Daun Kepel : Manfaat dan Khasiat Daun Kepel

Posted on

Daun Kepel – Kepel adalah nama pohon dan buah dengan nama ilmiah Stelechocarpus burahol. Tumbuhan penghasil buah, yang selalu menjadi favorit para putri keraton Jawa, kini termasuk di antara tanaman langka di Indonesia. Pohon Kepel, yang diyakini memiliki nilai filosofi Adhi Luhung, adalah flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain buah Kepel, daun Kepel Tenyata juga memiliki banyak keunggulan: Di antara kelebihannya ada beberapa yang memiliki kelebihan yang sama dengan gel titanium. Selain kemampuan untuk membuat tubuh lebih sehat dan untuk memperkuat organ vital dari daun Kepel itu sendiri, ia juga mampu mengobati berbagai penyakit dalam tubuh.

Daun-Kepel
Daun Kepel

Daun kepel sendiri berwarna hijau saat masih segar, dan berubah menjadi hijau kekuningan setelah tua. Daun ini lebar dan memiliki bentuk panjang.

Sepintas, daun kepel terlihat seperti daun mangga, tetapi pola daunnya lebih terlihat. Daun ini telah menjadi bagian alami dari obat herbal, karena khasiatnya sangat efektif melawan penyakit.

Manfaat dan Khasiat Daun Kepel.

Anti Oksidan

Manfaat daun Kepel pertama adalah mencegah efek radikal bebas. Daun ini adalah daun antioksidan alami untuk tubuh Anda. Mulai sekarang, gunakan Daun Kepel ini untuk mencegah efek berbahaya dari radikal bebas.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Daun kepel juga efektif dalam mengobati kolesterol yang membandel. Ya, ini terjadi karena manfaat daun Kepel dapat menyeimbangkan kadar kolesterol jahat (HDL) dalam darah.

Anda bisa memasak daun Kepel 7-8 lembar dalam tiga gelas air, didihkan, hingga 1 gelas air tersisa.

Minumlah secara teratur setiap hari. Jika Anda bisa mentolerir rasanya, Anda juga bisa makan daun Kepel langsung untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Manfaat Daun Kepel, selain mencegah aksi radikal bebas, juga menangkal pencegahan kanker. Penyakit ini biasanya terjadi karena kerusakan sel-sel tubuh dan akhirnya pada pembentukan sel-sel kanker. Itu sebabnya daun ini bagus untuk sel-sel sehat dalam tubuh Anda.

Membantu Program Diet

Manfaat daun Kepel juga dapat membantu program diet Anda. Daun ini memiliki senyawa unik dan alami yang membuat diet Anda lebih sukses. Jangan lupa berlatih olahraga dengan rajin setiap hari.

Mengatasi Rasa Sakit

Manfaat daun Kepel dalam pengobatan nyeri didukung oleh kandungan senyawa dalam daun ini yang efektif untuk faktor pereda nyeri tertentu. Fungsinya hampir sama dengan dalam pengobatan peradangan.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat lain dari lembar Kepel yang Anda terima adalah menjaga daya tahan. Daun ini menguatkan tubuh Anda dan melindunginya dari penyakit, termasuk penyakit menular.

Dapat Menghilangkan Bau Badan

Daun Kapel sejak dahulu digunakan sebagai pewangi tubuh alami dengan rutin meminum rebusan air daun kapel maka tubuh anda dapat mengeluarkan aroma wangi

Caranya : Anda bisa menghaluskan daun kepel kemudian Anda ambil sari patinya untuk dijadikan racikan bersama dengan bahan lainnya. Gunakanlah madu murni jika Anda ingin meredakan rasa pahit yang berasal dari daun ini agar Dapat menelanya dengan mudah.

Mengobati Asam Urat

Ya, masalah klasik berikutnya adalah asam urat. Masalah ini mempengaruhi tidak hanya orang tua, tetapi juga orang muda. Nah, bagi Anda yang sering bingung karena masalah asam urat, Anda tidak perlu khawatir lagi. Manfaat daun Kepel sebenarnya bisa menghilangkan asam urat yang Anda derita.

Ambil 7-8 lembar daun Kepel dan cuci sampai bersih. Kemudian Anda bisa merebusnya dengan dua gelas air, setara dengan 400 ml. Biarkan mendidih dan volume air menyusut hingga sekitar satu gelas (150 ml). Anda dapat mengkonsumsi ramuan tradisional ini selagi hangat. Konsumsi rutin 2-3 kali sehari harus menghilangkan masalah asam urat yang Anda derita.

Membantu Kesehatan Tulang

Anda dapat memanfaatkan daun kepel untuk membantu kesehatan tulang, misal nya ketika tulang anda terkilir atau kecetit, daun kepel dipercaya dapat membantu proses penyembuhannya

Berikut Caranya

  1. Ambil 10 lembar daun Kepel muda.
  2. Rebus 3 gelas air hingga airnya meninggalkan 1 gelas.
  3. Minumlah air rebusan daun kepel saat hangat.
  4. Lakukan ini setiap pagi dan sore.

Mengatasi Diare

Atasi penyakit diare lebih aman dengan manfaat Daun kepel. Daun ini efektif untuk mengobati diare yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini mudah dihilangkan dengan daun kepel ini.

Demikianlah pembahasan tentang daun kepel semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya