10 Jenis Tanaman Obat Jantung Bengkak (100% Alami)

Posted on

Tanaman Obat Jantung Bengkak – Penyakit jantung bengkak bukan masalah ringan. Bagi Anda yang menderita kondisi ini, harus segera diperbaiki agar kondisinya tidak memburuk dan penyembuhan menjadi semakin sulit. Tapi Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan ramuan ini untuk pengobatan bengkak jantung.

Secara umum, kondisi jantung yang bengkak adalah penyakit yang menyebabkan pembengkakan organ jantung. sehingga memperbesar organ jantung bahkan melebihi ukuran normal. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang menderita jantung bengkak, termasuk:

  1. Memiliki riwayat kolesterol dan tekanan darah tinggi
  2. Adanya Gangguan pada katup jantung
  3. Anemia
  4. Otot jantung (kardiomiopati) memiliki masalah

Dan tidak hanya itu, gaya hidup yang tidak sehat ditambah dengan asupan makanan yang tidak memadai juga dapat menyebabkan pembengkakan jantung.

Berikut Merupakan Tanaman Obat Jantung Bengkak

Acai Berry

Tanaman-Obat-Acai-Berry
Tanaman Obat Acai Berry

Data yang dikeluarkan oleh Studi Faktor Risiko Penyakit Jantung Disease Risk Factor Study (KIHD) menunjukkan bahwa risiko kematian akibat penyakit jantung bengkak secara signifikan lebih rendah pada orang yang sering mengonsumsi acai berry. Hasil penelitian ini dilakukan pada 1.950 pria yang diberi asupan acai berry > 408 g / hari.

Ini karena kandungan senyawa antosianin dalam acai berry dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menghancurkan plak yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, senyawa antosianin mengandung banyak antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan penyakit jantung bengkak sehingga dapat mencegah terjadinya penebalan otot jantung.

manggis

Tanaman-Obat-Manggis
Tanaman Obat Manggis

Beberapa peneliti telah mengungkapkan hasil penelitian mereka bahwa CRP (protein C-reaktif) mungkin menjadi penyebab utama penyakit jantung bengkak. Penelitian ini dilakukan pada 28.000 wanita yang tidak pernah menderita penyakit jantung bengkak. Hasil penelitian ini, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, secara mengejutkan menunjukkan bahwa kadar CRP yang tinggi merupakan pemicu penyakit jantung bengkak yang lebih kuat daripada kadar LDL dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, Biomed Central, menunjukkan bahwa kandungan manggis dapat menurunkan kadar CRP dalam tubuh. Jay Udani, M.D. Menurut sebuah studi oleh Medicus Research, California, yang dilakukan dengan timnya, orang yang secara teratur minum setengah liter jus manggis per hari dapat secara signifikan menurunkan kadar CRP. Ini karena kandungan senyawa dalam manggis seperti xanthones, alpha mangostin dan gamma mangostin ditemukan.

Xanthones pada buah manggis memiliki sifat penyembuhan dan anti-inflamasi yang kuat yang melindungi tubuh manusia dari penyakit jantung bengkak, mencegah penuaan dini dan mendorong proses regenerasi sel yang dirusak oleh radikal bebas.

Mahkota Dewa

Tanaman-Obat-Mahkota-Dewa
Tanaman Obat Mahkota Dewa

Mahkota dewa merupakan tanaman yang sudah dipercaya salah satu tanaman herbal untuk jantung yang bengkak. Tanaman yang berasal dari Papua dapat tumbuh hingga 3 meter. Di dalam buah mahkota dewa ada banyak senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, seperti saponin, alkaloid, flavonoid dan polifenol. Buah mahkota dewa ini dapat digunakan sebagai obat jantung tradisional yang bengkak.

Untuk membuat komposisi herbal dari tanaman ini, Anda dapat terlebih dahulu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti buah mahkota kering, daun sambiloto kering, daun dewa dan daun pegagan.

  1. Cuci semua bahan yang dibutuhkan secara menyeluruh dan masak dengan air
  2. Biarkan mendidih dan tersisa setengah
  3. Angkat dan saring ramuan
  4. Konsumsi 3 kali sehari

Terong Ungu

Tanaman-Obat-Terong-Ungu
Terong Ungu

Terong ungu sering digunakan sebagai salah satu hidangan lezat. namun siapa sangka jika kandungan didalam nya sangat bagus terutama jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi.

Senyawa dalam terong ungu dapat membatasi penyerapan kolesterol dalam tubuh sehingga tidak melebihi batas. Kandungan asam folat dan Kaliumnnya juga bisa mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. terong ungu juga dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit jantung bengkak.

Buah Mengkudu

Buah-Mengkudu
Buah Mengkudu

Buah mengkudu dapat digunakan sebagai ramuan tradisional yang bisa mengatasi jantung bengkak. Buah mengkudu mengandung antioksidan yang cukup tinggi dalam tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bagi Anda yang sering mengalami kelelahan dan kelesuan akibat pembengkakan jantung, Anda bisa mencoba khasiat tanaman herbal ini. untuk mencampurnya bisa diolah dan disajikan sebagai jus. Tambahkan madu murni agar ramuan tidak terasa pahit. Kemudian konsumsi secara teratur.

Anggur

Anggur
Anggur

St.leger et al. Pada 1979, menunjuk keefektifan anggur terhadap penyakit jantung yang bengkak. Data epidemiologis WHO menunjukkan perbandingan Touloise, Prancis, dan 17 negara barat lainnya, termasuk Amerika Serikat dan Inggris. Di mana orang Prancis memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit jantung bengkak, meskipun mereka mengonsumsi banyak lemak jenuh. Ini karena orang Prancis mengonsumsi anggur.

Anggur mengandung berbagai senyawa polifenol seperti flavonoid, asam fenolik dan resveratrol. Penelitian epidemiologis menunjukkan bahwa makan makanan yang mengandung senyawa ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung bengkak. Sebuah studi terhadap 34.489 wanita di Amerika pasca menopause. Mengingat asupan makanan yang mengandung flavonoid dan anthocyanidins, ada risiko penyakit jantung bengkak yang lebih rendah makanan yang mengandung flavonoid dan anthocyanidins dibandingkan yang tidak.

Black Plum

Black-Plum
Black Plum

Black plum kaya akan vitamin C, asam malat, tanin, dan asam oksalat. Selain itu, black plum menghasilkan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebuah penelitian oleh Universitas Annamalai menunjukkan bahwa black plum dapat meningkatkan hemoglobin (sel darah merah).

Berikut khasiat black plum antara lain:

  1. Mengandung hydroxycinnamate, bahan aktif yang dapat menurunkan kolesterol dan melindungi tubuh dari serangan jantung.
  2. Mengandung potasium, yang dapat mengontrol detak jantung dan tekanan darah serta mencegah aterosklerosis, tekanan darah tinggi, stroke dan penyakit jantung yang bengkak.
  3. Mencegah kerusakan pada pembuluh darah akibat radikal bebas.
  4. Mengandung potasium, yang dapat mengontrol tekanan darah tinggi dan meminimalkan risiko stroke

Acerola

Acerola
Acerola

Acerola memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang tinggi, acerola juga mengandung thiamine, riboflavin, niacin dan antioksidan, yang berkontribusi sangat baik untuk pencegahan penyakit jantung dan arteriosclerosis (arteriosclerosis).

Menurut Hanamura et al. (2008) Acerola mengandung polifenol yang memiliki dampak besar pada penyakit jantung bengkak. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam acerola memainkan peran penting dalam meminimalkan risiko penyakit jantung bengkak.

Temu Giring

Temu-Giring
Temu Giring

Tanaman yang ditemukan di Jawa umumnya digunakan untuk mengobati penyakit jantung. Ini karena kandungan minyak atsiri, tanin, pati, damar, zat pahin, flavonoid dan saponin yang terkandung dalam tanaman temu giring.

Kandungan flavanoid memiliki sifat anti-inflamasi yang cocok untuk membuat obat herbal jantung bengkak.

Bawang Putih

Bawang-Putih
Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya digunakan sebagai bumbu di dapur, tetapi juga memiliki manfaat yang baik sebagai obat herbal dengan hati yang bengkak. Khasiat anti-inflamasi bawang putih dapat meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh pembengkakan otot jantung. Selain kandungan antioksidan,bawang putih juga bisa mengurangi risiko kanker.

Untuk membuat ramuan ini, Anda bisa menyiapkan beberapa siung bawang putih dan kemudian cuci sampai bersih. Campur dengan blender lalu tambahkan sedikit madu. Aduk rata dan ramuan bawang putih siap untuk dikonsumsi.

Demikianlah pembahasan tentang tanaman obat jantung bengkak semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya