Tanaman Obat Kumis Kucing : Manfaat dan Cara Mengolahnya

Posted on

Tanaman Obat Kumis Kucing – Kumis kucing adalah tanaman semak yang ditemukan di Asia Tenggara, terutama di negara tropis. Manfaat kumis kucing yang paling berkhasiat adalah daunnya, karena mengandung kadar kalium yang tinggi dan glikosida ortosiponin yang baik untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dari tubuh.

Juga telah ditunjukkan bahwa manfaat kumis kucing menyembuhkan infeksi kandung kemih, membersihkan empedu dan ginjal, menyembuhkan rematik, menjaga tekanan darah, diabetes dan asam urat. Tidak hanya itu, efektivitas kumis kucing pun sangat tinggi.

Tanaman-Obat-Kumis-Kucing
Tanaman Obat Kumis Kucing

Manfaat Tanaman Kumis Kucing Terhadap Penyakit

Tanaman kumis kucing sangat berkhasiat untuk pengobatan herbal yang dapat mengobati berbagai penyakit seperti

Membantu Masalah Pernapasan

Manfaat kumis kucing menawarkan harapan besar dalam pengobatan penyakit pernapasan seperti asma dan batuk. Untuk mencegah masalah pernapasan, ramuan ini sering dicampur dengan ramuan kuat lainnya yang sangat baik dalam kesulitan bernafas.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat kumis kucing berkontribusi dalam menurunkan tekanan darah karena kandungan kimianya. Beberapa percaya bahwa antioksidan dan sifat anti-inflamasi ramuan adalah alasan untuk manfaat ini. Methylripariochrome yang terkandung dalam bahan kimia dapat menurunkan tekanan darah sistolik pada tikus.

Atasi Sesak Nafas

Kumis Kucing adalah ramuan menakjubkan dengan banyak manfaat. Ini adalah salah satu herbal terbaik di dunia. Manfaat lain dari daun kumis kucing adalah pengobatan gangguan pernapasan dan masalah terkait saraf. Satu-satunya hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan ramuan ini adalah dosis yang perlu diperiksa dengan teliti sebelum dikonsumsi. Dosis berlebih dapat memiliki efek berbahaya pada tubuh kita.

Pencegahan Pertumbuhan Jamur

Manfaat rambut kumis kucing dapat membantu mencegah pertumbuhan parasit dan inang asing (jamur) yang hidup di dalam tubuh karena kandungan senyawa di dalamnya. Mereka melakukannya dengan memutus rantai makanan jamur. Oleh karena itu, kumis kucing dapat diaplikasikan ke lokasi di mana infeksi jamur telah terjadi.

Efek Diuretik

Istilah “diuretik” mengacu pada zat yang berkontribusi pada peningkatan aliran urin. Dipercaya bahwa sinensetin dan tetramethoxy flavone dalam ramuan ini membantu meningkatkan aliran urin dengan melemaskan otot-otot dinding pembuluh darah bagian dalam.

Efek diuretik dari ramuan ini juga dapat dikaitkan dengan metilripariokrom A. Dalam sebuah studi tentang tikus hyperuricemic, manfaat kumis kucing juga dapat menurunkan kadar urat serum. Hasilnya menunjukkan efek diuretik dan hipourikemik dari ramuan ini yang diuji pada tikus.

Menyembuhkan Masalah Kandung Kemih

Karena kumis kucing membersihkan traktat dan memudahkan kerja sistem, manfaat kumis kucing dalam memerangi infeksi kandung kemih sangat efektif dan juga mencegah masalah kandung kemih di masa depan.

Penyakit Ginjal

Kumis kucing juga populer disebut sebagai tanaman ginjal, mungkin karena mereka memiliki sifat untuk ginjal. Di Jawa kumis kucing dipercaya dapat secara efektif menghilangkan batu ginjal (hingga ukuran 5 cm). Manfaat kumis kucing ini juga telah dikonfirmasi dalam beberapa studi klinis. Ramuan ini digunakan untuk mengobati infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, sering buang air kecil dan batu kandung kemih.

Baik Untuk Detoksifikasi

Kumis kucing telah lama dikonsumsi di pulau Jawa dan juga disebut sebagai teh Jawa. Alasan orang Jawa mengkonsumsi ramuan ini adalah karena sifatnya yang membersihkan. Manfaat rambut kumis kucing bertindak sebagai pembersih alami, menyeka tubuh kita dari racun yang tidak diinginkan dan zat asing.

Kendalikan Diabetes

Manfaat kumis kucing juga memiliki efek ajaib pada pengobatan gula darah. Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kumis kucing secara efektif mengatur kadar glukosa dalam gula, sehingga membantu kita mengendalikan diabetes secara efektif. Perlu dicatat bahwa seseorang harus berkonsultasi dengan dokter sebelum beralih sepenuhnya ke obat herbal ini.

Menurunkan Berat Badan

Telah ditemukan bahwa manfaat kumis kucing berkontribusi terhadap penurunan berat badan. Karena nilai pasarnya sebagai ramuan obat, yang juga menawarkan manfaat penurunan berat badan, kumis kucing dijual dalam berbagai bentuk seperti pil, teh celup, dan ekstrak di pasaran.

Cara Pengolahan Daun Kumis Kucing Menjadi Obat

Kesulitan Buang Air Kecil

Dapatkan manfaat kumis kucing dan rebus segelas air segar dengan kumis kucing genggam hingga setengah cangkir dalam bentuk cair. Setiap ½ gelas harus diminum dua kali sehari.

Batu Ginjal

Infus herbal harus dilakukan dengan kumis kucing 6 g, air 110 ml, dan herbal meniran 7. Sebaiknya minum 100 ml dua kali sehari.

Diabetes

Infus harus dilakukan dengan 20 helai warna kumis, 110 ml air, dan 20 ml daun sambiloto sekali sehari.

Sakit Pinggang

Ramuan harus disiapkan dengan 1 genggam kumis kucing segar, 110 ml air dan kulit pepaya 4 cm. 100 ml harus diminum sekali sehari.

Masuk Angin

Tiga helai daun kumis kucing harus dicuci dan direbus dengan setengah gelas air.

Batu Kandung Kemih

90 gram daun kumis kucing harus dicuci dan direbus hingga setengahnya dengan satu liter air dan kemudian didinginkan.

Batu Ginjal

Siapkan 3 bunga kumis kucing dan 5 daun kumis kucing. Bahan-bahan ini harus dimasak dengan 2 gelas air. Minumlah dua kali sehari.

Encok

Rebus 5 tanaman meniran, 5 helai daun kumis kucing dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Itu harus diambil tiga kali sehari sampai sembuh.

Hipertensi dan Buang Air Kecil

Rebus 2 gelas air dengan 2 genggam kumis kucing hingga 1 gelas air tersisa mendingin. Minumlah air mendidih ini sekali sehari untuk hasil terbaik.

Demikian lah Pembahasan tentang tanaman obat kumis kucing semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya