12 Manfaat Daun Anting-anting untuk Kesehatan

Posted on

Daun Anting-anting – Daun anting-anting berasal dari tanaman anting-anting yang termasuk tanaman semak. Beberapa daerah di Indonesia menyebutnya berbeda. Orang Sunda menyebut tanaman anting-anting dengan nama rumput kokosan.

Tanaman ini dapat mencapai ketinggian 1 meter dengan bentuk daun oval hijau dan ujung nya lancip. Sepintas, daun anting-anting menyerupai terompet berbentuk mangkuk.

Daun-Anting-anting
Daun Anting-anting

Setelah diteliti lebih lanjut, ditemukan bahwa daun anting-anting mengandung banyak senyawa berkhasiat. Kandungan daun ini adalah tanin, saponin, flavonoid, alkaloid dan dengan beberapa fungsi kesehatan bagi tubuh.

Meski rasanya pahit, daun ini terasa dingin saat dikonsumsi dan menyejukkan tenggorokan. Anda bisa menanam tanaman anting-anting di rumah untuk persedian obat herbal dengan memetik daunnya dan mengolahnya menjadi racikan obat.

Manfaat Daun Anting-anting

Obat Disentri

Keuntungan dari daun anting-anting untuk pengobatan disentri. Daun yang satu ini mampu menjadi obat herbal alami untuk mengatasi disentri. Anda tidak akan mengalami efek samping dari daun anting-anting ini.

Mengatasi Batuk

Khasiat daun anting-anting ampuh terhadap batuk. Daun ini bermanfaat untuk meredakan batuk dengan mengencerkan dahak di tenggorokan. Hal ini memungkinkan dahak mudah dikeluarkan.

Mengobati Luka Pada Kulit

Khasiat daun anting-anting untuk luka yang efektif menyembuhkan luka pada kulit. Daun ini mempercepat penyembuhan luka, menghentikan pendarahan dan mengeringkan luka secara alami dan cepat.

Mengatasi Diare

Khasiat daun anting juga bermanfaat sebagai obat diare. Daun ini memiliki fungsi antibakteri yang kuat. Bakteri dalam sistem pencernaan Anda dikeluarkan dari tubuh sehingga diare berhenti.

Menghentikan Muntah Darah

Khasiat daun anting-anting dapat menghentikan muntah darah. Daun anting-anting ini mengatasi mual di perut Anda dan membantu tubuh untuk menghentikan pendarahan dari mulut, sehingga tidak ada muntah darah yang dipicu.

Obat BAB Berdarah

Manfaat daun anting-anting juga baik untuk mengatasi kesulitan BAB atau buang air besar. BAB yang terlalu parah dapat menyebabkan perdarahan dan infeksi.

Mengatasi Dermatitis

Daun anting-anting sering digunakan sebagai obat herbal dalam pengobatan penyakit, salah satunya adalah dermatitis. Kandungan daun ini efektif untuk menyembuhkan dermatitis.

Obat Eksim

Kegunaan daun anting-anting sebagai obat dapat menjadikan Anda obat untuk eksim. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa daun ini cukup kuat untuk meredakan eksim yang menyerang tubuh Anda.

Melancarkan Saluran Kemih

Mirip dengan khasiat daun lainnya, daun anting-anting dapat membuat saluran kemih lebih lancar. Sifat antibakterinya dapat membunuh bakteri di saluran kemih sehingga tidak menyebabkan infeksi saluran kemih.

Anti Inflamasi

Antiinflamasi adalah fungsi atau sifat daun anting-anting dalam pengobatan berbagai jenis peradangan. Peradangan yang terjadi di tubuh Anda dapat disembuhkan dengan manfaat dari daun yang satu ini.

Mengobati Penyakit Kulit

Zat antiseptik pada daun anting-anting mudah menghilangkan bakteri yang ada di luka tubuh Anda, karena penyakit kulit seperti gatal dan kudis. Jadi Anda bisa menempelkan daun anting-anting pada bagian tubuh yang terluka dan gatal.

Mengobati Mimisan

Daun anting-anting memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada organ tubuh, termasuk pencernaan dan lainnya. Jadi itu efektif untuk menyembuhkan mimisan.

Demikianlah pembahasan tentang daun anting-anting semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: