10 Jenis Tanaman Obat Vertigo yang Ampuh

Posted on

Tanaman Obat Vertigo – Apa yang kamu ketahui tentang vertigo? vertigo sebenarnya bukan penyakit. Tetapi gejala karena gangguan pada sistem saraf pusat dan perifer.

Vertigo sering ditandai oleh sensasi kepala dan menyebabkan lingkungan berputar di sekitar mereka yang terkena vertigo. Bahkan, ada risiko pasien jatuh jika pusing yang dialami cukup kuat.

Meskipun gejalanya sering disamakan dengan sakit kepala biasa, mereka tidak boleh diremehkan, karena kondisi ini dapat memperburuk dan membahayakan orang tersebut.

Berikut Tanaman Obat Vertigo

Bunga Melati

Obat-Vertigo-Bunga-Melati
Bunga Melati

Siapa yang tidak kenal bunga melati? Bunga ini adalah bunga yang terkenal di Indonesia selain mawar. Nah, ternyata bunga dan daun melati tidak hanya digunakan sebagai teh herbal, tetapi juga memiliki kemampuan luar biasa untuk mengatasi vertigo.

Bunga melati mengandung minyak esensial yang bertindak sebagai anti-depressan yang meredakan mual dan juga meningkatkan sirkulasi darah sehingga Anda dapat mengatasi gejala vertigo.

  1. Caranya : cukup siapkan segenggam daun melati dan 10 bunga melati.
  2. Lalu tumbuk semua bahan dan campur dengan air.
  3. Nah, Anda bisa menggunakan daun melati dan air melati sebagai obat Vertigo dengan mengoleskannya ke dahi dan pelipis Anda.

Ginkgo Biloba

Ginkgo-Biloba
Ginkgo Biloba

Obat vertigo alami lainnya adalah Ginkgo biloba. Tanaman ini sudah terkenal oleh para ahli karena memiliki sifat yang dapat meredakan gejala vertigo.

Karena Ginkgo Biloba memiliki kandungan yang efektif untuk melancarkan peredaran darah ke telinga bagian dalam, otak dan kepala. Dan Anda bisa menggunakannya sebagai teh, daun ginkgo biloba yang sebelumnya dikeringkan.

Sambiloto

Sambiloto
Sambiloto

Sambiloto adalah tanaman liar yang memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Untuk alasan ini, Sambiloto sering digunakan hari ini sebagai bahan baku untuk produksi jamu.

Daun sambiloto juga merupakan tanaman obat melawan vertigo. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa daun pahit mengandung flavonoid, yang memiliki kemampuan luar biasa sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan juga membunuh virus dan kontaminan asing dalam tubuh.

Vertigo biasanya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, sehingga penggunaan daun sambiloto memang solusi yang tepat.

  1. Caranya : Anda tinggal menyiapkan 3-5 helai daun sambiloto, kemudian rebus dengan air hingga mendidih.
  2. Jika sudah mendidih, saring airnya dan dinginkan sejenak.
  3. Setelah dingin, maka Anda bisa meminumnya secara langsung.
  4. Sambiloto ini bisa diminum hingga 3 kali dalam sehari.

Daun Selasih

Daun-Selasih
Daun Selasih

Tanaman obat vertigo lainnya adalah daun selasih. Dianggap sebagai obat untuk pusing, karena daun selasih bermanfaat untuk menjaga pembuluh darah yang sehat dan dapat meringankan gejala vertigo dengan baik.

Hal ini karena daun selasih memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Caranya, Anda bisa mencampurkan biji daun selasih ke minuman untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama saat vertigo.

Cocor Bebek

Cocor-Bebek
Cocor Bebek

Tanaman cocor bebek ini biasanya lebih sering digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman ini disebut cocor Bebek karena memiliki bentuk daun memanjang, ujung bergerigi dan ujung tumpul yang menyerupai lidah bebek.

Tanaman ini efektif sebagai obat alami untuk vertigo, karena kandungan flavonoidnya sangat tinggi, dan flavonoid ini membunuh virus dalam tubuh, sehingga membantu mengurangi gejala vertigo.

  1. Caranya : Ambil saja 10 lembar daun cocor bebek dan tumbuk daunnya.
  2. Untuk mengaplikasikannya hanya gunakan sedikit air garam dan daun cocor bebek.
  3. kemudian oleskan campuran daun cocor bebek dan air garam ke dahi dan pelipis Anda 1 atau 2 kali sehari.

Lada Merah

Lada-Merah
Lada Merah

Obat vertigo selanjutnya adalah lada merah. Lada merah dapat mengobati vertigo, karena mengandung banyak capsaicin, yang efektif untuk melancarkan aliran darah ke telinga bagian dalam dan otak dan mampu menyeimbangkan jumlah trombosit.

Untuk cara konsumsi lada merah, Anda bisa menambahkannya sebagai bahan masakan.

Daun Pegagan

Tanaman-Obat-Daun-Pegagan
Daun Pegagan

Tanaman pegagan sering dianggap sebagai tanaman liar yang biasanya tumbuh di pinggir jalan atau di tepi sungai. Namun, ternyata tanaman liar, yang juga bisa disebut kaki kuda, sangat berguna dalam mengatasi gejala Vertigo.

Daun pegagan memiliki efek anti-infeksi, anti-toksik dan antibakteri, yang membuat tanaman ini sangat efektif dalam memerangi bakteri yang dapat menginfeksi telinga bagian dalam Anda. Hasilnya, tentu saja, adalah gejala vertigo yang Anda rasakan segera mereda.

  1. Anda cukup menyiapkan segenggam daun Pegagan dan kemudian letakkan di panci berisi 3 gelas.
  2. Kemudian rebus air daun pegagan dan tunggu hingga air meninggalkan 1 gelas.
  3. Jika Anda memiliki 1 gelas tersisa, saring airnya dan segera konsumsi. Untuk memperkaya rasanya, Anda bisa menambahkan 1 sendok teh madu ke dalam ramuan tradisional.

Jahe

Obat-Vertigo-Jahe
Obat Vertigo Jahe

Obat alami berikutnya untuk vertigo adalah jahe. Bumbu dapur ini ternyata memiliki manfaat kesehatan yang baik, termasuk vertigo. Jahe dapat mengobati pusing, karena jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang merangsang sirkulasi darah dan mengoksidasi seluruh tubuh.

Untuk mengolah jahe ini, Anda bisa memasak jahe atau menyeduh bubuk jahe dengan air panas. Tambahkan sedikit madu dan daun mint agar lebih enak dan lebih beraroma saat dimakan.

Jeruk Nipis

Jeruk-Nipis
Jeruk Nipis

Tanaman jeruk nipis memang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Nah, tahukah Anda bahwa ternyata buah jeruk nipis yang diproduksi oleh tanaman ini dapat digunakan sebagai bahan herbal untuk mengatasi Vertigo.

Jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi yang berguna untuk mengatasi vertigo, seperti minyak atsiri yang bisa meredakan mual dan muntah sehingga gejala vertigo hilang. Selain itu, jus jeruk nipis juga mengandung glikosida, yang mempercepat sirkulasi darah dan mengurangi vertigo.

  1. Caranya : Ambil saja buah jeruk nipis, peras airnya dan campur dengan air panas atau teh.
  2. Jangan lupa untuk mencampur sedikit garam sampai merata, dan segera gunakan.
  3. Anda dapat mengkonsumsi ramuan jeruk nipis hingga dua kali sehari.

Cabe Jawa

Cabe-jawa
Cabe jawa

Cabai jawa adalah tanaman yang biasa digunakan sebagai tanaman hias. Nah, bagian paling mencolok dari cabai Jawa tentu saja buahnya. Buah dari tanaman ini mirip dengan bentuk cabai rawit. Ternyata, buah dari tanaman ini sangat bermanfaat untuk mengatasi vertigo.

Itu karena tanaman ini mengandung zat yang disebut piperine. Nah, senyawa piperin ini sangat berguna sebagai agen antiinflamasi untuk mencegah infeksi bakteri dan virus dalam tubuh Anda.

  1. Caranya : Anda hanya perlu menyiapkan 5 gram cabe jawa kering dan menghancurkannya sampai menjadi bubuk.
  2. Kemudian Anda bisa menyeduh bubuk cabai jawa dengan air panas dan segera mengonsumsinya.

Demikianlah pembahasan tentang tanaman obat vertigo semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: