12 Jenis Tanaman Obat Mata dan Cara Mengobatinya

Posted on

Tanaman Obat Mata – Mata adalah organ terpenting bagi manusia. Anda dapat membayangkan apa yang terjadi ketika seseorang mengalami masalah kesehatan mata. Semua aktivitas terganggu ketika mata kita bermasalah. Menjaga kesehatan mata adalah hal yang sangat penting, termasuk makan sayur dan buah yang kaya vitamin A. Masalah kesehatan pada mata dapat disebabkan oleh mata yang terlalu lelah, kurang tidur, virus atau infeksi bakteri.

Gangguan pada mata juga disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Ada beberapa jenis masalah kesehatan pada organ mata, termasuk mata merah, mata minus, katarak, iritasi mata, mata bengkak atau mata berair.

Padahal, ada banyak tanaman atau tanaman yang memiliki khasiat untuk pengobatan sakit mata. Beberapa dari mereka terkenal dan bermanfaat.

Alam telah menyediakan berbagai jenis tanaman untuk perawatan. Salah satu herbal paling populer untuk pengobatan penyakit mata adalah daun sirih. Sejak jaman dahulu, daun sirih telah diakui manfaatnya sebagai obat herbal, termasuk mengatasi masalah mata. Selain daun sirih, ternyata ada banyak lagi tanaman yang efektif sebagai obat mata.

Berikut adalah Tanaman Obat Mata

Daun Sirih

Daun-Sirih
Daun Sirih

Daun sirih sebagai obat untuk sakit mata, Biasanya tanaman ini berkembang biak di daerah lembab. Tanaman merambat ini dapat tumbuh hingga 15 meter, tergantung pada seberapa tinggi medianya sebagai tanaman merambat. Bagian dari tanaman yang digunakan sebagai obat mata adalah daun

  1. Cara: Ambil 3 hingga 5 daun muda dan daun segar, cuci lalu masak.
  2. Setelah masak, dinginkan dan tempatkan dalam wadah (baskom).
  3. Masukkan (wajah / mata) mata ditenggelam dan dikedip-kedipkan, ulangi cara ini sampai mata terasa segar.

Kembang Telang

Kembang-Telang
Kembang Telang

Bunga telang sebagai obat untuk sakit mata, Tumbuhan ini sering ditemukan dipekarangan yang bertanah subur, dekat sungai, sering juga ditekukan di sawah dekat sungai.
Ramuan ini efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti abses, bisul, sakit Telilnga, demam, edema dan radang mata merah. Khusus untuk penyembuhan radang mata merah, bunga digunakan sebagai bagian tanaman. Meskipun sangat mudah untuk membuat obat mata dari bunga Telang.

  1. Campur lima bunga Telang dengan 50 ml air.
  2. Proses tersebut menghasilkan air biru yang kental.
  3. Kemudian saring air untuk menghindari serpihan-serpihan bunga terendam.
  4. setelah itu barulah kita dapat menggunakan jus dari air yang disaring sebagai tetes mata.

Tanaman Boroco

Tanaman-Boroco
Tanaman Boroco

Tanaman obat yang satu ini juga termasuk tanaman liar, yang sering ditemukan di sungai, di jalan-jalan pedesaan atau di pekarangan yang ditinggalkan Nama Boroco berbeda di setiap wilayah. Ada orang yang menyebut bayam buludu, jengger ayam dan jawer hayam.

Tanaman Boroco terasa pahit saat dikonsumsi. Bagian tanaman yang biasanya dikonsumsi segar dan kering adalah biji, bunga atau semua bagian tanaman. Ramuan ini efektif untuk menyembuhkan radang mata hipertensi serta infeksi mata eksternal dan internal.

  1. Ramuan untuk pengobatan infeksi mata dalam adalah 10 – 30 gram dan biji Boroco direbus dengan air yang cukup.
  2. Air rebusan tersebut digunakan untuk merimbang mata 2-3 kali sehari.
  3. Sementara itu, infeksi mata luar dapat diobati dengan merebus bunga Boroco dan mencuci mata dengan air matang.

Daun Sendok

Daun-Sendok
Daun Sendok

Daun sendok, juga dikenal sebagai daun kiurat, adalah tanaman herbal yang efektif dalam pengobatan penyakit mata. Daun sendok kaya akan Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Kalium dan Kalsium.

Selain daun sendok, mereka juga memiliki manfaat untuk kesehatan hati, meningkatkan fungsi ginjal dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Untuk menggunakan daun sendok sebagai obat mata, cukup minum air rebusan daunnya.
  2. Caranya dengan merebus segenggam daun sendok segar dengan 4 gelas air bersih.
  3. Rebus daun sampai mendidih sampai air mendidih hanya tinggal 2 gelas. Setelah dingin dan disaring, tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam 1 gelas air mendidih. Minumlah secara teratur 3 kali sehari.

Buah Mengkudu

Buah-Mengkudu
Buah Mengkudu

Buah mengkudu atau pace memiliki banyak manfaat dan khasiat kesehatan. Salah satunya adalah pengobatan penyakit mata.

  1. Caranya : 2 buah mengkudu matang diparut atau dihancurkan.
  2. Tambahkan 1 gelas aren, lalu aduk hingga rata.
  3. Peras dan saring ramuan tersebut untuk mendapatkan airnya.
  4. Minumlah 1 gelas dua kali sehari.

Rumput Mutiara

Rumput-Mutiara
Rumput Mutiara

Rumput mutiara dikenal efektif membersihkan pembuluh darah dari kotoran yang tersumbat. Ketika pembuluh darah bersih dan aliran darah di daerah mata lancar, mata menjadi sehat dan tidak mudah lelah. Cara mengkonsumsi rumput mutiara sebagai obat mata adalah dengan meminum air rebusannya.

  1. Caranya dengan memasak 30 gram rumput mutiara dengan 4 gelas air bersih.
  2. Rebus sampai air mendidih tersisa 2 gelas.
  3. Minum rebusan tiga kali sehari dengan masing-masing 2 gelas.

Daun Melati

Daun-Melati
Daun Melati

Diketahui bahwa daun melati digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan masalah kesehatan di mata, terutama mata Minus.

  1. Caranya cukup sederhana, segenggam daun melati segar ditumbuk hingga halus.
  2. Lalu ditempelkan pada dahi (di sekitar area mata).
  3. Jika daun melati kering, segera ganti dengan yang baru.
  4. Lakukan secara teratur selama proses penyembuhan.

Daun Pegagan

Daun-Pegagan
Daun Pegagan

Daun pegagan mengandung berbagai zat yang meningkatkan kesehatan. Telah diketahui bahwa daun pegagan dapat memperbaiki dan merevitalisasi pembuluh darah dan sel-sel saraf yang rusak di mata.

Daun pegagan juga efektif menyembuhkan mata bengkak. Daun pegagan dapat dikonsumsi sebagai sayuran atau sayuran.

  1. Untuk perawatan mata bengkak terlebih dahulu daun pegagan dihancurkan.
  2. Kemudian diperas untuk mengambil airnya.
  3. Air dari jus daun pegagan digunakan untuk diteteskan dimata.
  4. Hati-hati menggunakannya, lebih baik hubungi para ahli terlebih dahulu.

Tanaman Keben

Tanaman-Keben
Tanaman Keben

Keben memiliki Latin memiliki Barringtonia asiatica Kurz. Tanaman ini adalah tanaman herba asli Papua, yang oleh orang Papua disebut sebagai Rabon pi keben.

Papua menggunakan tanaman keben sebagai obat mata. Bagian tanaman untuk obat mata adalah buah dan biji.

Kitolod

Kitolod
Kitolod

Diketahui bahwa tanaman kitolod memiliki khasiat dalam penyembuhan penyakit mata seperti miopia, mata minus / plus dan katarak. bagian tanaman kitolod yang memiliki keefektifan sebagai obat mata, adalah bunga.

Kitolod (Isotoma ongiflora atau Laurentina longifora) mengandung senyawa alkaloid, yaitu lobeline, lobelamine dan isotomine. Daun kitolod mengandung alkaloid, saponin, flavonoid dan polifenol.

Jus sayur chitolod mengandung racun, tetapi Ki Tolod juga memiliki antiinflamasi, anti kanker, analgesik dan dapat menghentikan pendarahan.

Daun Dewa

Daun-Dewa
Daun Dewa

Daun dewa selain dapat menurunkan kolesterol juga bermanfaat dalam pengobatan penyakit mata. Diketahui bahwa daun dewa dapat mengatasi pembekuan darah dan aliran darah.

Untuk mempercepat aliran darah di mata, air rebusan diminum dari daun dewa.

  1. Caranya dengan memasak 5 lembar umbi Tuhan dan 25 gram umbi daun dewa.
  2. Rebus 4 gelas air mendidih hingga tersisa 1,5 gelas.
  3. Minumlah 1 gelas air matang 3 kali sehari.

Buah jambu Biji

Buah-Jambu-Biji
Buah jambu Biji

Jus jambu biji tidak hanya memiliki rasa manis dan aroma yang kuat, jus jambu biji juga dapat membantu penyembuhan katarak. Jambu merah memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Buah-buahan yang mengandung vitamin C sangat penting untuk memulihkan kesehatan mata yang buruk dan menjadi lebih baik.

Bahkan tingkat vitamin C diperlukan untuk mengurangi katarak, karena merupakan sumber antioksidan. Beberapa antioksidan dapat membantu mengurangi kerusakan mata yang disebabkan oleh radikal bebas. Mata Anda mungkin rusak oleh beberapa sumber radikal bebas seperti sinar matahari, sinar TV atau cahaya dari monitor komputer.

Bayam

Bayam
Bayam

Bayam selain memiliki banyak kandungan nutrisi ternyata baik untuk kesehatan mata, terutama penyakit katarak. Bayam memiliki kandungan karetonoid yang bisa melawan penyakit katarak.

Demikianlah pembahasan tentang tanaman obat mata semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya