10 Manfaat Daun Lumai (Leunca) Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Posted on

Daun Lumai – Nama daun Lumai mungkin masih belum diketahui oleh banyak orang, tetapi sudah sangat akrab bagi masyarakat di Bengkulu. Daun Lumai juga dikenal oleh orang Bengkulu sebagai pucuk Lumai. Istilah pucuk lumai menggambarkan daun Lumai muda, yang biasanya dimasak untuk sayuran.

Lumai (Leunca) adalah sayuran yang sangat terkenal sebagai bahan sayuran, terutama dalam masakan Sunda. Nama Latin untuk sayuran ini adalah Solanum Nigrum L dan milik keluarga Solanaceae atau labu. Berasal dari Eropa dan Asia Barat, kemudian menyebar luas di Malaysia.

Daun-Lumai
Daun Lumai

Lumai telah digunakan sebagai obat herbal selama lebih dari 2000 tahun. Di Meksiko, buah dan daunnya digunakan untuk mengobati sakit kepala. Di Cina, kedua obat digunakan untuk mengobati infeksi ginjal dan kandung kemih dan diare.

Manfaat Daun Lumai

Menurunkan Demam

Manfaat kesehatan dari daun lumai adalah mereka dapat mengurangi panas demam. Demam dapat menjangkit siapa pun. Dari anak-anak hingga dewasa. Ternyata Anda tidak perlu mengonsumsi obat kimia untuk mengatasi demam. Daun lumai mengandung zat antipiretik yang dipercaya bisa mengurangi panas demam.

Anti Kanker

Daun Lumai mengandung obat anti kanker yang berasal dari amigladin atau vitamin B17, yang efektif sebagai obat kanker. Manfaat daun lumai atau manfaat Leunca, yang mengandung vitamin, sebagai makanan anti-kanker.

Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Sebagian besar pasien dengan infeksi saluran kemih adalah wanita, meskipun ini tidak mengesampingkan pria yang terpengaruh juga. Daun lumai dianggap sebagai diuretik, yaitu untuk meluruhkan atau melancarkan saluran kemih.

Mengatasi Radang Ginjal

Peradangan ginjal adalah masalah kesehatan yang sangat berbahaya. Ketika dibiarkan begitu saja, dapat memicu berbagai penyakit lain . Untuk mencegahnya, Anda juga bisa menggunakan khasiat dari daun Lumai. Tingkat senyawa alami yang dimiliki daun ini dapat membantu mengurangi peradangan pada ginjal dan mempercepat penyembuhan.

Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah bagi Anda yang suka makanan berlemak. Stroke dan penyakit jantung dapat terjadi sebagai akibat penyumbatan pembuluh darah. Manfaat daun lumai membantu menjaga kadar kolesterol darah sehingga tidak meningkat tetapi harus disesuaikan dengan perubahan pola makan dan gaya hidup sehat.

Meningkatkan Kinerja Hati

Hati adalah organ yang menghilangkan racun dari tubuh. Manfaat daun Lumai yang dimasak sebagai lalapan atau sayuran tumis juga dapat meningkatkan kinerja hati sehingga tubuh dapat melakukan fungsi detoksifikasi dengan lancar. Menghilangkan racun dari tubuh juga berguna untuk meminimalkan risiko penyakit berbahaya di tubuh Anda.

Meredakan Batuk

Batuk mungkin tampak sepele bagi sebagian orang. Namun, batuk ini sebenarnya sangat menyakitkan. Jika Anda ingin batuk segera mereda tanpa kontak dengan obat kimia, Anda dapat mengonsumsi daun lumai ini. Bahan alami daun Lumai meredakan batuk dan gatal di tenggorokan.

Mengatasi Keputihan

Wanita sering menderita masalah keputihan ini sampai menyebabkan bau yang tidak sedap dan gatal pada organ wanita. Manfaat daun lumai bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan keputihan. Cara mengatasi keputihan dengan daun Lumai, yaitu:

  1. Siapkan 30 gram bunga putih jengger dan 30 gram daun Lumai atau Leunca.
  2. Rebus semua bahan hingga bersih dicuci dengan 3 gelas air.
  3. Tunggu sampai mendidih dan air yang tersisa adalah satu gelas.
  4. Minumlah secara teratur sampai keputihan mereda.

Mengatasi Disentri

Disentri adalah penyakit yang menyebabkan diare akut dan perdarahan pada pasien dengan buang air besar. Penyebabnya adalah peradangan usus. Cara tradisional menangani disentri adalah penggunaan daun lumai. Namun, jika disentri Anda terlalu parah, Anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter.

Mengobati Penyakit Kulit

Daun lumai juga efektif untuk pengobatan penyakit kulit. Seperti kutil, gatal dan sebagainya. hal itu merupakan hal yang wajar. Alasannya adalah daun ini mengandung zat antipuritic yang dapat menghilangkan kutil dan gatal yang menggangu.

Demikianlah pembahasan tentang daun lumai semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: