Cara Merawat Tanaman Hias

Posted on

Cara Merawat Tanaman Hias – Bagi para pecinta kebun, aktivitas menaman dan merawat tanaman hias merupakan sebuah hobi yang menyenangkan. Selain kita bisa menghiasi serta menanam tanaman hias sesuka hati dipekarangan rumah, proses seperti membeli bibit, menanam serta merawat tanaman hias menjadi tanaman yang tumbuh dengan subur dan warna tanaman hias yang indah serta wangi.

Tapi jika kita tidak merawat tanaman hias tersebut dengan baik malah bisa membuat kita stres lho, seperti contoh tanaman hias yang kita tanam tidak tumbuh dengan baik dan juga menjadi layu, bisa jadi kamu salah dalam merawat tanaman hias tersebut, terkadang ada tanaman yang membutuhkan perhatian khusus untuk dapat tumbuh dengan baik.

Oleh karena itu anda perlu tahu cara merawat tanaman hias yang baik, supaya anda tetap nyaman dalam berkebun dan mendapat banyak manfaat dari tanaman hias yang anda tanam.

Merawat-Tanaman-Hias
Merawat Tanaman Hias

Berikut Cara Merawat Tanaman Hias

1. Penyiraman Tanaman Hias

Penyiraman-Tanaman-Hias
Penyiraman Tanaman Hias

Sebenarnya cara merawat tanaman hias tergantung dari jenis tanaman hias tersebut dan juga cara dan waktu penyiraman yang baik, jadi sebaik nya kamu harus tahu kebutuhan air untuk tanaman hias dikebun mu.

Menyiram tanaman hias juga tidak sembarangan jika kamu menanam tanaman hias terlalu sedikit akan membuat tanaman menjadi layu dan mati, sebaliknya jika menyiram tanaman hias terlalu banyak juga tidak baik karena dapat membuat akar tanaman membusuk.

Karena itu berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penyiraman untuk tanaman hias

  1. Siram tanaman secara rutin pada pagi serta sore hari, agar tanaman memiliki cadangan air untuk menghadapi siang hari yang terik.
  2. Dalam menyiram tanaman sebaiknya dilakukan pada beberapa bagian tanaman yang lain, jangan menyiram terfokus pada satu tempat.
  3. Menyiram tanaman secukupnya saja, jangan terlalu basah karena malah akan mendatangkan penyakit.
  4. Hindari menyiram yang membuat media tanam tergenang, karena dapat menghambat oksigen dan membuat tanaman hias mudah rusak.

2. Penyinaran Matahari

Penyinaran-Matahari
Penyinaran Matahari

Tanaman hias yang kita tanam membutuhkan sinar matahari untuk proses fotositensis, baik itu tanaman hias outdoor maupun tanaman hias indoor membutuhkan kadar sinar matahari, namun sama hal nya dalam penyiraman air tanaman yang mendapat sinar matari secara berlebihan juga merupakan hal yang salah, karena dapat membuat tanaman hias menjadi layu, terbakar dan kekeringan.

Kita harus mengetahui kebutuhan tanaman hias akan sinar matahari yang ideal dengan begitu tanaman hias kita akan selamat dari kekeringan dan layu, umumnya tanaman hias membutuhkan 4 – 5 jam sinar matahari langsung, sedangkan tanaman buah serta sayuran membutuhkan sinar matahari langsung sekitar 6 jam setiap harinya.

Berbeda dengan tanaman yang dapat tumbuh dengan sedikit mendapat sinar matahari seperti tanaman pakis dan tanaman sejenis nya, tanaman tersebut hanya membutuhkan sekitar 2 jam sinar matahari langsung.

3. Pengontrolan Suhu dan Kelembaban

Pengontrolan-Suhu-Dan-Kelembaban
Pengontrolan Suhu Dan Kelembaban

Semua jenis tanaman, baik tanaman buah, tanaman sayur, tanaman bunga dan juga tanaman hias pasti membutuhkan suhu dan kelembaban yang  ideal untuk pertumbuhan yang optimal, kita harus rajin mencari tahu tentang suhu dan kelembaban yang pas untuk tanaman hias kita, agar tanaman hias yang kita miliki tidak tumbuh pada cuaca dan tempat yang salah, memilih tanaman hias juga harus sesuai dengan iklim dan kondisi tanah dipekarangan rumahmu.

Seperti contoh tanaman hias dingan tidak cocok ditanam pada pekarangan rumahmu yang beriklim tropis.

4. Pemberantasan Hama dan Penyakit

Pemberantasan-Hama-dan-Penyakit
Pemberantasan Hama dan Penyakit

Banyak cara dalam merawat tanaman hias dan juga memberantas hama. berikut hal-hal yang harus diperhatikan

  1. Menjaga tanah agar tetap baik dengan memberikan nutrisi alami, seperti pupuk kandang dan juga kompos.
  2. Menanam dengan banyak tanaman hias, yaitu menanam tanaman hias dengan berbagai jenis dalam satu musim, hal inimembuat tidak ada sarang hama yang masih tertinggal.
  3. Berikan pupuk, cahaya matahari dan penyiraman secara rutin agar mambantu pertumbuhan tanaman hias secara optimal.
  4. Rajin membersihkan hama dan rumput ilalang disekitar tanaman hias.

Menghindari tanaman hias dari hama dan penyakit memang gampang-gampang susah terutama untuk hama musiman, untuk itu perlu pengontrolan secara rutin.

5. Hindari Pupuk Kimia

Hindari-Pupuk-Kimia
Hindari Pupuk Kimia

Cara merawat tanaman hias yang baik adalah dengan merawat menggunakan bahan – bahan yang alami, misalnya memberi pupuk alami serta perawatan nya bebas dari bahan kimia yang berbahaya.

Bahkan banyak para ahli tanaman yang menyarankan merawat tanaman menggunakan bahan alami seperti pupuk kandang, pupuk daur ulang kompos alami, dan nutrisi yang alami juga.

Menggunakan pupuk alami membuat tanaman hias kita dapat tumbuh subur secara alami dan tidak mudah layu serta dapat tahan terhadap berbagai macam penyakit.

6. Pemberian Tambahan Nutrisi Tanaman

Pemberian-Tambahan-Nutrisi
Pemberian Tambahan Nutrisi

Agar tanaman hias dapat tumbuh dengan baik dan optimal maka perlu diperhatikan juga nutrisi untuk tanaman hias kita, ada sekitar 6 nutrisi agar tanaman hias anda dapat tumbuh dengan sempurna yaitu nitrogen, fosfor, potassium. kalsium, magnesium serta sulfur, nutrisi tersebut bisa anda dapatkan semuanya didalam tanah, untuk itu rutinlah dalam mengganti tanah secara berkala.

Dengan adanya nutrisi tersebut tanaman hias yang ditanam dapat tumbuh dengan optimal, subur dan tidak mudah layu serta tahan terhadap berbagai macam penyakit.

7. Menjaga Kebersihan Disekitar Tanaman Hias

Menjaga-Kebersihan-Disekitar
Menjaga Kebersihan Disekitar

Menjaga kebersihan merupakan hal yang juga penting untuk pertumbuhan tanaman, bersihkan tumpukan sampah bekas plastik dan bahan- bahan yang tidak dapat terurai dengan baik.

Bersihkan juga tanaman hias dari tanaman pengganggu, serta bersihkan dahan tanaman hias yang patah, memangkas tanaman hias agar terlihat rapi.

Demikianlah cara merawat tanaman hias yang dapat tumbuh secara optimal jika tahu cara merawat tanaman hias yang kita miliki dengan baik, selamat berkebun dan semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Related posts: