12 Manfaat Daun Randu Bagi Kesehatan

Posted on

Daun Randu – Daun randu adalah daun yang berasal dari tanaman randu. Tanaman ini memiliki karakteristik pohon yang dapat mencapai ketinggian 30 m. Bentuk daunnya lonjong dan majemuk. Tanaman randu memiliki buah berwarna hijau dan bulat.

Buah ini sering digunakan sebagai bahan baku untuk produksi bantal dan kasur. Jika tanaman randu dikenal untuk manfaat buahnya saja, Anda sekarang harus tahu khasiat daunnya.

Daun-Randu
Daun Randu

Daun randu memiliki nama berbeda di setiap daerah dalam menyebutkannya. Orang Jawa menyebutnya Kapuk, sedangkan orang madura menyebutnya Kapoh.

Daunr randu ini memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung flavonoid, saponin, dammar, hidrat, tanin, dan senyawa. Semua bahan ini memiliki khasiat masing-masing yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Manfaat Daun Randu

Obat Panas Dalam

Khasiat daun randu yang pertama yaitu sebagai bahan herbal melawan panas dalam. Senyawa dalam daun randu ini sangat efektif dalam meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh panas dalam.

Mengobati Batuk

Khasiat daun Randu berikutnya adalah sebagai obat untuk batuk. Daun randu ini bisa menghilangkan rasa gatal di tenggorokan akibat batuk. Dahak dari batuk Anda juga mudah dikeluarkan dari tubuh.

Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat daun randu untuk kesehatan mulut adalah menjaga berbagai jenis infeksi yang dapat terjadi di daerah mulut, seperti sariawan. Anda bisa menggunakan obat daun randu ini sebagai obat kumur alami.

Obat Sakit Mata

Manfaat daun randu juga baik untuk mata. Senyawa dalam daun randu ini sangat efektif untuk digunakan sebagai obat mata. Dengan daun randu ini, Anda tidak hanya bisa menyehatkan mata, tetapi juga mengatasi berbagai infeksi atau penyakit mata Anda.

Menghilangkan Bekas Luka

Manfaat daun randur juga baik untuk mempercepat penyembuhan luka dan menghilangkan bekas luka. Anda dapat menghancurkan daun ini dan kemudian menggunakannya sebagai obat luar untuk luka kulit.

Mengatasi Diare

Manfaat daun randu untuk mengatasi penyakit salah satunya adalah pengobatan diare. Daun randu ini bisa menjadi agen antibakteri yang kuat untuk melawan bakteri yang menyebabkan diare pada pencernaan.

Obat Wasir

Obat tradisional dengan bahan dari daun randu juga digunakan sebagai obat herbal untuk pengobatan wasir. Daun randu ini adalah jenis daun dari sekian banyak daun herbal lain yang efektif untuk pengobatan wasir.

Mengatasi Disentri

Anda bisa mengatasi disentri dengan daun randu. Penderita disentri harus mencoba daun randu ini dengan obat alami tanpa efek samping yang dapat menyembuhkan penyakit disentri.

Penuaan Dini

Siapa yang menyangka bahwa daun randu juga membuat Anda terlihat jauh lebih muda? Daun hijau ini menyehatkan kulit dan mencegah penuaan kulit dini seperti keriput di wajah.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Daun hijau seperti daun randu yang ternyata juga bisa meningkatkan pencernaan. Pencernaan yang sehat tentunya akan membuat organ pencernaan Anda lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit pencernaan.

Menangkal Radikal Bebas

Daun randu dapat menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh karena daun randu memiliki kandungan senyawa antioksidan yang baik untuk tubuh

Sumber Antioksidan

Daun randu kaya akan antioksidan yang baik untuk menangkal berbagai penyakit seperti kanker dan penyakit berbahaya lainnya

Demikianlah pembahasan tentang daun randu semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: