10 Jenis Tanaman Obat Jantung Koroner Tradisional

Posted on

Tanaman Obat Jantung Koroner – Jantung adalah organ manusia yang vital untuk mengedarkan jus makanan dan oksigen dalam tubuh. Jika organ ini memiliki masalah, Anda bisa membayangkan bahwa seluruh metabolisme tubuh terganggu. Kita sering mendengar bahwa ada orang yang tiba-tiba mati tanpa alasan yang jelas, bahkan sebelum mereka melakukan kegiatan normal.

Tapi tiba-tiba orang tersebut menderita sesak napas dan nyeri dada yang parah. Kejadian seperti itu bisa disebabkan oleh serangan jantung. Penyebab paling umum dari serangan jantung adalah penyumbatan pembuluh darah.

Jantung koroner adalah suatu kondisi di mana jantung tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ini disebabkan oleh otot jantung, yang rusak karena kekurangan oksigen. Dan situasi ini disebabkan oleh adanya lemak dan kolesterol, yang mengendap dan memecah suplai darah ke jantung.

Berikut Adalah Tanaman Obat Jantung Koroner

Daun Sukun

Tanaman-Obat-Daun-Sukun
Daun Sukun

Daun sukun adalah salah satu dari beberapa obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung. Kandungan sitosterol dan flavonoid dalam daun sukun dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan jantung.

  1. Caranya : Gunakan daun tua lalu direbus dalam 5 gelas air hingga tersisa setengahnya.
  2. Setelah disaring, kemudian minumlah air, lakukan selama seminggu.

Wortel

Wortel
Wortel

Wortel adalah tanaman obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung. tanaman herbal ini dapat membantu menurunkan resiko jantung koroner.

  1. Caranya : Siapkan 3 wortel segar.
  2. Kemudian cuci bersih, parut dan ambil airnya dengan memeras, tambahkan 2 sendok makan madu.
  3. Minum ramuan alami ini tiga kali sehari sampai sembuh.

Kunyit

Kunyit

Kunyit adalah salah satu tanaman obat tradisional yang diyakini dapat mengobati penyakit jantung koroner dan juga menjadi obat untuk demam berdarah.

  1. Caranya: Siapkan kunyit ukuran 4 ruas jari.
  2. Kemudian cincang kunyit tersebut dan rebus menggunakan air hingga mendidih.
  3. Kemudian tambahkan madu secukupnya setelah disaring.
  4. Minumlah ramuan Jantung koroner ini.

Kulit Manggis

Kulit-Manggis
Kulit Manggis

Dinegara beriklim tropis seperti Indonesia, buah manggis ini adalah salah satu buah yang sangat diminati. Tidak heran karena buah manggis memiliki beragam manfaat dan merupakan hal terpenting dalam kulit manggis yang biasanya diabaikan dan tidak diperdulikan. Kulit manggis ini memang merupakan kulit buah yang sangat efektif dalam meningkatkan kualitas kesehatan manusia dan baik serta aman untuk segala usia. Selain itu, kulit manggis dilaporkan juga mampu mengatasi dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit, dan salah satunya dapat digunakan untuk obat-obatan herbal untuk penyakit jantung koroner.

Karena kulit manggis mengandung xanthones, yang menghasilkan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas mana yang sangat berbahaya bagi tubuh, karena dapat menyebabkan endapan dalam pembuluh darah, yang nantinya dapat menyebabkan penyumbatan dan sangat berisiko untuk terjadinya penyakit jantung. Nah, dengan antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis dapat menyerap radikal bebas yang dikeluarkan dari tubuh. Tidak hanya itu, kandungan xanthone yang tinggi di kulit manggis juga mengandung senyawa anti-stres, sehingga tingkat stres Anda dapat dikurangi.

Senyawa xanthone juga sangat berguna untuk kesehatan jantung, misalnya untuk penyembuhan penyakit jantung koroner, hipertensi, trombosis dan sejenisnya. Xanthone ini juga berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dan memperlancar sirkulasi sehingga dapat mengurangi jumlah lemak yang menyebabkan penyakit jantung koroner. Mengingat banyak jumlah kandungan di kulit manggis, tidak heran kulit manggis ini dianggap sebagai obat alami untuk penyakit jantung koroner.

Bawang Putih

Bawang-Putih
Bawang Putih

Jenis rempah ini sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk bumbu masakan. Selain itu, bawang putih tampaknya memiliki manfaat lain yang sangat luar biasa bagi tubuh. Diantaranya adalah bawang putih mampu mengobati penyakit jantung (termasuk penyakit jantung koroner), menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Bawang putih juga bekerja melawan kanker, bakteri, dan jamur. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam bawang putih juga sangat penting untuk mencegah timbulnya penyakit jantung dan arteriosklerosis. Caranya adalah dengan memerangi oksidasi lemak serum.

Ada juga hasil dari beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa bawang putih efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), menjaga sirkulasi darah, mencegah timbulnya kanker, menurunkan tekanan darah dan menurunkan gula darah dan juga mengatasi gangguan pencernaan. Karena itu, bawang putih dapat digunakan sebagai obat alami untuk penyakit jantung koroner.

Temu Putih

Temu-Putih
Temu Putih

Temu putih adalah tanaman alami dengan nama Latin Curcuma Zedoaria. Kunyit putih ini sering digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit di Indonesia, salah satunya adalah obat jantung koroner tradisional. Tanaman ini hampir mirip dengan bumbu temulawak dan rempah temu putih. Dan tanaman ini juga tumbuh di tanah yang lembab. Yang mana dari tanaman ini yang bisa tumbuh mencapai 0 hingga 1000 meter.

Rimpang temu putih ini juga memiliki rasa pahit dan pedas. Terlepas dari kenyataan bahwa tanaman ini memiliki sifat untuk menghangatkan tubuh, rimpang temu putih ini juga memiliki sifat yang kuat untuk mengobati berbagai penyakit. Ini karena kandungan yang ada didalam rimpangnya dan di rimpang temu putih ini mengandung 1-2,5% diuapkan minyak dengan kandungan utama sesquiterpene.

Minyak yang diuapkan itu mengandung lebih dari 20 komponen, seperti curzerenone (cedoarine), yang merupakan komponen terbesar, curcumin, curcumemone, epicurcumenol, curzerene, pyrocurcuzerenone, curcumene (curcumenol), isocurcumenol, procurcumenol, procurcumenone, deodoneanone dan curdione. Selain itu, rimpang temu putih ini mengandung flavonoid, permen karet, sulfur, tepung, damar dan beberapa lemak, serta curcumol dan curdione, yang bekerja melawan kanker.

Daun Sirsak

Tanaman-Daun-Sirsak
Daun Sirsak

Daun sirsak juga merupakan salah satu daun herbal yang sangat berkhasiat dan memiliki banyak kegunaan bagi tubuh manusia. Salah satunya efektif menyembuhkan berbagai jenis penyakit, termasuk obat-obatan herbal untuk jantung koroner. Manfaat daun sirsak sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit jantung, termasuk penyakit jantung koroner, telah dibuktikan secara klinis. Dipercayai bahwa daun sirsak dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner, karena daun sirsak berperan dalam memperlancar sirkulasi darah, karena daun sirsak ini merupakan vasodilator yang dapat melebarkan pembuluh darah yang tersumbat.

Seperti yang sudah kita ketahui, penyakit jantung disebabkan oleh gangguan aliran darah di jantung koroner, yang berarti pasokan oksigen dan nutrisi ke jantung tidak berjalan lancar. Untuk alasan ini, diyakini bahwa daun sirsak ini adalah obat alami untuk penyakit jantung koroner.

Selain itu, hasil sebuah penelitian melaporkan bahwa daun sirsak memiliki daya kerja 10.000 lebih efektif mengendalikan dan menghambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan adriamycin (obat yang digunakan dalam kemoterapi) yang biasa digunakan. Pengobatan dengan daun sirsak berbeda dari kemoterapi. Ekstrak daun sirsak hanya menghilangkan sel jahat tanpa merusak sel sehat.

Sedangkan kemoterapi, semua sel dalam tubuh dibunuh tanpa memandang sel mana yang akan dibunuh dan sel mana yang akan tetap hidup. Untuk pengobatan penyakit jantung koroner dengan daun sirsak, Anda bisa memanfaatkan daun sirsak yang dimasak dengan air mendidih, atau Anda juga bisa mengonsumsi daun sirsak yang telah diekstrak menjadi obat herbal alami yang kuat.

Sambang Darah

Sambang-Darah
Sambang Darah

Tanaman herbal ini memiliki khasiat yang baik untuk memerangi penyakit jantung koroner dan menjaga kesehatan jantung.

Manfaat lain dari tanaman ini termasuk hemostasis, mengatasi tekanan darah tinggi dan penggunaannya sebagai obat demam.

Acai Berry

Acai-Berry
Acai Berry

Acai berry memiliki senyawa antioksidan yang disebut anthocyanin, yang sangat baik dalam mengobati penyakit jantung koroner.

Selain itu, Acaiberry juga mengandung asam lemak omega-3, omega-6 dan omega-9.

Delima Merah

Delima-Merah
Delima Merah

Dengan kandungasenyawa super yang disebut punicalagin, delima memiliki sifat yang sangat efektif dalam menjaga kesehatan jantung.

Telah dibuktikan bahwa senyawa punicalagin mampu mengobati penyakit jantung koroner dengan mengurangi stres oksidatif, meningkatkan sistem sintesis dan oksida nitrat. Selain itu, senyawa ini dapat mencegah pembentukan plak di dinding arteri koroner.

Demikianlah pembahasan tentang tanaman obat jantung koroner semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: