15 Jenis Tanaman Obat Bunga dan Manfaatnya

Posted on

Tanaman Obat Bunga – Selama ini kita mengenal bunga hanya sebagai tanaman hias yang cantik dan indah serta memiliki aroma yang wangi, padahal bunga tak hanya indah untuk dipandang dan mengharumkan sebuah ruangan ternyata tanaman bunga juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Bunga merupakan jenis tanaman, selain indah dan cantik, bunga juga kaya akan hormon, karena bunga memiliki kandungan berbagai senyawa, banyak negara yang memanfaatkan bunga untuk pengobatan herbal dan tradisional.

Bunga juga dapat digunakan sebagai penambah cairan yang dijadikan minuman, bunga juga banyak digunakan sebagai terapi kesehatan.

Berikut Tanaman Obat Bunga

1. Bunga Melati

Tanaman-Obat-Bunga-Melati
Tanaman Obat Bunga Melati

Bunga melati merupakan jenis bunga tanaman hias yang sangat populer terutama diindonesia, bunga melati selain dijadikan tanaman hias juga dapat dijadikan obat herbal.

Bunga melati selain dijadikan sebagai bahan minyak wangi dan kosmetik dapat juga dimanfaatkan banyak orang sebagai obat sariawan, Penurun demam, obat asma, dan juga mengobati bisul.

2. Bunga Mawar

Tanaman-Obat-Bunga-Mawar
Tanaman Obat Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan salah satu jenis bunga hias yang paling banyak ditanam diseluruh dunia dan populer juga sebagai tanaman bunga obat.

Bunga mawar sering digunakan dalam bentuk minuman untuk mengobati penyakit hati dan usus, dan baik untuk masalah pencernaan.

3. Bunga Matahari

Tanaman-Obat-Bunga-Matahari
Tanaman Obat Bunga Matahari

Bunga matahari selain bijinya, kelopak bunga nya juga dapat dimakan, kelopak bunga yang masih muda di rebus dan dimakan seperti sayuran, kelopak bunga matahari juga dapat dijadikan sebagai bahan pengobatan.

Bunga matahari dapat mengobati radang payudara, rematik, sakit kepala, radang payudara, sakit gigi dan banyak lagi sakit yang dapat disembuhkan dari bunga matahari.

4. Bunga Rosella

Tanaman-Obat-Bunga-Rosella
Tanaman Obat Bunga Rosella

Bunga rosella merupakan jenis tanaman bunga yang berasal dari afrika, bunga rosella banyak digunakan sebagai bahan obat alternatif.

Bunga rosella juga bermanfaat untuk kesehatan diantaranya sebagai obat diabetes, anti-kanker, menjaga metabolisme, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

5. Bunga Dandelion

Tanaman-Obat-Bunga-Dandelion
Tanaman Obat Bunga Dandelion

Banyak orang percaya bahwa bunga dandelion mengandung nilai gizi yang lebih banyak dari brokoli dan bayam, hal ini karena bunga dandelion memiliki banyak kandungan gizi seperti vitamin A dan kalium.

Bunga dandelion dapat mengobati penyakit anemia, dan dapat digunakan untuk diet, penyakit kuning serta dapat digunakan untuk memurnikan darah.

6. Bunga Anggrek

Tanaman-Obat-Bunga-Anggrek
Tanaman Obat Bunga Anggrek

Bunga anggrek merupakan jenis bunga yang dapat dimakan, bunga anggrek memiliki tekstur rasa pedas dan mirip dengan mentimun.

Bunga anggrek dapat dijadikan tanaman herbal seperti Menghilangkan stres, mengatasi gangguan saraf dan fungsi otak, meredakan nyeri sendi, dapat mengobati sakit gigi.

7. Bunga Talang

Tanaman-Obat-Bunga-Talang
Tanaman Obat Bunga Talang

Bunga talang merupakan bunga yang dapat ditemukan dihutan secara liar dan juga dijadikan tanaman hias dipekarangan rumah.

Bunga talang juga mempunyai banyak manfaat kesehatan seperti gangguan mata, obat batuk, membersihkan racun dipencernaan, dan dapat juga digunakan sebagai obat mentruasi.

8. Bunga Marigold

Tanaman-Obat-Bunga-Marigold
Tanaman Obat Bunga Marigold

Bunga marigold banyak digunakan sebagai bunga hias karena memiliki bunga yang cantik dan banyak ditanam dipekarangan rumah.

Bunga marigold mempunyai manfaat kesehatan seperti obat cuci mata, digunakan sebagai salep penyembuh luka, bunga marigold juga memiliki anti-septik dan juga anti-jamur.

9. Bunga Lily

Tanaman-Obat-Bunga-Lily
Tanaman Obat Bunga Lily

Bunga lily merupakan jenis bunga hias yang memiliki kandungan seperti lemak, protein, polisakarida, sapion, karotenoid, flavonoid.

Bunga lily juga mempunyai manfaat kesehatan diantaranya dapat menghilangkan jerawat, mencegah pertumbuhan sel kanker, mengobati batuk, mengobati amandel dan sakit lambung.

10. Bunga Alamanda

Tanaman-Obat-Bunga-Alamanda
Tanaman Obat Bunga Alamanda

Bunga alamanda atau yang lebih dikenal dengan bunga terompet dengan warna kuning yang indah, tanaman bunga alamanda juga merupakan tanaman hias yang populer.

Tanaman bunga alamanda memiliki manfaat kesehatan seperti dapat mengobati pembengkakan limpa dan obat mencegah komplikasi malaria.

11. Bunga Krisan

Tanaman-Obat-Bunga-Krisan
Tanaman Obat Bunga Krisan

Bunga krisan selain cantik untuk dijadikan tanaman bunga hias juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh diantaranya minuman dari bunga krisan ini dapat mengobati flu, demam, dan juga hipertensi.

Bunga krisan juga dapat dijadikan jus kemudian dioleskan ke kelopak mata yang dapat mengobati membengkakan mata dan mata merah akibat polusi.

12. Bunga Kantil

Bunga-Kantil
Bunga Kantil

Bunga kantil atau yang biasa disebut cempaka putih merupakan bunga yang memiliki aroma khas yang wangi, bunga kantil juga biasa dijadikan bunga upacara adat.

Khasiat bunga kantil untuk kesehatan seperti dapat mengatasi bau badan, vertigo, perut kembung, batuk berdahak, dan keputihan.

13. Bunga Violet

Tanaman-Obat-Bunga-Violet
Tanaman Obat Bunga Violet

Bunga violet adalah jenis bunga yang dapat dimakan, memiliki rasa yang manis dan juga beraroma segar, biasanya sebagai bahan salad dan juga bahan masakan ayam.

Bunga violet baik untuk mengobati batuk, mengatasi penyakit kulit, membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah gagal ginjal.

14. Bunga Lavender

Tanaman-Obat-Bunga-Lavender
Tanaman Obat Bunga Lavender

Bunga yang memiliki warna ungu ini sudah sejak lama dipercaya untuk membantu relaksasi seperti meredakan kecemasan dan stres.

Wangi dari aroma bunga lavender juga dapat memberikan kenyamanan, gangguan tidur, dapat mengurangi sakit kepala dan baik juga untuk penderita penyakit darah rendah.

15. Bunga Begonia

Tanaman-Obat-Bunga-Begonia
Tanaman Obat Bunga Begonia

Bunga begonia sangat cantik untuk dijadikan sebagai tanaman bunga hias, selain cantik bunga begonia juga mempunyai banyak manfaat.

Kandungan seperti vitamin C, asam karbolik dalam bunga begonia sangat baik untuk mengobati flu, gangguan percernaan, meredakan batuk, dan menjaga fungsi hati.

Itulah penjelasan tentang tanaman obat bunga yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda.