15 Jenis Tanaman Obat Prostat Alami Tradisional

Posted on

Tanaman Obat Prostat – Kanker prostat adalah kanker yang umumnya terjadi pada pria. Kanker prostat disebabkan oleh pertumbuhan berlebih sel-sel abnormal didalam kelenjar prostat. Kanker ini termasuk dalam kategori kanker yang sulit dikenali, karena tidak ada gejala sama sekali pada tahap awal. Jika gejalanya muncul, Anda perlu memeriksa dan mengobatinya.

Terapi alternatif untuk mengatasi kanker prostat masih banyak digunakan di Indonesia. Salah satu pilihan pengobatan adalah dengan mengkonsumsi tanaman obat yang dipercaya dapat menyembuhkan kanker prostat.

Namun, Anda harus mempertimbangkan apakah perawatan alternatif ini tidak dapat menggantikan terapi medis atau prosedur bedah biasa. Karena itu, penggunaan pengobatan kanker alternatif masih harus di bawah pengawasan medis.

Berikut adalah Tanaman Obat Prostat

Akar Alang-alang

Akar-Alang-alang
Akar Alang-alang

Pengobatan tradisional kanker prostat dapat dilakukan dengan akar Alang Alang. Setelah dicuci, akar kemudian direbus. Setelah dimasak hingga mendidih dan disaring, air herbal dapat diminum secara teratur.

Seperti banyak minuman tradisional lainnya, ramuan ini tidak memiliki efek samping. Selain dari perawatan medis, minuman ini sangat efektif menyembuhkan penyakit kanker.

Daun Sambiloto

Daun-Sambiloto
Daun Sambiloto

Daun sambiloto memang banyak manfaatnya. Rebusan daun sambiloto juga baik untuk kanker prostat.

Konsumsi rutin 2 kali sehari memberikan manfaat luar biasa, terutama menyegarkan dan meningkatkan stamina.

Tomat

Tomat
Tomat

Tomat dengan berbagai kandungan seperti mineral, asam folat, vitamin K, vitamin C dan vitamin A baik untuk kesehatan Anda.

Namun ternyata kadar karotenoid, likopen, beta-karoten, alfa dan lutein dalam tomat sangat baik untuk pengobatan kanker prostat. Konsumsi tomat secara rutin dapat mencegah pertumbuhan sel kanker yang sulit dideteksi.

Semangka

Semangka
Semangka

Selain pencegahan kanker payudara, semangka juga cocok untuk pengobatan kanker prostat. Kandungan antioksidan dan flavonoid dalam semangka mengurangi risiko kanker dengan sangat baik.

Kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker serviks, kanker payudara dan kanker usus adalah jenis kanker yang dapat disembuhkan dengan semangka. Konsumsi semangka setiap hari mengurangi risiko kanker.

Rumput Lidah Ular

Rumput-Lidah-Ular
Rumput Lidah Ular

Tanaman ini biasa digunakan sebagai obat tradisional. Rumput lidah ular juga cocok untuk mengobati kanker prostat. Seperti halnya akar pahit dan alang alang, rebusan daun dengan konsumsi teratur dapat membantu mengurangi risiko pengembangan sel kanker.

Buah Delima

Buah-Delima
Buah Delima

Sebuah penelitian menemukan bahwa jus delima dapat memiliki efek pencegahan dan pengobatan pada kanker prostat pada manusia.

Itu karena buah delima kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendukung pengobatan alternatif ini.

Saw Palmetto

Saw-palmetto
Saw palmetto

Saw Palmetto adalah jenis berry yang telah lama digunakan sebagai alternatif alami untuk penyakit prostat dan saluran kemih.

Namun, konsumsi berry jenis ini dapat menyebabkan beberapa efek samping, dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan manfaat mengobati kanker prostat.

Untuk perawatan kanker prostat, perawatan medis seperti radioterapi, radikal prostatektomi, brachytherapy, terapi hormon atau cryotherapy telah terbukti efektif.

Daun Sirih Merah

Daun-Sirih-Merah
Daun Sirih Merah

Seperti yang sudah kita ketahui, sirih merah atau nama latin Piper ornatum adalah tanaman rambat yang memiliki banyak manfaat untuk perawatan, beberapa orang bahkan menggunakannya sebagai tanaman hias. Salah satu manfaatnya adalah pengobatan penyakit prostat.

Cara mengobati penyakit prostat dengan sirih merah adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan 6 lembar daun sirih merah muda (pucuk)
  2. Lalu bersihkan dan potong kecil-kecil
  3. Kemudian didihkan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas masak Kemudian tiriskan campuran dan minum setelah dingin, dan tambahkan 2 sendok teh madu murni dua kali sehari

Perawatan prostat dengan sirih merah tergolong aman. Namun, banyak yang mengatakan bahwa menggunakan daun sirih merah yang berlebihan dapat menimbulkan risiko efek samping berbahaya pada kesehatan individu.

Biji Labu

Biji-Labu
Biji Labu

Biji labu mengandung pitosterol yang dapat menurunkan tingkat dihidrotestosteron (DHT), yang menyebabkan pembesaran prostat.

Konsumsi biji labu juga dapat mengurangi masalah kencing terkait dengan prostatitis.

Teh Hijau

Teh-Hijau
Teh Hijau

Seperti tomat, teh hijau kaya akan antioksidan. Zat ini mengurangi rasa sakit di prostat, mengurangi sensasi terbakar dan mengontrol frekuensi kencing Anda.

Daun Basil

Daun-Basil
Daun Basil

Tidak banyak orang tahu bahwa daun basil dapat mengurangi pembengkakan prostat dan meredakan peradangan karena mengandung zat anti-inflamasi.

Biji Wijen

Biji-Wijen
Biji Wijen

Meskipun biji wijen memiliki bentuk kecil, biji wijen memiliki manfaat besar dalam perawatan prostat. Biji wijen mencegah pembesaran kanker prostat karena mereka memiliki sifat anti-inflamasi.

Buah Manggis

Buah-Manggis
Buah Manggis

Buah manggis mengandung senyawa xanthone dengan antioksidan yang sangat tinggi. Xanthones memiliki fungsi menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Dan senyawa xanthone ini memiliki nilai gizi dan vitamin yang tinggi diperlukan pasien kanker untuk pulih.

Buah Aciberry

Buah-Aciberry
Buah Aciberry

Penelitian menunjukkan bahwa acariberry mengandung senyawa antosianin yang memiliki sifat antiproliferatif yang menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah penyebaran sel kanker ke organ tubuh lainnya.

Buah Black Plum

Buah-Black-Plum
Buah Black Plum

Buah ini dikenal sangat kaya akan Vitamin C, Asam Oksalat, Tanin dan Asam Malat, yang dibutuhkan untuk menghancurkan sel kanker sampai ke akarnya. Serta khasiatnya sangat efektif untuk mencegah penyebaran sel kanker ke organ tubuh lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang tanaman obat prostat semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya