berbunga dan mengelurkan aroma yang wangi, warna bunga nya yang indah seperti pink, putih dan merah menambah kecantikan rumah anda.

Tanaman mandevilla merupakan tanaman rambat yang juga dapat digantung, tanaman ini lebih menyukai sinar matahari langsung dan lebih menyukai media tanam arang kelapa ketimbang tanah.

2. Tanaman Rambat Gantung Flame of Irian

Tanaman-Rambat-Gantung-Flame-of-Irian
Tanaman Rambat Gantung Flame of Irian

Tanaman rambat ini berasal dari papua, tanaman ini jarang ditemukan di kalimantan, jawa, dan sumatera namun tanaman ini cocok ditanam diindonesia yang beriklim tropis.

Tanaman rambat ini selain ditanam pada kanopi atau pagar tanaman, flame of irian juga cocok menjadi tanaman hias gantung.

3. Tanaman Rambat Gantung Petrea Volubilis

Tanaman-Rambat-Gantung-Petrea-Volubilis
Tanaman Rambat Gantung Petrea Volubilis

Tanaman Petrea volubilis yang berasal dari amerika tengah ini merupakan tanaman rambat yang dapat digantung tanaman petrea volubilis dapat tumbuh dengan subur di indonesia dengan iklim tropis.

Tanaman Petrea Volubilis mirip dengan tanaman lavender karena bunga nya yang berwarna ungu, bunganya akan berubah ketika akan gugur, yakni dari warna ungu cerah menjadi memucat kemudian berubah menjadi hijau kemudia gugur.

4. Tanaman Rambat Gantung Dipladenia

Tanaman-Rambat-Gantung-Dipladenia
Tanaman Rambat Gantung Dipladenia

Tanaman rambat Dipladenia merupakan tanaman rambat yang masih satu keluarga dengan tanaman mandevilla namun memiliki daun yang lebih kecil dari mandevilla.

Tanaman Dipladenia dapat terus berbunga sepanjang tahun, tanaman Dipladenia juga selain dirambatkan pada kanopi dan pagar rumah juga dapat ditanam menjadi tanaman hias gantung.

5. Tanaman Rambat Gantung Black Eyed Susan Vine

Tanaman-Rambat-Gantung-Black-Eyed-Susan-Vine
Tanaman Rambat Gantung Black Eyed Susan Vine

Tanaman Black Eyed Susan Vine memiliki ciri yaitu bunga nya yang memiliki kelopak yang bervariasi dengan warna kuning, putih, dan pink.

Tanaman Black Eyed Susan Vine yang paling populer adalah dengan warna bunga yang kekuningan, tanaman ini biasa dirambatkan pada pagar dan juga digantung diteras rumah.

6. Tanaman Rambat Gantung Creeping Charlie

Tanaman-Rambat-Gantung-Creeping-Charlie
Tanaman Rambat Gantung Creeping Charlie

Tanaman Creeping Charlie merupakan tanaman merambat yang berasal dari amerika selatan, tanaman ini merupakan tanaman hias daun.

Tanaman Creeping Charlie merupakan tanaman termasuk cepat dalam pertumbuhannya, Creeping Charlie dapat dirambatkan dipagar halaman atau dijadikan tanaman hias gantung.

7. Tanaman Rambat Gantung Morning Glory

Tanaman-Rambat-Gantung-Morning-Glory
Tanaman Rambat Gantung Morning Glory

Tanaman Morning Glory merupakan tanaman rambat yang populer karena tanaman ini mudah dalam perawatannya, tanaman ini juga tidak membutuhkan banyak air.

Tanaman Morning Glory dapat tumbuh dengan sangat rimbun, tanaman Morning Glory merupakan tanaman hias yang dapat dirambat kan dan juga digantung.

8. Tanaman Rambat Gantung White Clematis

Tanaman-Rambat-Gantung-White-Clematis
Tanaman Rambat Gantung White Clematis

White Clematis merupakan tanaman rambat yang dapat tumbuh dengan subur pada dataran tinggi yang memiliki suhu yang sejuk.

White Clematis dapat berbunga dengan sangat banyak dan memiliki aroma bunga yang wangi, tanaman ini cocok menghiasi taman rumah anda.

9. Tanaman Rambat Gantung Alamanda

Tanaman-Rambat-Gantung-Alamanda
Tanaman Rambat Gantung Alamanda

Tanaman Alamanda merupakan jenis tanaman rambat yang mudah ditemui terutama diindonesia, Alamanda adalah tanaman merambat yang dapat berbunga secara terus menerus.

Tanaman alamanda dapat tumbuh dengan rimbun bahkan jika merambatkan pada pagar maka rimbunnya dapat menutupi seluruh pagarĀ  tersebut.

10. Tanaman Rambat Gantung Soapwort

Tanaman-Rambat-Gantung-Soapwort
Tanaman Rambat Gantung Soapwort

Tanaman Soapwort merupakan tanaman merambat yang begitu populer karena tanaman Soapwort mudah dalam perawatannya dan dapat terus menghasilkan bunga yang rimbun.

Tanaman Soapwort sangat cocok ditanam pada pagar rumah dan kanopi serta dapat juga dijadikan tanaman merambat gantung yang cantik.

Itulah Pembahasan tentang tanaman rambat gantung yang cocok ditanam pada ruang terbuka seperti di kanopi, pagar rumah, dinding rumah dan juga dijadikan sebagai tanaman hias merambat gantung, semoga bermanfaat.

Baca Artikel Terkait Lainnya :

Related posts: