15 Manfaat Daun Turi Bagi Kesehatan

Posted on

Daun Turi – Turi adalah salah satu dari banyak tumbuhan herbal yang tumbuh di berbagai daerah tropis di dunia, termasuk Indonesia. Pohon Turi sering ditanam di Indonesia karena manfaat bunga Turi dimaksudkan untuk konsumsi, yang biasanya merupakan campuran pecel atau lalapan, yang merupakan jenis makanan tradisional Indonesia.

Daun turi adalah salah satu daun yang sangat akrab di telinga masyarakat. Terutama bunga turi. Tanaman Turi memiliki beragam mafaat untuk kecantikan dan kesehatan, baik pada bunga maupun daunnya.

Daun-Turi
Daun Turi

Dalam daun turi mengandung vitamin A, kalsium, serat, saponin, protein, kalsium, besifosfor, sodium, riboflavin, niacin, vitamin C, dan juga tannin.

Manfaat Daun Turi

Sebagai Obat Flu dan Sakit Kepala

Tanaman turi bisa menjadi obat flu dan batuk. Cukup Ambil saja daun Turi, rebus dan minum air rebusannya di pagi dan malam hari.

Melancarkan ASI

Pada dasarnya, semua jenis sayuran termasuk daun Turi sangat baik dikonsumsi karena dapat memperlancar produksi ASI. Hal Ini karena kandungan vitamin dan mineral dalam daun Turi sangat baik untuk merangsang produksi ASI pada ibu menyusui.

Sebagai Obat Batuk

Cara mengobati batuk dengan tanaman turi ini adalah ambil daunnya kemudian tumubuk halus. Campurkan dengan perasan jeruk lemon dan madu. Tambahkan sedikt air hangat lalu diminum.

Mencegah Batu Ginjal

Konsumsilah secara teratur tanaman Turi juga dapat mencegah tubuh Anda dari serangan batu ginjal.

Mencegah Kerontokan Rambut

Tahukah Anda bahwa kondisi yang umum terjadi pada wanita hamil dan menyusui adalah rambut rontok? Ini karena proses menyusui membutuhkan banyak mineral dan protein. Jika asupan mineral dan protein tidak mencukupi, terjadi defisiensi dan kekurangan mineral seperti kalsium dan magnesium serta protein dapat menyebabkan rambut rontok.

Meredakan Sakit Tenggorokan

Kandungan daun Turi memiliki manfaat untuk meredakan radang yang terjadi di tenggorokan. Caranya adalah merebus daun Turi cukup dengan air dan kemudian menggunakannya untuk berkumur secara teratur sampai sakit tenggorokan dapat sembuh.

Mencegah Osteoporosis dan Arthritis

Keuntungan utama yang sering diterapkan pada daun Turi adalah pemeliharaan kesehatan dan kekuatan tulang. Kandungan vitamin dan juga kadar kalsium yang tinggi dalam daun Turi sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, yang secara otomatis dapat mencegah osteoporosis dan radang sendi, terutama untuk orang tua.

Mengatasi Lemah Otot

Daun turi memiliki keuntungan menghilangkan masalah yang terjadi pada otot, seperti kelemahan otot, tuli, penurunan libido, frigiditas, impotensi dan gangguan terkait otot lainnya. Kadar fosfor yang cukup dalam tubuh membuat Anda tetap fit untuk aktivitas. Dengan memakan daun turi ini, berbagai masalah otot dapat disembuhkan dan dicegah dengan baik.

Mengatasi Migrain

Kekurangan riboflavin dalam tubuh menyebabkan migrain atau sakit kepala. Riboflavin juga bisa diserap dengan mengonsumsi daun Turi.

Cegah Penyakit Alzheimer

Daun turi mengandung vitamin B1, yang digunakan untuk menghambat perkembangan penyakit Alzheimer. Konsumsi daun Turi sebagai makanan pasien Alzheimer sangat penting agar asupan vitamin B1 dapat dipenuhi.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh, perlu menggunakan makanan yang mengandung selenium, karena selenium berguna untuk pemeliharaan sistem kekebalan tubuh dan sebagai nutrisi utama untuk menghambat perkembangan virus seperti HIV yang menyebabkan AIDS. Salah satu kandungan daun turi ini adalah selenium, yang cukup tinggi dan karenanya cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

Memelihara dan Mencerahkan Kulit

Beberapa masalah kulit seperti kulit pucat dan lingkaran hitam di bawah mata terjadi karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Hal Ini juga merupakan gejala umum yang disebabkan oleh orang dengan anemia. Kekurangan zat besi juga menyebabkan tingkat hemoglobin menurun, yang juga mengurangi produksi sel darah merah. Selain itu, aliran oksigen, yang juga terhambat oleh kekurangan zat besi, membuat kulit terlihat pucat. Untuk itu perbanyak dengan konsumsi daun Turi, yang juga mengandung kandungan zat besi yang tinggi.

Membantu Perkembangan Janin

Kandungan folat dalam daun Turi juga bermanfaat untuk mendukung perkembangan janin dan wanita selama kehamilan. Jika tubuh kekurangan asam folat selama kehamilan, janin terhambat dan kemungkinan cacat lahir akan lebih besar.

Menurunkan Tekanan Darah

Karena daun Turi juga mengandung cukup vitamin C, ini juga merupakan solusi herbal terbaik untuk kesehatan jantung dan juga menurunkan tekanan darah tinggi. Daun turi adalah salah satu pilihan terbaik karena mengandung kebutuhan harian tubuh akan vitamin C.

Mengatasi Kontinuitas

Kontinuitas atau komplikasi yang disebabkan oleh terlalu banyak kopi dan teh. Kontinuitas ini menyebabkan sensasi terbakar pada tangan dan kaki dan juga meningkatkan panas tubuh. Untuk mengatasi masalah ini bisa dicapai dengan mengonsumsi daun Turi setidaknya sekali sehari.

Demikianlah pembahasan tentang daun turi semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: