10 Efek Samping Daun Kumis Kucing

Posted on

Efek Samping Daun Kumis Kucing – Daun kumis kucing adalah tanaman asli Asia Tenggara. Selain Indonesia, tanaman ini dengan nama ilmiah Orthosiphon aristatus juga ada di Cina, Taiwan, Thailand dan Australia.

Beberapa orang percaya bahwa daun kumis kucing dapat menyembuhkan berbagai penyakit, dari tekanan darah tinggi hingga batu ginjal.

Khasiat-Daun-Kumis-Kucing
Khasiat-Daun-Kumis-Kucing

Di balik manfaatnya juga terdapat efek samping yang disebabkan oleh penggunaan daun kumis kucing sebagai obat herbal.

Efek Samping Daun Kumis Kucing

Penyakit Ginjal

Pada dasarnya daun kumis kucing memiliki manfaat yang baik dalam memelihara dan mengobati penyakit ginjal, tetapi kita dapat mengetahui bahwa obat herbal lebih baik daripada obat kimia, tetapi terlalu banyak mengonsumsi obat herbal (tidak sesuai dengan dosis) pasti akan menyebabkan penyakit atau komplikasi lainnya.

Untuk keperluan ini, perlu diketahui dosis obat yang harus diminum, walaupun itu adalah obat herbal. Karena masing-masing tubuh memiliki kekebalannya sendiri, itu mempengaruhi kekuatan mengambil obat yang masuk ke dalam tubuh.

Sakit Perut

Meskipun berfungsi baik untuk mengobati batu ginjal yang dibahas pada bagian pertama, efek samping dari menggunakan terlalu banyak mengkonsumsi daun kumis kucing adalah bahwa fungsi ginjal malah dapat terganggu. Jika fungsi ginjal terganggu, perut secara alami bisa sakit.

Radang lambung adalah tempat yang rentan terhadap semua jenis penyakit. Banyak hal yang menyebabkan perut tidak nyaman, seperti mulas dan asam lambung. Banyak jenis asam lambung, dari asam lambung rendah hingga asam lambung tinggi.

Keracunan

Konsumsi obat-obatan herbal dapat meracuni Anda, konsumsi obat-obatan herbal, tentu saja masih ada dosisnya, jangan berpikir bahwa obat-obatan herbal dapat dikonsumsi secara sewenang-wenang, tanpa memiliki efek samping. Bahkan, ada beberapa obat herbal yang tidak memiliki efek samping, namun, jika diminum tanpa mengikuti pedoman, obat herbal yang menyembuhkan dapat menyebabkan penyakit lain, yang disebabkan oleh keracunan herbal obat-obatan.

Keracunan ini tidak hanya dikonsumsi terlalu banyak, tetapi campuran yang dicampur dengan daun kumis kucing juga dapat menyebabkan efek samping seperti keracunan.

Sesak Napas

Sesak nafas sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Kita tahu bahwa banyak penyebab sesak napas di dada, serta debu dan polusi, dapat menyebabkan sesak napas.

Perlu diketahui bahwa sesak napas juga dapat terjadi jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi daun kumis kucing. Pada dasarnya, daun ini adalah daun seribu manfaat dan bahkan tidak memiliki efek samping.

Meskipun demikian, kewaspadaan harus ada. Ternyata daunkumis kucing bisa memberikan beban pada nafas dan menyebabkan sesak nafas dengan memakan terlalu banyak daun kumis kucing.

Mengaggu Fungsi Jantung

Konsumsi terlalu banyak obat herbal dapat mengganggu fungsi jantung. Jadi gunakan ramuan daun ini dengan bijak, jangan sampai jantung terganggu, karena jantung adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh kita.

Bahkan tanpa jantung manusia, manusia tidak dapat hidup karena jantunglah yang membantunya hidup. Jantunglah yang mengedarkan darah dalam tubuh dan menyeimbangkan tubuh sehingga tubuh bisa bernafas. Karena itu, konsumsi obat-obatan herbal harus ada dan sesuai dengan takaran, agar tidak terjadi apa-apa.

Menyebabkan Darah Rendah

Pada dasarnya, salah satu fungsi daun kumis kucing adalah bahwa mereka dapat berkontribusi pada normalisasi tekanan darah tinggi. Namun, jika Anda mengonsumsi terlalu banyak daun kumis kucing, bukan tidak mungkin bahwa darah dengan status darah tinggi berubah menjadi darah tidak normal.

Seperti yang kita ketahui, ketika tekanan darah tinggi telah menjadi normal dan dosis berlebihan daun kumis kucing terus dikonsumsi, ini tentu akan menyebabkan darah normal menjadi kurang darah. Tentu saja, orang dengan tekanan darah rendah akan mengalami banyak hal, termasuk pusing dan sakit kepala.

Terjadi Alergi

Salah satu efek samping yang biasanya disebabkan oleh daun ramuan yang berbeda atau berbagai jenis obat adalah alergi. Alergi sering terjadi ketika tubuh tidak dapat menyerap obat-obatan atau ramuan herbal langsung ke dalam tubuh. Alergi jenis ini sangat banyak. Mulai dari bintik-bintik kecil hingga wajah merah muda.

Tidak Baik Untuk Ibu Hamil

Kandungan kalium dalam daun kumis kucing tampaknya tidak baik untuk wanita hamil jika mereka mengkonsumsi terlalu banyak, karena wanita hamil lebih baik dalam mengambil saran dokter ketika minum obat. Jangan mencoba makan atau berobat nanti justru akan menyebabkan keguguran dalam kehamilan Anda.

Ibu Menyusui

Jangan gunakan daun rebusan kumis kucing dan balsam berbahan dasar daun kumis kucing dengan dosis tinggi untuk ibu menyusui.

Alergi Kulit

Kandungan yang terdapat dalam daun kucing ini memang bermanfaat bagi kesehatan. Tetapi jika ada seseorang yang memiliki gejala alergi kulit setelah makan daun kumis mucing, Anda harus berhenti meminumnya dan pergi ke dokter.

Demikianlah pembahasan tentang efek samping daun kumis kucing semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: