10 Jenis Tanaman Obat Paru-paru Basah

Posted on

Tanaman Obat Paru-paru Basah – Paru-paru basah adalah jenis penyakit yang dapat dianggap ringan atau parah dan dapat membahayakan kehidupan mereka yang terkena. Paru-paru basah adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi yang menyebabkan peradangan kantung udara di alveoli di salah satu bagian paru-paru dan bahkan dapat mencapai keduanya.

Penyakit paru-paru basah ini dapat disebabkan oleh virus, jamur, atau infeksi pernapasan bakteri. Meskipun demikian, penyakit paru-paru basah ini sekarang dapat dicegah dengan memperkenalkan gaya hidup sehat. Atau melalui upaya untuk mencegah penularan dengan menjaga kebersihan, berhenti merokok dan mengurangi konsumsi alkohol.

Untuk alasan ini, kami menyarankan Anda saat ini menderita penyakit paru-paru basah, pertama perawatan dengan metode alami. Karena cara alami sudah lama dikenal, aman untuk perawatan.

Berikut Adalah Tanaman Obat Paru-paru Basah

Cabe Rawit

Cabe-Rawit
Cabe Rawit

Kandungan zat yang disebut capcaisin dalam cabai rawit membuatnya pedas. kandungan ini juga berperan dalam pengobatan paru-paru basah dan perawatan lainnya. Capcaisin dapat membantu melindungi paru-paru dari infeksi oleh virus atau organisme parasit dengan meningkatkan kinerja selaput lendir, yang membuatnya lebih mudah untuk bernapas.

  1. Caranya adalah merebus 250 ml air, lalu tambahkan 1 sendok teh jus lemon dan sedikit cabe rawit.
  2. Minumlah air setidaknya 4 hingga 5 kali sehari.
  3. Anda juga bisa mengkonsumsinya secara langsung sebagai pendamping makanan.

Apel

Tanaman-Apel
Tanaman Apel

Apel mengandung flavonoid dan berbagai vitamin, antioksidan, terutama vitamin C, yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan sistem pernapasan yang sehat.

Apel adalah buah yang bagus untuk paru-paru Anda karena dapat menghilangkan zat berbahaya seperti nikotin, radikal bebas, dan lainnya dari paru-paru. Apel adalah buah-buahan yang secara alami mencegah penyakit paru-paru terutama paru-paru basah.

Kunyit

Kunyit
Kunyit

Kunyit (Curcuma longa) adalah salah satu rempah Indonesia yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan dan obat herbal untuk kesehatan dan kecantikan. Selain itu, kunyit juga bisa digunakan untuk meredakan penyakit dada akibat paru-paru basah.

Pengobatan paru-paru basah dengan kunyit dapat dilakukan dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan minyak zaitun atau Mustrad. Setelah pencampuran, oleskan ke bagian dada.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kunyit dalam bentuk jamu tradisional, yang biasanya dijual sebagai obat herbal cair siap minum. Tidak hanya itu, banyak orang sehat karena sering mengonsumsi jus kunyit untuk kebugaran fisik.

Namun, asupan kunyit dapat menyebabkan efek samping seperti mual, gangguan pencernaan, pusing atau diare pada orang yang tidak tahan.

Wortel

Tanaman-Obat-Wortel
Wortel

Kadar beta-karoten, alfa-karoten, dan lutein yang terkandung dalam wortel sangat dibutuhkan oleh organ paru-paru karena dapat membantu mencegah paru-paru basah dan masalah kesehatan lainnya.

  1. Untuk penggunaan wortel bisa obat paru-paru basah bisa anda jadikan jus wortel yang terdiri dari sekitar 3-4 wortel.
  2. Minumlah setidaknya 1-2 gelas setiap hari.

Seledri

Seledri
Seledri

Menjaga keseimbangan bahan kimia dan elektrolit, seperti natrium dan magnesium, dianggap sebagai salah satu faktor utama dalam detoksifikasi tubuh. Seledri adalah sumber yang kaya sodium organik yang membantu menghilangkan karbon dioksida dari tubuh.

Karena alasan ini, seledri adalah keuntungan bagi penderita asma. Karena itu, jus seledri segar sangat dianjurkan untuk mengurangi peradangan di paru-paru.

Lemon

Lemon
Lemon

Lemon adalah buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Dengan demikian, konsumsi lemon pada penderita paru-paru basah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Air lemon memainkan peran penting dalam pemurnian paru-paru. Di mana air lemon juga mengandung antioksidan alami yang meningkatkan sistem pencernaan.

Anda dapat mengobati penyakit paru-paru basah dengan lemon secara alami dengan meminum 2 sendok makan jus lemon setiap pagi dengan campuran air atau gula.

Biji Wijen

Obat-Biji-Wijen
Biji Wijen

Biji wijen mengandung magnesium, yang penting untuk fungsi paru-paru yang sehat. Selain itu, diketahui bahwa kandungan gamma-tocopherol dalam minyak wijen dapat menghambat proliferasi (peningkatan) kultur sel kanker prostat dan kanker paru-paru.

Jika Anda menggunakan wijen sebagai obat paru-paru basah, tambahkan satu sendok makan biji wijen ke dalam secangkir air mendidih. Setelah biji melunak, tambahkan satu sendok makan biji rami dan masak setidaknya selama 5 menit. Saring airnya. Untuk rasa yang lebih baik, Anda bisa mencampur sedikit garam dan satu sendok teh madu. Minumlah setiap pagi saat perut Anda kosong.

Bawang Putih

Obat-Paru-Bawang-Putih
Bawang Putih

Bawang putih dapat mengobati dan mencegah penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes dan penyakit pernapasan.

Bahan dapur ini dapat dengan mudah ditambahkan ke salah satu makanan favorit Anda untuk meningkatkan cita rasa masakan dan juga baik untuk kesehatan Anda.

Dalam satu studi, orang yang makan bawang putih setidaknya dua kali seminggu mengurangi risiko kanker paru-paru mereka hingga 44 persen.

Bunga Sepatu

Bunga-Sepatu
Bunga Sepatu

Bunga sepatu juga berguna untuk menangani paru-paru basah yang Anda derita. Caranya adalah, Anda hanya perlu menyediakan 2 kuncup bunga sepatu dan garam secukupnya.

Lalu cuci dan bersihkan sampai semuanya lancar. Setelah dihaluskan, tambahkan segelas air panas dan sedikit lebih banyak garam. Saring saat air mendingin. Kemudian minum secara teratur di pagi, siang dan sore hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tanaman Ciplukan

Tanaman-Ciplukan
Tanaman Ciplukan

Jenis tanaman ini sangat mudah ditemukan di kebun atau bahkan di ladang. Anda dapat membuang bagian buah dari tanaman ini dan menggunakan bagian lainnya sebagai obat paru-paru basah.

Cara melakukannya sangat sederhana. Anda hanya perlu mendidihkan tanaman ini, dan sebelum Anda memasaknya, Anda disarankan untuk terlebih dahulu membersihkannya dengan air mengalir. Setelah memasak, Anda bisa minum secara teratur ramuan air rebusan ciplukan sekitar tiga kali sehari.

Demikianlah pembahasan tentang tanaman obat paru-paru basah semoga bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya