12 Manfaat Daun Bakung untuk Kesehatan

Posted on

Daun Bakung – Daun bakung adalah sejenis daun yang tanamannya digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman ini tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga telah merambah wilayah Eropa. Bagian dari tanaman ini yang sangat berguna untuk pengobatan adalah daunnya.

Daun bakung bentuknya panjang dengan warna hijau tebal seperti rumput. Jumlah daunnya tumbuh lebat kuat di antara gagang bunga.

Daun-Bakung
Daun Bakung

Bunga bakung ini tidak sulit ditemukan karena sering dijual di pasar tradisional dan di toko sayuran. Jenis daun ini juga sering digunakan sebagai bahan masakan, terutama sayuran seperti sup atau soto.

Ternyata daun ini bukan hanya sebagai bahan sayuran, tetapi juga daun yang menyehatkan. Daun bakung memiliki beberapa kelebihan dan juga baik untuk kesehatan anda serta mencegah beberapa penyakit.

Manfaat Daun Bakung

Obat Sakit Pinggang

Khasiat daun bakung yang pertama adalah sebagai obat herbal yang dapat mengobati rasa sakit di pinggang. Nyeri punggung bawah biasanya terjadi karena otot Anda kaku. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan daun bakung ini.

Mengatasi Luka Memar

Khasiat daun bakung berikutnya adalah daun yang mampu mengatasi memar. Memar pada kulit disebabkan oleh sirkulasi darah yang tidak lancar yang cenderung membeku. Anda dapat menggunakan daun bakung ini untuk mengobatinya.

Mengobati Keseleo

Khasiat daun bakung juga dapat mengobati terkilir. Terkilir disebabkan oleh gerakan yang salah yang menyebabkan ketegangan otot. Obat herbal yang tepat untuk mengobatinya adalah penggunaan daun bakung.

Obat Borok

Khasiat daun bakung untuk pengobatan luar juga mampu mengobati borok. Borok adalah luka pada kulit yang terjadi akibat infeksi. Anda harus terlebih dahulu menyembuhkan infeksi. Tempelkan beberapa daun bakung ke bagian yang terkena borok.

Melancarkan Buang Air Kecil

Khasiat daun bakung pada tubuh juga dapat melancarkan buang air kecil. Hampir setiap orang mengalami kesulitan buang air kecil, terutama wanita. Daun yang ini juga dapat mencegah penyakit batu ginjal.

Anti Inflamasi

Daun bakung adalah jenis daun anti-inflamasi yang kuat. Anti-inflamasi adalah fungsi dari daun ini adalah untuk meredakan pembengkakan yang disebabkan oleh respons tubuh Anda untuk melawan suatu penyakit. Pembengkakan ini bisa sangat mengganggu, jadi Anda harus mengatasinya dengan bantuan daun bakung ini.

Mengatasi Pembengkakan kelenjar limpa

Fungsi terpenting atau keuntungan utama daun bakung adalah mengatasi pembengkakan kelenjar limpa. Limpa adalah organ tubuh yang cukup besar yang berada di dekat rongga perut. Organ ini sering mengalami pembengkakan.

Mencegah Rematik

Daun bakung juga mampu mencegah penyakit, salah satunya adalah rematik. Rematik adalah penyakit yang menyerang tulang dan terasa sakit. Daun ini bertindak sebagai penghilang rasa sakit.

Melancarkan ASI

Daun bakung juga efektif untuk wanita hamil pasca melahirkan. Daun ini membantu ibu hamil untuk meningkatkan jumlah ASI sehingga bayi tidak kekurangan asupan gizinya yang pertama.

Menetralisir Racun

Daun bakung adalah jenis daun yang juga berguna untuk menetralkan racun dalam tubuh. Racun yang mengendap akan memicu berbagai penyakit yang tidak Anda ketahui. Untuk alasan ini, hal yang pertama harus dicegah.

Mengatasi Gangguan Mata

Mata berair, mata kering, gatal dan pandangan kabur adalah beberapa gejala yang terjadi ketika mata Anda mulai mempengaruhi kesehatan Anda. Terutama bagi mereka yang berkerja dengan komputer dan perangkat setiap hari, dapat dipastikan bahwa gangguan kesehatan mata akan menginfeksi. Daun bakung yang mengandung vitamin A dapat menjaga kesehatan mata anda dengan baik.

Mengatasi Gangguan Tidur

Masalah kesehatan yang memengaruhi banyak anak muda biasanya adalah gangguan tidur. Ingat, gangguan tidur bukan hanya tentang kesulitan tidur. Namun, orang yang tidur terlalu mudah juga cukup merupakan gangguan tidur. Untuk mengatasi gangguan tidur, diyakini bahwa daun bakung mampu mengatasi berbagai keluhan tentang gangguan tidur.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: