5 Cara Budidaya Daun Janggelan dan Manfaat Daun Janggelan

Posted on

Daun Janggelan – Tanaman Janggelan mungkin masih belum diketahui oleh masyarakat. Namun, jika Anda menamakannya cincau hitam, hampir semua orang tahu makanan ini. Nah, asal tahu saja, daun janggelan adalah bahan pokok untuk membuat cincau hitam.

Karena tanaman ini kaya serat, dan dapat juga mengobati berbagai penyakit seperti demam, sakit perut, diare, batuk, gangguan pencernaan dan tekanan darah tinggi. Selain Indonesia, khasiat daun janggelan juga dikenal di Filipina, Taiwan, Cina, dan Korea.

Daun-Janggelan
Daun Janggelan

Tidak mengherankan, daun Janggelan banyak diekspor ke negara-negara ini. Akibatnya, permintaan daun Janggelan meningkat dari tahun ke tahun. Alhasil, budidaya tanaman ini menjanjikan keuntungan yang semakin signifikan.

Berikut Cara Budidaya Daun Janggelan

Persiapan Lahan Tanam

Sebelum penanaman, tanah yang akan ditanam diolah terlebih dahulu dibersihkan dari tanaman yang mengganggu seperti gulma dan rumput liar sampai ke akarnya. Jangan lupa setelahnya untuk membuat lubang tanam dengan jarak 50 cm × 50 cm, pupuk setiap lubang tanam dengan pupuk dasar. Perkiraan. 6-9 ton pupuk kandang Dibutuhkan per hektar lahan.

Persiapan Bibit Daun Janggelan

Pilih bibit yang berasal dari rumpun cincau hitam tua dan pasti memiliki air dengan ketinggian sekitar 15 hingga 20 cm. Kemudian siapkan 2,5 hingga 3 ton stek cincau hitam untuk 1 hektar.

Penanaman Daun Janggelan

Tanaman cincau hitam ini membutuhkan air dan kondisi tanah untuk tumbuh juga memiliki kadar air yang cukup. Menanam bibit cincau hitam harus lebih baik di awal musim hujan. Tanam 2 hingga 3 biji stek cincau ke dalam setiap lubang tanam yang sudah disiapkan. Ketika benih cincau berumur sekitar 5 hingga 20 hari setelah tanam, daun hijau baru akan muncul.

Perawatan Daun Janggelan

Pada tahan pemeliharaan, yang harus dilakukan, yaitu:

Pemupukan Awal

Ketika tanaman berumur sekitar satu bulan, tanaman tersebut harus diberi pupuk dengan pupuk N dan P dalam perbandingan 2: 1. Secara umum, 1 hektar lahan membutuhkan 132 kg pupuk untuk pupuk N dan 68 kg untuk pupuk P. Setiap tanaman menerima 0,5 hingga 1 sendok makan pupuk dalam lubang 10 hingga 15 cm dari tanaman.

Pemupukan II

Setelah tanaman berumur 2 bulan, lakukan pemupukan kedua. Sebagai aturan, pupuk ini diterapkan langsung ke tanaman cincau hitam dengan sejumlah tanaman pada jarak 20 hingga 25 meter dari tanaman cincau hitam.

Penyiangan

Penyiangan dilakukan pada tanaman yang mengganggu seperti gulma atau tanaman liar yang tumbuh di sekitar tanaman cincau hitam, sehingga pertumbuhan tanaman cincau tidak terganggu.

Hama dan penyakit

Hama yang biasa menyerang tanaman cincau adalah ulat daun, uret, ulat Jengkal dan sayap putih. Jika kondisinya tidak parah, ulat dapat dihilangkan secara manual. Namun, dalam kondisi yang parah, cukup gunakan pestisida dengan menyemprotkannya.

Sedangkan penyakit biasa yang menimpa tanaman cincau adalah penyakit bubuk batang. Penyakit ini mempengaruhi umur tanaman hingga 10-20 hari, ketika serangan penyakit dapat diatasi secara langsung dengan fungisida.

Waktu Panen Daun Janggelan

Daun janggelan biasanya menumbuhkan bunga sekitar 4 bulan setelah tanam. Saat panen, tanaman tua dipotong dengan sabit atau alat lain dan dikeringkan untuk dijemur.

Bibit tanaman cincau muda dapat dibiarkan sendiri sehingga mereka dapat tumbuh seperti tanaman induk.

Biasanya 1 hektar cincau hitam dapat menghasilkan sekitar 7,5-9 ton cincau basah atau 1,5 ton cincau kering.

Manfaat Daun Janggelan Untuk Kesehatan

Mengobati Batuk

Manfaat kesehatan pertama dari daun janggelan adalah menghilangkan batuk. Kandungan serat yang dikandungnya, bersama dengan banyak bahan sehat lainnya, telah terbukti segera meredakan batuk. Pantas untuk dicoba, bukan?

Mencegah Hipertensi

Berdasarkan penelitian oleh Prof. dr. Sardjito, seorang profesor FK UGM, menemukan bahwa pasien tekanan darah tinggi mengalami penurunan tekanan darah setelah minum jus daun janggelan biasa dua kali sehari. Tidak hanya itu, diketahui juga bahwa cincau hitam menurunkan kolesterol tubuh Anda, yang merupakan salah satu penyebab tekanan darah tinggi.

Mengatasi Perut Kembung

Angin di malam hari atau dalam cuaca dingin dapat menyebabkan kondisi di mana perut dipompa oleh gas yang berlebihan. Mengkonsumsi cincau hitam dapat mengatasi hal ini karena kandungan seratnya secara efektif membersihkan saluran pencernaan dan gas yang terkandung di dalamnya.

Pengobatan Panas Dalam

Manfaat kesehatan dari cincau hitam adalah untuk meringankan gejala panas dalam, seperti bibir kering, sakit tenggorokan, dan sariawan. Tentu saja Anda tahu bahwa panas yang dalam disebabkan oleh tubuh yang kekurangan cairan dan serat. dan daun cincau hitam memiliki dua bahan ini sehingga dapat menangani panas dalam dengan segera.

Mengurangi risiko diabetes

Manfaat kesehatan lainnya dari cincau hitam terkait dengan menjaga kadar gula darah. Kandungan serat larut air dapat mengikat kelebihan lemak dan gula dalam darah Anda. Selain itu, kandungan gulanya sangat rendah, sehingga dengan memakannya Anda tidak mendapatkan terlalu kelebihan gula.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Seperti yang telah disebutkan, kandungan serat dalam cincau hitam dapat membersihkan organ pencernaan secara keseluruhan. Karena itu, masalah pencernaan seperti sembelit, mulas dan diare bisa diatasi dengan mengonsumsi cincau hitam

Baik Untuk Diet

Manfaat kesehatan dari cincau hitam adalah untuk memperlancar diet Anda. Cincau itam, yang mengandung karbohidrat, fosfor, kalsium, dan berbagai vitamin, adalah suplemen yang baik untuk diet Anda. Selain itu, cincau kaya akan serat dan mineral, sehingga bisa dimakan dengan aman saat diet.

Melawan Tumor dan Kanker

Berdasarkan penelitian terbaru, daun cincau hitam efektif dalam menghilangkan zat kanker berbahaya dalam tubuh. Tidak hanya itu, ekstrak cincau juga efektif membunuh sel kanker darah, hingga 55-90%. Dikatakan bahwa cincau dapat membunuh sebanyak 3 sel kanker lainnya, yaitu kanker serviks, kanker payudara dan kanker paru-paru. Bagus kan?

Mengatasi Asam Lambung

Terakhir, manfaat kesehatan dari cincau adalah mengatasi asam lambung. Tahukah Anda bahwa kadar vitamin C dan antioksidan dalam klorofil pada cincau dapat membantu mengatasi peradangan lambung? Kedua senyawa tersebut memperkuat dinding perut untuk membunuh bakteri yang menyebabkan asam lambung. Cincau juga baik untuk mengobati naiknya asam lambung.

Demikianlah pembahasan tentang daun janggelan semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: