30 Jenis Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Manfaatnya

Posted on

Tanaman Obat Keluarga – Apa itu tanaman obat? Tanaman obat, tumbuhan obat atau pohon obat adalah semua jenis tanaman yang diketahui mengandung senyawa yang bermanfaat dan efektif dalam mencegah, memperbaiki atau menyembuhkan penyakit.

Penggunaan tanaman sebagai obat herbal telah terjadi sejak zaman prasejarah. Pada zaman kuno, manusia sangat bergantung pada tanaman yang dikenal sebagai obat untuk mengobati berbagai jenis penyakit manusia.

Di Indonesia, nenek moyang kita telah lama menggunakan tanaman tertentu sebagai obat. Padahal, ada ratusan jenis tanaman obat di daerah kita, mungkin kita bahkan sudah sangat mengenal tanaman ini. Namun, banyak dari kita tidak mengetahui manfaat dan manfaat perawatan.

Berikut adalah tanaman obat keluarga

Alang-Alang

Alang-Alang
Alang Alang

Beberapa zat yang terkandung dalam alang-alang, seperti manitol, glukosa, sukrosa, asam muriatik, asam sitrat, coixoi, orundoine, cylindin, fareneol, simiarenol, anemonine, grits acid, resin, resin, logam alkali, saponin, tanin, dan polifenol. manfaat dan khasiat alang-alang, antara lain; sebagai obat penurun panas, Peluruh kencing (diuretik), hentikan perdarahan (hemostatik), meredakan rasa haus, mengobati sariawan, mengobati mulas, mengobati muntah darah, menghentikan mimisan, obat kencing nanah, dan radang ginjal.

Bunga Matahari

Bunga-Matahari
Bunga Matahari

Bunga matahari mengandung quercimeritrin, asam oleanolic, helianrhoside A, B dan C serta asam echinocystic. Bagian biji bunga matahari mengandung p-sitosterol, prostaglandin E, asam klorogenat, asam quinic, phytin dan 3,4-benzopyrene. Dalain 100 g minyak bunga matahari mengandung lemak jenuh 9,8%, lemak tak jenuh seperti asam oleat 11,7% dan asam linoleat 72,9% dan tidak mengandung Kolesterol.

Manfaat dan khasiat bunga matahari, termasuk untuk pengobatan disentri, radang dada, pengobatan radang sendi, batu kemih, sakit kepala dan kemacetan.

Bunga Mawar

Bunga-Mawar
Bunga Mawar

Beberapa zat yang terkandung dalam mawar adalah sitral, citronellol, geroniol, linalol, nerol,

Eugenol, pheniletyl alcohol, Famesol, nonaldehyde. Mawar memiliki kelebihan dan sifat untuk pengobatan Batuk darah, campak, keputihan, mengatasi menstruasi yang tidak teratur dan mengatasi penurunan proporsi uterus setelah melahirkan (prolaps uterus).

Tanaman Cakar Ayam

Tanaman-Cakar-Ayam
Tanaman Cakar Ayam

Cakar ayam diketahui mengandung alkaloid, saponin, dan pitosterol, Selaginella doederteinii Hieron yang etanol. Dilaporkan bahwa ekstrak etanol tanaman ini mengandung lima komponen lignan, yaitu (-) – lirioresinol A, (-) – lirioresinol B, (+) – wikstrom, (-) – nortracheloside, (+) – matairesinol. Ini juga mengandung dua komponen fenilpropanon, yaitu 3-hidroksi-1- (3-metoksi-4-hidroksifenil) propan-1-one, 3-hidroksi-1- (3,5-dimetoksi-4-hidroksifenil) propana-1 dan empat biflavonoid, yaitu, amentoflavon, 7,7 “-di-O-methyl-anthro-flavone, 7,4,7”, 4 “-tetra-ometilamentoflavone dan heveaflavone (Lin et al., 1994).

Tanaman ini efektif dalam pengobatan kanker paru-paru, bronkitis, radang paru-paru, radang amandel, obat batuk, obat koreng, edema, rematik dan infeksi saluran kemih.

Bunga Cempaka Kuning

Bunga-Cempaka-Kuning
Bunga Cempaka Kuning

Kandungan yang terkandung dalam tanaman cempaka kuning, antara lain; Phenol, isoeugenol, cineole, benzaldehyde dan pheniletyl alkohol. Kulit dan daunnya mengandung alkaloid dan tanin, sedangkan bunganya mengandung minyak esensial.

Manfaat dan keefektifan Cempaka Kuning termasuk batu ginjal, mulas, bau mulut, menstruasi tidak teratur dan demam.

Bunga Cempaka Putih

Bunga-Cempaka-Putih
Bunga Cempaka Putih

Diketahui bahwa tanaman Cempaka putih mengandung alkaloid Mikelarbina dan Liriodenina.

Manfaat dan khasiat Cempaka Putih antara lain untuk pengobatan bronkitis, batuk, demam, keputihan, radang, prostat, infeksi saluran kemih, kencing ringan.

Tanaman Cendana

Tanaman-Cendana
Tanaman Cendana

Beberapa bahan yang ditemukan di cendana termasuk; Kayu mengandung minyak atsiri, resin dan tanin. Minyak cendana mengandung beberapa senyawa, yaitu santalol (sesquiterelcohol), santalen (sesquiterpena), santanten, santon, santalal, santalon dan isovalerilaldehida.

Manfaat dan kemanjuran cendana lainnya sebagai obat disentri, antiseptik dalam urin, diare, radang usus, asma dan menstruasi tidak teratur.

Tanaman Cengkeh

Tanaman-Cengkeh
Tanaman Cengkeh

Kandungan zat yang terkandung dalam cengkeh / cengkeh termasuk minyak atsiri, eugenol, asam oleanolic, asam galotanoic, pheniline, caryofilin, resin dan gom.

Diketahui bahwa cengkeh memiliki banyak kelebihan dan manfaat sebagai bahan obat herbal. Berbagai jenis penyakit yang dapat diobati dengan penyakit kolera, campak, radang perut, mual dan muntah. Selain bunga cengkeh, dapat menghitamkan alis dan detak jantung meningkat.

Tanaman Ceremai

Tanaman-Ceremai
Tanaman Ceremai

Daun ceremai memiliki aroma aromatik khusus, tidakberasa. Kandungan kimia tanaman ceremai: daun, kulit kayu dan kayu ceremai mengandung saponin, flavonoid, tanin, dan polifenol. Akarnya mengandung saponin, asam empedu, zat-zat kecokelatan dan zat-zat beracun (beracun). Sedangkan buahnya mengandung vitamin C.

Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan tanaman ceremai adalah: batuk berdahak, kanker, mual, sariawan, asma, penyakit kulit, sembelit dan penurunan berat badan, penyakit kulit, sembelit.

Tanaman Cincau

Tanaman-Cincau
Tanaman Cincau

Diketahui bahwa tanaman cincau mengandung zat mirip karbohidrat yang bisa menyerap air, sehingga daunnya menjadi kencang. Ekstrak tumbuhan ini mengandung antiprotozoa, tetrandin, senyawa alkaloid dan zat lemak. Ekstrak cincau juga mengandung antioksidan, antibiotik dan zat antiinflamasi.

Cincau memiliki sifat dan keunggulan dalam pengobatan berbagai masalah kesehatan seperti diare, mengatasi hipertensi, radang lambung, diabetes mellitus dan pengurangan demam.

Tanaman Dadap Ayam

Tanaman-Dadap-Ayam
Tanaman Dadap Ayam

Diketahui bahwa ayam Dadap memiliki beberapa bahan senyawa kimia, yaitu alkaloid erythralin, erythothyline, kholina, betaina, erisovina, hepaforina, minyak lemak dan resin. Selain ayam, Dadap juga mengandung glukosa sianida.

Khasiat Ayam Dadap, antara lain, rasanya pahit, memiliki efek mendinginkan dan pembersih darah. Kemanjuran tanaman dadap ayam adalah sebagai ekspektoran, antipiretik, anthelminthic dan insektisida. Dadap ayam diketahui memiliki khasiat sebagai penekan batuk, demam, disentri, menstruasi tidak teratur, pelancar ASI, insomnia, radang dan penyakit kulit. Sedangkan kulit pohon ayam Dadap efektif sebagai obat untuk asma, demam, rematik dan penyembuhan patah tulang.

Buah Delima

Buah-Delima
Buah Delima

Kulit buah delima diketahui mengandung alkaloid pelletierene , granatin, betulic, alic, ursolic, isoquercitrin, elligatanine, resin, triterpenoid, kalsium oksalat dan pati. Akar kulit korteks dan mengandung sekitar 20% elligatanin dan 0,5-1% alkaloid, antara lain alkaloid pelletierine (C8H14N0), pseudopelletierin (C9H15N0), metilpelletierine (C8H14NO.CH3), isopelletierine (C8H15N000N08) Daunnya mengandung alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak, sulfur dan peroksidase. Jus buah mengandung asam sitrat, asam malat, glukosa, fruktosa, maltosa, vitamin (A, C), mineral (kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium dan kalium) dan tanin.

Delima efektif dalam pengobatan cacingan, berak darah dan lendir, diare, perdarahan wasir, muntah, hemoptisis, perdarahan uterus, perdarahan dubur, sakit tenggorokan, infeksi telinga, keputihan, sakit perut, radang saluran pencernaan, bronkitis, demam.

Daun Dewa

Daun-Dewa
Daun Dewa

kandungan kimia dalam daun tanaman dewa adalah saponin, flavonoid dan minyak esensial. Daun dewa memiliki rasa yang khas dan netral.

Efek farmakologis dari tanaman ini termasuk antikoagulan, pencairan gumpalan darah, stimulasi sirkulasi darah, penghentian perdarahan, pengurangan panas dan pemurnian racun.

Daun tanaman Daun Dewa efektif dalam pengobatan memar, batuk darah, muntah darah, mimisan, pembengkakan payudara, infeksi esofagus, dan antivenom pada hewan. Sedangkan umbinya efektif menghilangkan gumpalan darah (heamatom), pembengkakan, patah tulang (fraktur) dan pendarahan setelah lahir.

Tanaman Jagung

Tanaman-Jagung
Tanaman Jagung

Senyawa kimia yang ditemukan dalam tanaman jagung antara lain rambut jagung yang mengandung saponin,zat samak, flavon, minyak atsiri, minyak lemak, allantoin dan zat pahit. Bunga jagung mengandung stigmasterol. Efek farmakologis dari jagung bersifat antilitik, diuretik, dan hipotensi.

Bagian dari tanaman yang berguna sebagai obat herbal adalah rambut dan jagung muda rebus. Efektivitas rambut jagung dan tongkol jagung muda, termasuk untuk mengatasi batu empedu, batu ginjal, edema dalam edema, edema, hepatitis, diabetes, peradangan kandung empedu, sirosis dan tekanan darah tinggi.

Tanaman Jambu Biji

Tanaman-Jambu-Biji
Tanaman Jambu Biji

Senyawa kimia yang terkandung dalam jambu biji, yaitu; Buah jambu biji, daun dan kulit kayu mengandung tanin, sedangkan bunganya tidak banyak mengandung tanin. Daun jambu biji mengandung tanin serta zat lain seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverinat dan vitamin. Isi buah jambu biji (100 gr) – Kalori 49 kal – Vitamin A 25 SI – Vitamin B1 0,02 mg – Vitamin C 87 mg – Kalsium 14 mg – Karbohidrat 12,2 gram – Fosfor 28 mg – Besi 1,1 mg – 0,9 mg protein – 0,3 g fat – 86 g air.

Manfaat jambu biji adalah pengobatan diabetes melitus, maag, diare (sakit perut), masuk angin, Beser; Prolapsisani, sariawan, nyeri kulit, cedera baru. Bagian tanaman dengan khasiat obat adalah buah, daun, kulit kayu dan bunga.

Tanaman Jambu Monyet

Tanaman-Jambu-Monyet
Tanaman Jambu Monyet

Kandungan kimia dari jambu monyet adalah tanin, asam anakardat dan cardol, yang berguna sebagai antibakteri dan antiseptik. Selain itu, daun jambu biji muda juga memiliki komposisi kimia seperti Vitamin A 2689 SI per 100 gram, Vitamin C 65 gram per 100 gram, Kalori 73 gram per 100 gram, protein 4,6 gram per 100 gram, Lemak 0 5 gram per 100 gram, karbohidrat 16,3 gram per 100 gram, kalsium 33 miligram per 100 gram, fosfor 64 miligram per 100 gram, zat besi 8,9 miligram dan air 78 gram per 100 gram.

Bagian tanaman obat adalah daun jambu monyet dan kulit kayu. Khasiat daun dan kulit jambu monyet pada diabetes mellitus, disentri, radang mulut.

Tanaman Alpukat

Tanaman-Alpukat
Tanaman Alpukat

Kulit tanaman alpukat mengandung berbagai senyawa kimia, yaitu minyak atsiri (seperti methylchavicol, alphapinen), tanin dan flavanoid. Daging buah alpukat mengandung lemak jenuh, protein, seskueterpen, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin B2.

Manfaat dan kemanjuran Avocad untuk pengobatan tekanan darah tinggi, sakit kepala, kerusakan gigi, batu kemih, kulit wajah kering, sakit saraf, sakit perut, sariawan, diabetes.

Tanaman Asam jawa

Tanaman-Asam-jawa
Tanaman Asam jawa

Buah asam mengandung gula invent, asam tartarat, asam sitrat, serin, beta-alanin, vitamin B3, geranial, limonene, peptin, prolin, leusin, fenilalanin, dan asam pipekolik. Kulit asam jawa mengandung tanin dan daunnya mengandung Stexin, Iovitexin dan Isoorientin.

Asam Jawa efektif melawan batuk, bisul, obat borok, gangguan pencernaan, karang gigi, bisul kanker, penurunan berat badan, rematik, memar, radang payudara dan mencegah kerontokan rambut.

Tanaman Bengkuang

Tanaman-Bengkuang
Tanaman Bengkuang

Beberapa bahan dari bengkuang antara lain; Pachyrhizone, rotenone, vitamin B1 dan vitamin C. Daun dan bijinya mengandung saponin dan flavonoid, sedangkan umbinya mengandung protein, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C.

mengobati beri-beri , obat sakit perut, kulit halus, meredakan demam, diabetes mellitus, sariawan, eksim, wasir dan sebagai obat kulit.

Tanaman Bangle

Tanaman-Bangle
Tanaman Bangle

Bangle mengandung berbagai zat, yaitu damar, pati, tanin dan minyak esensial (cineole dan pinene).

Bangle memiliki khasiat dan manfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk cacing usus, pilek, demam, obesitas, penglihatan kabur, nyeri sendi, demam disertai pusing, mengecilkan perut setelah melahirkan, perut mules dan obat sakit kuning.

Tanaman Bayam Duri

Tanaman-Bayam-Duri
Tanaman Bayam Duri

Bayam duri diketahui mengandung berbagai zat: amaranthine, rutin, kalium nitrat, kalium oksalat, tanin, piridoksin, garam fosfat, zat besi, vitamin A, vitamin C dan vitamin K.

Manfaat dan kemanjuran bayam duri, termasuk untuk pengobatan bisul, disentri, Keputihan dari vagina, peningkatan produksi susu, wasir, radang saluran pernapasan, tuberkulosis kelenjar.

Belimbing Manis

Belimbing-Manis
Belimbing Manis

Diketahui bahwa belimbing manis mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi serta vitamin A, B dan vitamin C.

Tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati diabetes mellitus, tekanan darah tinggi, kolesterol rendah, sakit tenggorokan, influenza, kencing batu, lever, mencegah malaria, mencegah kanker, sakit kepala kronis.

Belimbing Wuluh

Belimbing-Wuluh
Belimbing Wuluh

Kandungan yang terdapat dalam belimbing wuluh: pada batang mengandung saponin, tanin, asam format, glukosida, kalsium oksalat, belerang dan peroksida. Daunnya mengandung tarlin, belerang, asam format, peroksidase, kalsium oksalat dan kalium sitrat.

Belimbing wuluh efektif untuk pengobatan batuk pada anak-anak, tekanan darah tinggi, jerawat, sakit rematik, rematik dan sakit gigi.

Tanaman Brotowali

Tanaman-Brotowali
Tanaman Brotowali

Beberapa zat yang terkandung dalam brotowali, antara lain alkaloid, resin lunak, pati, glikosida, picroretosides, pikroretin pahit, palmatine, kolurnbin (akar) dan coculin (picrotoxin).

Brotowali memiliki beberapa khasiat dan manfaat yang digunakan untuk mengobati demam, gatal di padan, demam akibat penyakit kuning, diabetes, obat luka, kudis dan obat rematik.

Tanaman Bunga Bougenville

Tanaman-Bunga-Bougenville
Tanaman Bunga Bougenville

Diketahui bahwa tanaman berbunga bougainvine mengandung berbagai zat, yaitu betanidine, isobetanidine, 6-0-saphoroside dan 6-0-rhamnosysophoroside.

Tumbuhan ini memiliki khasiat dan manfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk borok, panas dan gatal (pruritis), hepatitis, menstruasi tidak teratur, keputihan (keputihan) dan gangguan menstruasi (dismenore)), mengatasi nyeri haid, mengatasi rasa sakit saat haid, atasi terlambat haid.

Tanaman Aren

Tanaman-Aren
Tanaman Aren

Sejauh ini, belum ada penelitian ilmiah yang dilakukan pada kandungan kimia gula aren, sehingga kandungan tersebut tidak diketahui secara pasti. Namun sejak dahulu kala, gula aren telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional.

Beberapa khasiat dan manfaat gula aren dalam pengobatan tradisional antara lain mengurangi demam, mengatasi sakit perut dan mengatasi kesulitan buang air besar (konstipasi).

Tanaman Gambir

Tanaman-Gambir
Tanaman Gambir

Kandungan kimia gambir meliputi; Katekin, kuersetin, katekin, katekin merah, lendir, lemak dan lilin. Kandungan utama dan juga banyak anggota Uncaria lainnya mengandung flavonoid (terutama gambiriin), katekin (hingga 51%), tanin (22-50%) dan sejumlah alkaloid (seperti Gambirtannin) dan turunan dihydro dan oxso-nya. Aplikasi utamanya adalah astringentisme.

Gambir juga mengandung katekin (catechin, cyanidol-3), yang dapat digunakan sebagai antihistamin untuk alergi. Dapat digunakan sebagai obat untuk hepatitis dan luka pada hati. Sifat lain harus diatasi sebagai obat melawan disentri, diare, luka bakar, sariawan dan suara serak.

Tanaman Murbei

Tanaman-Murbei
Tanaman Murbei

Tumbuhan ini asli dari daratan Cina dan dapat tumbuh dengan baik di dataran dengan ketinggian lebih dari 100 meter di atas permukaan laut. Biasanya mulberry ditanam di lereng gunung, tetapi banyak yang tumbuh liar.

Daun, kulit akar, beri dan cabang mulberry memiliki banyak khasiat kesehatan. Manfaat mulberry termasuk memperbanyak keluar ASI, pengobatan kencing nanah, bisul, luka gigitan ular, rematik, tekanan darah tinggi, hepatitis kronis, dan kurang darah.

Tanaman Wortel

Tanaman-Wortel
Tanaman Wortel

Wortel adalah varietas sayuran yang dapat ditanam sepanjang tahun. Wortel dapat tumbuh secara optimal di daerah dataran tinggi dengan kelembaban tinggi dan suhu rendah.

Tanaman wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Wortel dapat digunakan untuk mengobati penyakit mata, cacing kremi, eksim, dan serangan jantung.

Tanaman Tomat

Tanaman-Tomat
Tanaman Tomat

Tanaman tomat berasal dari daerah Amerika tropis dan ditanam sebagai tanaman buah di perkebunan atau pekarangan rumah. Tomat dapat tumbuh optimal di tanah yang gembur dan subur, tomat tidak tahan terhadap sinar matahari yang panas.

Tomat dapat dimakan langsung, dipanggang, acar tomat, saus tomat atau jus. Tomat kecil umumnya digunakan sebagai sayuran, tomat seukuran kelereng digunakan sebagai campuran untuk membuat saus cabai.

Bagian dari tomat yang dapat digunakan sebagai obat adalah buah, sedangkan daunnya digunakan sebagai obat luar. manfaat tomat antara lain meningkatkan nafsu makan, mendorong aliran empedu ke usus, merangsang enzim lambung, dan menghilangkan rasa haus.

Demikianlah Pembahasan tentang tanaman obat keluarga semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: