15 Jenis Tanaman Obat Akar dan Manfaatnya

Posted on

Tanaman Obat Akar – Indonesia memang dikenal dengan keragaman hayatinya, termasuk juga dengan tanaman obat, saat ini banyak tanaman obat dilirk untuk dijadikan alternatif pengobatan berbagai penyakit, karena dapat menyembuhkan dengan efek samping yang minimal, bila dibandingkan dengan obat kimia.

Akar merupakan bagian dari tanaman yang berfungsi sebagai penyerap nutrisi didalam tanah yang disalurkan keseluruh tanaman, selain itu beberapa jenis tanaman memiliki akar yang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Ramuan obat-obatan dari tanaman merupakan jenis pengobatan alternatif, sudah banyak akar tanaman yang dijadikan sebagai tanaman obat.

Berikut Adalah Tanaman Obat Akar

1. Akar Aren

Akar-Aren
Akar Aren

Tanaman aren adalah tanaman yang dikenal sebagai tanaman penghasil gula merah atau aren, selain untuk dijadikan sebagai gula aren, tanaman aren juga dapat dijadikan sebagai obat.

Akar dari tanaman aren ini memiliki kandungan kalium dan silikat yang terbukti mampu untuk memperlancar buang air kecil.

2. Akar Temu Lawak

Akar-Temu-Lawak
Akar Temu Lawak

Temulawak memang sudah terkenal diindonesia sebagai tanaman obat, biasanya yang dijadikan obat dari tanaman temu lawak ini adalah bagian akarnya.

Akar temu lawak dapat mengatasi gangguan ginjal, menyehatkan jantung, kesenatan hati dan juga melancarkan pencernaan.

3. Akar Tanaman Bangle

Akar-Tanaman-Bangle
Akar Tanaman Bangle

Tanaman bangle merupakan tanaman obat alami yang banyak dimanfaatkan terutama bagian akarnya dan dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Akar tanaman bangle mengandung senyawa kimia seperti damar lunak, abumiovida, asam organik, mineral, minyak atsiri, yang banyak dimanfaatkan sebagai penghangat badan.

4. Akar Pule

Akar-Pule
Akar Pule

Mungkin anda asing dengan tanaman yang satu ini, tetapi banyak orang yang memanfaatkan akar dari tanaman pule ini sebagai obat.

Akar dari tanaman pule ini mengandung alkaloida  agnalima dan juga alkaloida serpentina, yang bermanfaat untuk mengobati darah tinggi/ hipertensi.

5. Akar Alang-alang

Akar-Alang-alang
Akar Alang-alang

Tanaman alang-alang biasanya dapat ditemukan dengan mudah dan tumbuh secara liar sehingga banyak orang yang menyebut tanaman ini dengan tanaman gulma, tetapi tanaman ini bisa dijadikan tanaman obat.

Akar dari tanaman alang-alang ini mengandung asam oksalat, fernennol, dan juga skopolotin yang bermanfaat untuk mengobati demam, dan dapat juga mengobati tekanan darah tinggi.

6. Akar Temu Ireng

Akar-Temu-Ireng
Akar Temu Ireng

Tanaman temu ireng merupakan tanaman asli indonesia yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat terutama bagian akar tanaman temu ireng.

Akar temu ireng mengandung senyawa kimia seperti minyak atsiri yang dapat digunakan untuk obat gosok mengobati reumatik dan pegal-pegal

7. Akar Pepaya

Akar-Pepaya
Akar Pepaya

Pepaya merupakan tanaman yang mempunyai banyak manfaat, hampir semua bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan oleh manusia seperti buah, daun serta akarnya.

Akar dari tanaman pepaya ini mengandung kalium, damar, tasin, papalna, papayasin, yang mampu membasmi cacing didalam tubuh yang merugikan.

8. Akar Manis

Akar-Manis
Akar Manis

Akar manis merupakan tanaman yang dimanfaatkan sebagai tanaman obat terutama bagian akar yang mempunyai banyak kandungan senyawa kimia.

Akar wangi mengandung zat seperti glukosa, saponin, asparagine, glabrolida, glikosida likuritin yang dapat mengobati penyakit lambung dan juga darah tinggi.

9. Akar Kunyit

Akar-Kunyit
Akar Kunyit

Akar kunyit memang banyak dikenal sebagai tanaman obat diindonesia karena terdapat banyak kandungan senyawa kimia didalam nya.

Akar kunyit mengandung minyat atsiri, damar, goum, pati, dan hidrat arang yang dapat berkhasiat untuk mengobati penyakit diare.

10. Akar Brotowali

Akar-Brotowali
Akar Brotowali

Tanaman Brokoli merupakan tanaman yang berkhasiat untuk dijadikan sebagai tanaman obat dan memiliki rasa pahit.

Zat pahit dalam tanaman brotowali disebut pikroretin yang berfungsi sebagai perangsang urat saraf ke bagian pernafasan.

11. Akar Wangi

Akar-Wangi
Akar Wangi

Akar wangi banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk wewangian seperti minyak esensial di industri kosmetik, dan juga sabun mandi.

Akar wangi juga dapat diberkhasiat untuk mengusir serangga dan dijadikan sebagai sebagai obat kumur dan juga obat gosok.

12. Jahe Merah

Jahe-Merah
Jahe Merah

Jahe merah lebih banyak mengandung minyak atsiri dibandingkan dengan jenis lainnya, warna rimpang nya lebih merah dan berserat.

Jahe merah juga mengandung beta mirsena, kurkumen, L-borneol, Neral dan lainnya yang berkhasiat untuk meredakan migrain, mengatasi masuk angin, anemia, asma, reumatik, encok.

13. Bengkuang

Bengkuang
Bengkuang

Bengkuang merupakan buah yang memiliki rasa yang manis dan biasanya juga dijadikan sebagai bahan rujak juga bermanfaat sebagai tanaman obat.

Bengkuang menngandung karbohidrat, zat besi, protein, kaium, vitamin B, Vitamin C yang dapat mengobati penyakit kangker payudara, disentri, melancarkan pencernaan, meredakan demam.

14. Laos

Laos
Laos

Laos merupakan jenis tanaman yang banyak dijadikan sebagai bumbu dapur selain itu tanaman ini juga banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Laos memiliki kandungan senyawa kimia seperti kaunferida, hablur, golangin, hablur kuning, dan minyak atsiri yang memiliki khasiat seperti anti-jamur

15. Kencur

Kencur
Kencur

Tanaman Kencur biasanya dijadikan sebagai tanaman jamu dan juga bahan masakan tetapi kencur juga dapat dijadikan sebagai obat untuk kesehatan manusia.

Kencur dapat mengobati batuk, flu, sakit kepala, keseleo, diare dan masih banyak manfaat lainnya.

Demikian lah pembahasan tentang tanaman obat akar yang banyak kita temukan disekitar kita yang dapat anda jadikan alternatif pengobatan alami, semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Lainnya  :

Related posts: