Kandungan dan Manfaat Bayam

Posted on

Kandungan dan Manfaat Bayam – Bayam merupakan salah satu tanaman sayur yang banyak dimanfaatkan daunnya untuk dijadikan bahan konsumsi, daun bayam biasanya diolah menjadi berbagai macam olahan makanan

Bayam memiliki nama ilmiah yaitu amarathus spp,tanaman bayam dikenal sebagai sayuran yang banyak mengandung zat besi yang baik untuk tubuh manusia, tanaman bayam berasal dari kawasan tropis amerika, bayam dapat tumbuh sepanjang tahun dan dimana saja, baik didataran rendah maupun dataran tinggi, pertumbuhan yang baik ditanah yang subur dan banyak sinar matahari.

Manfaat-Bayam
Manfaat Bayam

Kandungan Bayam

Bayam mengandung banyak nutrisi seperti protein, karbohidrad, zat besi, dan juga kalsium, bayam juga mengandung banyak vitamin dan juga mineral seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K, fosfor, kalium, natrium, niasin, thiamin, dan juga magnesium.

Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Menurut penelitian bahwa bayam memiliki kandungan seperti klorofil dan klorofil dapat menghambat pertumbuhan karsinogenik, karsinogenik sendiri adalah zat-zat yang dapat memicu kanker.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Bayam mengandung karetonoid, salah satu antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata, mengkonsumsi bayam secara rutin dapat mencengah dari katarak.

3. Mencegah Anemia

Manusia memerlukan asupan zat besi yang cukup, jika tidak maka kita akan terkena anemia, untuk mensiasatinya adalah dengan daun bayam yang banyak mengandung vitamin C dimana berfungsi untuk menyerap zat besi kedalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain dapat menjaga kesehatan mata, bayam juga dapat menjaga kesehatan tulang, karena dalam bayam mengandung vitamin K yang mana berperan penting untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang, bayam juga mengandung mineral seperti magnesium dan fosfor yang baik untuk menguatkan tulang.

5. Mencegah Asma

Menurut penelitian Bayam mengandung Beta-karotin yang dapat mencegah penyakit asma, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi bayam lebih rendah terkena asma dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsi bayam.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan Vitamin A dalam bayam dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan sel darah putih yang dapat mencegah dari berbagai macam penyakit.

7. Menguatkan Otot

Bayam memiliki kandungan antioksidan seperti C0-Q10 yang berperan penting untuk menguatkan otot, terlebih otot jantung yang dapat terus memompa keseluruh tubuh, kandungan C0-Q10 juga dapat mencegah banyak penyakit seperti gagal jantung, hipertensi, penyakit jantung dan lainnya.

8. Mencegah Pengapuran

Kandungan vitamin K berperan penting dalam proses karboksilasi yang mana berfungsi untuk mencegah pembentukan kapur dalam jaringan.

9. Meningkatkan Metabolisme

Bayam memiliki lebih banyak protein dibandingkan jenis sayuran lainnya, bayam juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengobati luka dan memberikan dorongan metabolisme dalam tubuh dan mendorong semua organ berfungsi pada tingkat yang optimal.

10. Menjaga Syaraf dan Otak

Kandungan Vitamin K pada bayam juga berfungsi untuk menjaga syaraf dan otak untuk sintesis lemak penting yang membentuk selubung mnyelin dalam saraf otak.

11. Mencegah Aterosklerosis

Bayam juga mengandung pigmen yang disebut lutein yang telah terbukti dapat mengurangi terjadinya aterosklerosis yang disebabkan karena pengerasan arteri.

12. Membantu Pertumbuhan

Kandungan Zat besi dalam bayam berperan penting dalam membantu pertumbuhan anak-anak dan remaja, selain itu bayam juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang rawan terkena anemia.

13. Menjaga Kesehatan Kulit

Mengkonsumsi bayam dapat menjaga kesehatan kulit karena bayam mengandung antioksidan dapat memberikan perlindungan pada kulit dari radikal bebas yang ada di udara.

14. Mencegah Kelelahan

Selain dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bayam juga dapat membantu mencegah rasa lelah sehabis bekerja atau setelah sakit, bayam juga dapat meningkatkan jumlah energi, kandungan zat besi pada bayam juga membantu meningkatkan produksi oksigen dalam tubuh.

15. Membantu Perkembangan Janin

Bayam memiliki kandungan folat yang penting untuk perkembangan janin yang sedang tumbuh dalam kandungan, terutama pengembangan pada sistem saraf nya.

Ibu hamil juga disarankan untuk lebih banyak untuk mengkonsumsi bayam karena kandungan Vitamin A pada bayam sangat diperlukan untuk ibu hamil guna perkembangan paru paru janin yang dapat disalurkan ketika menyusui.

Itulah pembahasan tentang kandungan dan manfaat bayam untuk kesehatan, semoga pembahasan diatas dapat menambah pengetahuan anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Related posts: