10 Jenis Tanaman Obat Asma Tradisional (90% Ampuh)

Posted on

Tanaman Obat Asma – Asma adalah penyakit jangka panjang yang dapat menyebabkan orang dengan masalah pernapasan, batuk dan sesak saat kambuh. Setiap orang memiliki tingkat keparahan penyakit yang berbeda-beda, dan biasanya dapat dikendalikan dengan baik.

Asma ini dapat terjadi ketika saluran pernapasan / bronkus mengalami peradangan. Bronchus, yang terlihat seperti tabung kecil tersebut berfungsi mengangkut udara masuk dan keluar dari paru-paru. Dan, secara umum, bronkus lebih sensitif terhadap asma daripada orang lain dan lebih rentan terhadap peradangan.

Asma tidak bisa disembuhkan, tetapi gejalanya bisa dikendalikan dengan obat-obatan. Bagaimana dengan obat herbal? Penting untuk dipahami bahwa bahan-bahan alami tidak selalu aman untuk semua orang. Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tubuh Anda bereaksi positif terhadap obat-obatan tradisional yang mengandung bahan-bahan alami tersebut.

Berikut Adalah Tanaman Obat Asma

Daun Basil

Tanaman-Obat-Daun-Basil
Daun Basil

Daun basil adalah tanaman rempah menyegarkan (tonik), yang masih merupakan keluarga dengan daun kemangi dan mint. Daun basil memiliki nama lokal yang mungkin lebih dikenal di telinga Anda, yaitu daun selasih.

Daun basil memiliki sifat anti-inflamasi, anti-penuaan dan antibakteri. Penelitian telah menunjukkan bahwa daun basil adalah rempah dengan potensi kesehatan yang berbeda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun basil mengandung berbagai antioksidan seperti fenol dan polifenol, termasuk flavonoid dan anthocyanin.

Daun kemangi memiliki sifat anti-inflamasi yang sama dengan jahe, yang diyakini dapat meredakan gejala asma. Kandungan anti-inflamasi, antioksidan dan alami dari antibiotik jahe dapat membantu tubuh melawan infeksi yang bermanfaat bagi orang-orang dengan masalah paru-paru dan pernapasan. Dengan bahan dan khasiat yang sama, Anda dapat yakin bahwa Anda akan mendapat manfaat dari mengurangi gejala asma dari daun basil.

Jahe

Jahe
Jahe

Efektivitas jahe terhadap kesehatan telah dikenal sejak zaman nenek moyang kita. Nah, salah satu manfaat jahe adalah kemampuannya sebagai obat asma alami.

Sebenarnya, para ahli tidak tahu persis bagaimana jahe dapat membantu asma. Namun, mereka menduga jahe dapat membantu mengurangi reaksi alergi dengan menurunkan kadar IgE dalam tubuh. Seperti yang Anda tahu, asma sangat terkait dengan alergi.

Ketika level IgE ini menurun, reaksi alergi yang terjadi juga perlahan-lahan berkurang. Akibatnya, gejala asma Anda bisa lebih terkontrol dan jarang terjadi lagi.

penelitian lain juga melaporkan bahwa jahe dapat membantu meredakan peradangan dan mencegah kontraksi saluran pernapasan. Jahe juga dapat meningkatkan relaksasi otot, seperti halnya dengan beberapa obat asma. Karena itu, jahe bisa dijadikan alternatif untuk meredakan gejala asma.

  1. Caranya: Buat jus dari campuran buah delima, sepotong kecil jahe dan satu sendok makan madu. Minumlah 1 sendok makan campuran ini 2 hingga 3 kali sehari.
  2. Atau, Anda juga bisa menyiapkan wedang jahe. caranya sangat mudah, masukkan jahe parut atau cincang ke dalam panci berisi air mendidih. Tambahkan gula merah untuk mengurangi rasa pedas jahe. Diamkan selama 5 menit, biarkan dingin dan minum.
  3. Anda juga bisa makan jahe mentah dengan garam.

Karuk

Karuk
Karuk

Karuk, juga disebut daun sirih giling, adalah tanaman liar yang tumbuh di beberapa daerah di Indonesia. karuk ini juga merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak nama seperti amelun une, kado-kado, cabean, dan sebagainya. Tanaman ini bisa dikembangkan dengan stek. Dalam pengobatan, tanaman karuk ini dikenal karena efektivitasnya dalam pengobatan berbagai penyakit seperti asma, kesulitan buang air kecil, lendir, nyeri tulang dan sakit perut.

Karena zat yang terkandung dalam akar, batang, daun dan buah-buahan. karuk ini adalah tanaman yang diperkaya dengan polifenol dan saponin, dan dalam daun dan buahnya kaya akan flavonoid dan minyak atsiri. Dan kandungan kimia dalam tanaman karuk ini memberi tubuh efek farmakologis yang sangat baik, seperti rasa pedas dan berlendir (memerah), pembusukan seni pedas dan batu empedu (di akar).

Bagian paling umum dari tanaman ini adalah daunnya. Daun karuk ini dapat digunakan sebagai bahan dalam pengobatan asma tradisional yang fungsinya untuk melarutkan lendir / lendir di saluran pernapasan, yang kemudian dikeluarkan dari tubuh.


Dengan berkurangnya lendir dari saluran pernafasan, aliran udara bisa mengalir dengan lancar ke dalam tubuh, membuat pernapasan menjadi lebih rileks. Selain itu, rasa pedas tanaman ini juga hangat, sehingga bisa memberikan perasaan nyaman di rongga dan saluran pernapasan.

Cara mengolah daun daun untuk obat asma

  1. Ambil daun segar 3 hingga 5 daun.
  2. Cuci daun karuk.
  3. Haluskan daun karuk dengan menumbuknya.
  4. Kemudian daun karuk yang sudah ditumbuk diseduh dengan setengah gelas air panas.
  5. Saring dan Dinginkan.
  6. Kemudian tambahkan gula atau madu untuk membuat air seduhan terasa lebih enak.
  7. Air mendidih dari daun karuk siap untuk diminum.
  8. Minumlah air mendidih ini tiga kali sehari.

Bawang Putih

Tanaman-Bawang-Putih
Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya merupakan penyedap rasa makanan, tetapi juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan gejala asma. Sifat anti-inflamasi dari bawang putih dipercaya dapat mengurangi peradangan saluran napas karena asma.

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan kegunaan bawang putih sebagai obat tradisional untuk asma. Karena sejauh ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa bawang putih berfungsi untuk pengobatan asma jangka panjang.

  1. Jika Anda ingin mencoba, rebus 2-3 siung bawang putih dalam 1 ½ cangkir susu.
  2. Biarkan dingin, lalu minum.

Tampal Besi

Tampal-Besi
Tampal Besi

Tanaman tampal besi memiliki nama Latin Phyllanthus reticulatus Poir, mengandung sejumlah kecil racun tetapi tidak berbahaya bagi tubuh. Bahkan, tanaman ini telah digunakan di China sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai jenis masalah kesehatan dalam tubuh. Tumbuhan ini dapat mengatasi asma karena:

Tampal besi mengandung senyawa flavonoid yang bertindak sebagai agen anti-inflamasi dan menyembuhkan peradangan pada saluran pernapasan.
Tampal besi juga mengandung senyawa alkaloid, yang bertindak sebagai ekspektoran dan membantu mengeluarkan lendir sehingga udara masuk dan keluar dari saluran udara bisa menjadi lebih lancar.

  1. Penggunaan Tampal besi sebagai obat herbal untuk mengobati asma sangat mudah.
  2. Yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan 15 gram Lembar Tampal Besi dan didihkan dengan 3 gelas air.
  3. Ketika tersisa 1 gelas air , Anda dapat menyaringnya dan segera mengonsumsinya. Dianjurkan untuk meminumnya dua kali sehari.

Bengkuang

Tanaman-Obat-Bengkuang
Bengkuang

Bengkuang adalah jenis buah tropis dengan daging putih dan bertekstur renyah. Selain itu, bengkuang ini juga memiliki rasa manis dan menyegarkan, yang dikonsumsi terutama pada hari-hari panas. Sebenarnya, sebenarnya yang dimakan dari tanaman bengkuang ini adalah akar yang membesar dengan membentuk umbi. Dan di mana dalam buah jenis akar ini mengandung banyak manfaatnya.

Bengkuang juga memiliki nama Latin Pachyrhizus erosus, yang dapat disiapkan sebagai camilan sehat saat lapar. bengkuang sangat sehat karena mengandung sedikit kalori, yaitu hanya 35 kalori per 100 g. selain itu, bengkuang ini juga mengandung fitonutrien yang tinggi seperti serat dan antioksidan.

Sedangkan kandungan mineral akar ubi seperti magnesium, mangan, vitamin C dan B dalam ubi ini membuat ubi menjadi buah yang sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu, ubi yang diperkaya dengan quercetin, beta-karoten, magnesium dan antihistamin alami dapat mencegah produksi histamin penyebab alergi.

  1. Bahan-bahan 250 gram bengkuang, kupas dan potong-potong.
  2. 100 gram lobak parut, kupas dan cincang.
  3. 1/4 buah cabai merah dan buang bijinya.
  4. 50g batang seledri .
  5. 60 ml air es.
  6. 2 sendok makan air jeruk nipis atau lemon.
  7. 3 potong es batu.

Caranya:

  1. Tambahkan bengkuang, lobak, seledri, cabai merah, air es, jus jeruk nipis dan sepotong es batu kemudian blender.
  2. Giling dengan halus.
  3. Setelah dihaluskan, tuangkan jus ke dalam gelas.
  4. Jus siap minum.

Putri Malu

Putri-Malu
Putri Malu

Tentu Anda sudah sering menjumpai tanaman liar ini, bukan? Ya, putri malu adalah tanaman dengan karakteristik daun yang sangat halus yang menutup dengan cepat ketika disentuh. Ternyata tanaman yang satu ini memiliki kelebihan dalam mengatasi asma karena:

Putri malu mengandung tanin dan flavonoid sebagai antioksidan yang menyembuhkan peradangan di saluran udara.
Putri malu juga mengandung alkaloid yang membantu mengeluarkan lendir, yang sering menghambat jumlah udara di saluran udara.

Bagian dari tanaman putri malu yang sering digunakan untuk asma adalah akarnya.

  1. Caranya sederhana: Anda bisa merebus 30 gram akar putri mali dalam 400 cc air.
  2. Setelah airnya tinggal 200 cc, Anda bisa menyaringnya dan mengkonsumsinya hingga 2 kali sehari.

Daun Sirsak

Daun-Sirsak
Daun Sirsak

Daun sirsak adalah daun herbal yang memiliki manfaat besar bagi tubuh kita. Khasiat daun sirsak sangat penting bagi kesehatan Anda. Ini karena daun sirsak ini mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang umum dijumpai, seperti asma ini. Dipercaya bahwa daun sirsak dapat mengobati asma karena mengandung vitamin, mineral, dan zat lain yang sangat penting untuk pengobatan gejala asma seperti sesak napas, sesak dada dan sebagainya. Ini bisa membuat proses penyembuhan asma lebih optimal.

Sesak napas, nyeri dada, dll. Adalah gejala yang sering dipicu oleh asma, sementara asma dapat terjadi karena debu dan kotoran yang masuk ke saluran napas, menyebabkan otot saluran napas berkontraksi sebanyak mungkin, sehingga menyebabkan volume udara berkurang dan gejala gangguan pernapasan terjadi. Untuk alasan ini, dianjurkan untuk mengkonsumsi air rebusan daun sirsak secara teratur, karena senyawa yang terkandung dalam daun sirsak dapat menenangkan otot-otot yang berkontraksi.

  1. Caranya : Ambil sepuluh daun sirsak yang cukup tua (warnanya hijau tua).
  2. Cuci bersih daun sirsak.
  3. Rebus daun sirsak dengan air hingga tiga gelas.
  4. Tunggu sampai air mendidih dan tersisa 1 gelas.
  5. Kemudian saring dan biarkan dingin.
  6. Air rebusan siap dikonsumsi.
  7. Air rebusan diminum dua kali sehari di pagi dan sore hari.

Daun kemangi

Daun-kemangi
Daun kemangi

Anda tentu sudah familiar dengan tanaman yang satu ini, karena daun kemangi sering digunakan sebagai sayuran segar untuk membuat hidangan pendamping yang melezatkan makanan. Tampaknya daun kemangi juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk asma, karena:

Daun kemangi memiliki sifat ekspektoran alami, memungkinkan mereka untuk menyingkirkan dahak yang menyumbat aliran udara di saluran udara Anda.
Daun kemangi memiliki sifat anti-inflamasi yang dibutuhkan tubuh untuk mengatasi masalah pernapasan seperti asma, bronkitis, batuk, atau flu.

  1. Caranya Anda hanya perlu menyiapkan 3 hingga 4 daun kemangi dan kemudian campur dengan air untuk membuat jus.
  2. Untuk membuatnya lezat, Anda bisa menambahkan madu. Konsumsi jus kemangi 2 kali sehari.

Kemukus

Kemukus
Kemukus

Tanaman kemukus mungkin masih sangat asing di telinga Anda, tetapi tanaman ini sangat mudah ditemukan di mana-mana, jadi Anda pasti sudah melihatnya. Ciri khusus dari tanaman ini adalah buah dan biji, yang berbentuk seperti lada hitam dan bulat dengan warna hitam kecil, tetapi memiliki tangkai. Buah dan biji Kemukus sangat efektif dalam mengobati asma karena:

Biji Kemukus mengandung senyawa minyak esensial yang cocok untuk aromaterapi dan membuka saluran udara.
Biji Kemukus mengandung senyawa alkaloid yang bertindak sebagai ekspektoran dan melepaskan lendir yang menyumbat saluran udara. Alkaloid ini juga memiliki antiinflamasi dan mengurangi radang saluran pernapasan.

  1. Caranya : Anda hanya perlu menyiapkan 15 gram biji kukus dan kemudian rebus dalam 2 gelas air.
  2. Hingga yang tersisa hanya 1 gelas air, Anda dapat menyaring campuran ramuan tersebut dan minum ramuan tersebut dua kali sehari.

ternyata, ada beberapa jenis tanaman herbal yang sangat mudah ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari untuk mengatasi gejala asma. Manfaat menggunakan tanaman obat asma di atas aman untuk dikonsumsi manusia dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga Artikel Lainnya