Bunga Kenanga : Ciri, Manfaat dan Mitos Bunga Kenanga

Posted on

Bunga Kenanga : Ciri, Manfaat dan Mitos Bunga Kenanga – Bunga kenanga adalah nama untuk jenis bunga dan tanaman yang menghasilkannya. Selain itu, juga dikenal sebagai Kenanga perdu (Cananga odorata fruticosa), yang banyak ditanam sebagai hiasan di taman asli.

Batang pohon kenanga lurus, dengan kayu keras dan cocok untuk bahan kedap suara (akustik). Membutuhkan sinar matahari penuh atau sebagian dan lebih suka tanah asam di habitat aslinya di hutan tadah hujan. Daunnya panjang, halus dan berkilau. Bunganya berwarna hijau kekuningan (ada juga yang jarang mengenai kubus), keriting seperti bintang laut dan mengandung minyak berduri, Canangaƶl yang harum.

Bunga-Kenanga
Bunga Kenanga

Ylang-ylang juga merupakan tanaman tetapi tidak setinggi pohon kenanga biasa. Semak kenanga, yang biasanya ditanam di pekarangan, hanya bisa mencapai ketinggian tiga meter.

Kenanga biasa adalah tanaman asli di Indonesia dan ylang-ylang adalah tanaman asli Filipina. Kenanga juga biasa ditanam di Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia. Di Indonesia, bunga kenanga memainkan peran utama dalam upacara-upacara khusus, seperti upacara pernikahan.Kenanga adalah identitas flora Aceh dan provinsi Sumatera Utara.

Ciri-ciri Bunga Kenanga

Klasifikasi bunga kenanga

  1. Kingdom: Plantae (tanaman)
  2. Subkingdom: Trcacheobionta (tanaman pembuluh darah)
  3. Divisi Super: Spermatophyta (menghasilkan biji)
  4. Divisi: Magnoliophyta (tanaman berbunga)
  5. Kelas: Magnoliopsida (dua potong / Dicot)
  6. Subkelas: Magnoliidae
  7. Ordo: Magnoliales
  8. Keluarga: Annonaceae
  9. Genus: Cananga
  10. Jenis: Cananga adorata (Lamk) Hook.

Morfologi tanaman berbunga Kenanga dapat dilihat berdasarkan karakteristik tanaman berbunga termasuk.

Akar

Tanaman berbunga kenanga ini memiliki sistem akar filamen meruncing panjang 50-60 cm atau lebih dan memiliki akar kecoklatan. Akar tanaman ini bermanfaat untuk mendukung tanaman, juga lebih kuat dan juga membantu menyerap unsur air di dalam tanah.

Batang

Batangnya besar, berkayu, dengan diameter 50-70 cm atau lebih, berwarna kecoklatan dan abu-abu, panjang batang mencapai 10-20 m. Batang juga memiliki banyak cabang untuk menyangga daun di tanaman berbunga kenanga.

Daun

Daun tunggal, oval, lonjong, pangkal daun meruncing dan daun lateral hampir mirip dengan jantung. Panjang daun mencapai 10-23 cm dengan lebar 4-14 cm. Permukaan daun memiliki tekstur halus, hijau muda sampai tua dan pengulangan yang tampak berwarna keputihan.

Bunga

Bunga kenanga yang sempurna atau lengkap dengan benang sari, putik, kelopak bunga dan batang bunga. Bunga ini terdiri dari 6 daun dan memiliki aroma yang menyengat atau khas. Bunga ini kehijauan sampai kekuningan, yang diimbangi oleh 6-10 tunas di tangkai.

Buah

Buah oval, bertubuh kental, kehitaman dan coklat tua, dengan ukuran 2-3 cm atau lebih. Biji sekitar 8-12 biji atau lebih hadir dalam buah, tergantung pada ukuran dan varietas buah. Biji ini bulat, pipih, berpasir, halus dan memiliki warna kehitaman.

Manfaat Bunga Kenanga

Sebagai Aromaterapi

Bunga kenanga memiliki kandungan minyak atsiri yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk menghasilkan parfum aromaterapi. Diyakini bahwa kandungan minyak membantu pengaturan kelenjar adrenal, yang ada didalam sistem syaraf.

Pada akhirnya, ini dapat berdampak, misalnya, timbulnya perasaan tenang dan senang serta menghilangkan perasaan panik, takut dan marah.

Membantu Mengatasi Kulit Kering

Bunga kenanga yang memiliki warna kuning dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam produksi sabun. Biasanya digunakan untuk menyeimbangkan minyak didalam tubuh. Sangat baik digunakan dengan jenis kulit kering.

Sebagai Scrub Tubuh

Penggunaan bunga kenanga telah banyak dimanfaatkan oleh berbagai kelompok orang, terutama pada jaman dulu sebagai bahan perawatan pribadi seperti masker dan scrub. Kandungan minyak dalam bunga kenanga bisa membuat kulit menjadi lembut dan kenyal.

Mencegah Bau Badan

Tubuh yang bau dapat dihilangkan dengan mengonsumsi ramuan bunga Kenanga sampai 20 gram dan gula pasir secukupnya menggunakan air bersih kemudian rebus sampai tinggal setengahnya. Setelah disaring, segera minum herbal ini.

Membantu Menyembuhkan Penyakit Kuning

Sebuah penelitian mengatakan bahwa khasiat bunga kenanga bisa digunakan dalam menyembuhkan penyakit kuning. ramuan bunga kenanga karena alami jadi tidak menimbulkan efek samping.

Caranya adalah dengan merebus 3 kuntum bunga kenanga dengan air panas. Tunggu beberapa saat hingga air mendidih menjadi dingin. Selain itu, penderita penyakit kuning dapat minum air seduhan tersebut +/- 1/3 gelas tiga kali sehari.

Mengatasi Demam Ketika Melahirkan

Wanita yang sesudah melahirkan sering mempunyai masalah kesehatan terutama demam. Hal ini bisa diobati menggunakan bunga kenanga, asam, bunga turi merah, kencur, jahe dan kunyit kemudian ditumbuk hingga halus.

Setelah dihaluskan, tambahkan sedikit garam dan air bersih, lalu oleskan campuran itu sebagai obat gosok di perut atau sebagai obat gosok di bagian belakang. Lakukan ini secara teratur 2 kali sehari.

Dapat Membantu Mengatasi Rematik

Gunakan bunga kenanga sekitar 15 bunga dan kemudian dicampur dengan daun srikaya, daun ketapang, jahe, kapur sirih dan lada. Tumbuh dan gunakan sebagai obat gosok sebelum mandi.

Luka Akibat Gigitan Serangga

Untuk mengatasi ketidaknyamanan gigitan serangga, kita dapat menggunakan hasil tumbukan +/- 2 bunga kenanga, 10 bunga melati, dan 1 bunga mawar. Kemudian tambahkan minyak kelapa. Kemudian oleskan campuran ke bagian yang digigit serangga.

Perawatan Kudis

Bunga kenanga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan kudis atau penyakit kudis. Caranya yaitu dengan merebus 50 gram bunga kenanga lalu direbus sebentar kemudian dioleskan ke tempat kudis bersarang.

Mengatasi Sakit Kepala

Jika kamu mengalami sakit kepala, gunakan campuran jahe dan bunga kenanga dengan diiris dalam +/- 15 gram, dengan 420 ml air. Masak hingga mendidih dan setengah air tersisa. Minum campuran ramuan ketika masih hangat.

Pengobatan Malaria

Malaria juga dapat diatasi dengan secara rutin mengonsumsi campuran herbal bunga kenanga yang telah kering +/- 3 tunas dengan air bersih hingga 200 cc. Setelah agak dingin maka minumlah.

Mengobati Asma

Sesak nafas karena asma dapat diatasi dengan makan campuran 15 gram 200 ml air secara rutin dari ramuan herbal bunga Kenanga yang dibuat dari bunga kenanga yang dimasak hingga hanya +/- 100 ml air yang tersisa. Lakukan ini 2 kali sehari.

Pengobatan Bronkitis

Bronkitis atau radang saluran pernapasan dapat diatasi dengan ramuan bunga Kenanga yang telah direbus bersama dengan umbi bunga lily kering dengan beberapa sentimeter kubik air. Rebus hingga kadar air rebusan hanya setengah. Konsumsi bahan-bahan yang masih hangat ini dilakukan dua kali sehari.

Pengobatan Batuk

Batuk rejan atau batuk pertusis, dapat diatasi dengan minum secara teratur persiapan dari bunga kenanga, umbi dari lili kering dan kerang mandarin dengan beberapa sentimeter kubik air bersih. Rebus sampai airnya tinggal setengah. Konsumsi bahan-bahan ini saat hangat.

Mengatasi Keputihan

Keputihan, yang sangat menyebalkan, juga bisa diatasi dengan ramuan air yang direbus dalam air kenanga, dicampur dengan kulit delima, minum dua hingga tiga kali sehari.

Untuk Mengobati Penyakit Pada Saluran Kemih

Ramuan yang berasal dari bunga kenanga rebus mengandung hingga 20 gram daun kunis kucing, sambitolo dan daun sendok hingga 30 gram, masing-masing direbus dengan 1 liter air bersih hingga hanya setengah dari air yang tersisa. Mengkonsumsi ramuan ini secara teratur 2 kali sehari.

Mengobati Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit menular yang sangat berbahaya. Terlepas dari penggunaan bantuan medis, sangat penting untuk mempraktikkan pengobatan alternatif untuk mengatasi gangguan tersebut. Salah satunya adalah konsumsi campuran herbal bunga kenanga dengan air matang (hingga 30 g) dengan 20 g jahe dan 15 g bangle dalam 600 ml air. Setelah air mendidih dan hanya tersisa setengah dan masih dalam keadaan hangat, segera minum campurannya.

Menyembuhkan Jerawat

Jika kalian mempunyai masalah jerawat, cukup gunakan minyak bunga kenanga dalam mengatasinya. Minyak bunga ini dengan cepat menghilangkan dan mempercepat proses penyembuhan jerawat tanpa mengeringkannya dan meninggalkan bekas di kulit wajah.

Menjadi Lulur Wajah

Bunga kenanga sudah sejak lama digunakan sebagai alternatif lulur bagi para wanita. Ekstrak bunga kenanga jika dijadikan masker bisa mengembalikan kelembutan dan kehalusan kulit.

Mitos Bunga Kenanga

Penangkal Ilmu Hitam

Mitos menanam bunga kenanga di depan rumah pertama dipercaya dapat menjadi penangkal ilmu hitam. Penghuni rumah yang memiliki tanaman bunga Cananga dilindungi dari berbagai jenis ilmu hitam yang dimaksudkan. Baik itu santet, guna-guna, sihir teluh, dan berbagai jenis ilmu hitam lainnya.

Ingatlah bahwa kita memiliki Pencipta untuk meminta perlindungan dari hantu dan ilmu hitam. Dalam agama yang kita yakini juga dapat melindungi kita dengan berdoa dan membaca ayat-ayat suci untuk menghindari berbagai ilmu hitam.

Sebagai Media Pelet

Selanjutnya, mitos menanam bunga kenanga di depan rumah dapat digunakan sebagai media untuk memelet seseorang. Tujuannya adalah agar orang yang dituju tunduk pada pemelet dan mematuhinya. Tentu saja, berbagai jenis ilmu pengetahuan seperti ini tidak baik untuk kita.

Jika Anda ingin membuat seseorang mencintai anda, perlakukan dia dengan baik. Biarkan diri Anda tersentuh oleh pendekatan yang telah dibuat. Bersikap baik dan tunjukkan kepribadian yang baik untuk membuat orang lain senang dengan kita.

Hindari Gangguan Jin

Kenangan bunga dikenal wangi dan harum. Mitos mengatakan bahwa aroma bunga kenanga yang ditanam di depan rumah ini bisa menjadi penangkal gangguan jin pada penghuni rumah. Sehingga penghuninya terlindungi dari segala pengaruh negatif dan energi buruk di rumah.

Seperti disebutkan sebelumnya, minta Allah SWT untuk perlindungan dari hal-hal yang tidak terlihat. Berlindung dengan ayat-ayat Alquran untuk menghindari gangguan jin yang tidak diinginkan.

Mendatangkan Jodoh / Menjauhkan Jodoh

Mitos penanaman bunga kenanga di depan rumah lain yang beredar di tengah-tengah masyarakat adalah, katanya, bunga kenanga yang ditanam di depan rumah dapat memudahkan kedatangan belahan jiwa bagi penghuni rumah yang masih lajang.

Nah, ada juga mitos yang beredar dengan kebalikan dari mitos ini. Akan sulit menemukan pasangan atau pasangan akan dijauhkan ketika tanaman ini ada di depan rumah. Jadi membingungkan bukan? Dengan harapan mendapatkan jodoh, jodoh malah menjauh. Kedatangan pasangan juga harus dengan usaha sendiri. Tidak dengan hal-hal mistis seperti itu.

Anda masih lajang, mencoba melihat bagaimana Anda mendapatkan pacar impian dan apakah ada indikasi bahwa dia adalah belahan jiwa kita atau tidak. Belahan jiwa datang karena dijemput, bukan dengan cara-cara mistis.

Dapat Melariskan Dagangan

Mitos lain yang dipercayai tentang bunga kenanga adalah bahwa ia bisa menjadi melariskan barang dagangan. Barang-barang terjual laris manis dan laku keras, sehingga menghasilkan laba tinggi. mengundang banyak pengunjung untuk membeli barang dagangan.

Tentu saja, apakah kita dapat menjual barang kita atau tidak tergantung pada banyak faktor. Sebagai contoh harga yang ditawarkan, baik atau buruk kualitas barang yang dijual dengan berbagai gaya dan pilihan yang biasanya dapat menarik banyak orang untuk mampir dan membeli. Dan selalu berdoa untuk berkah kepada Allah SWT.

Demikianlah pembahasan tentang bunga kenanga, ciri-ciri, Manfaat serta mitos dari bunga kenanga semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Lainnya