11 Jenis Tanaman Buah Merambat

Posted on

Tanaman Buah Merambat – Tanaman merambat banyak ditanam untuk menghiasi kanopi rumah dan pagar rumah, tanaman yang tumbuh rimbun ini dapat memberikan kesan asridan sejuk pada rumah, biasanya tanaman merambat yang digunakan adalah tanaman rambat bunga dan tanaman rambat daun, namun tahukah anda tanaman merambat ada juga jenis lainnya yaitu tanaman merambat buah.

Tanaman buah merambat merupakan jenis tanaman buah yang hidup dengan cara merambat, tanaman buah merambat tidak hanya dapat hidup ditanah tetapi juga dapat merambat pada media tanam seperti pagar rumah, kanopi, garasi rumah maupun media tanam yang telah disiapkan.

Bila kita mempersiapkan media tanam untuk merambatkan tanaman buah, maka akan terlihat indah dan juga rapi, rambatkan tanaman buah pada tempat seperti pagar tanaman agar terlihat indah.

Berikut 11 Tanaman Buah Merambat

1. Tanaman Merambat Timun

Tanaman-Merambat-Timun
Tanaman Merambat Timun

Tanaman mentimun yang memiliki nama latin curcumis sativus L merupakan tanaman merambat jenis buah yang sering kita temui dan merupakan tanaman yang banyak mafaat nya.

Selain dijadikan makanan lalapan konsumsi, tanaman buah timun ini banyak dimanfaatkan sebagai produk kecantikan dan pencerah wajah, hal ini dapat dilihat dari banyaknya produk kecantikan dengan bahan utama dari buah timun.

Tanaman Mentimun ini dapat tumbuh baik pada dataran rendah maupun tinggi, tetapi tempat yang cocok untuk pertumbuhan dari tanaman buah timun ini adalah tempat tanah yang hangat.

2. Tanaman Merambat Timun Suri

Tanaman-Merambat-Timun-Suri
Tanaman Merambat Timun Suri

Tanaman timun suri merupakan buah yang banyak dijumpai pada bulan ramadhan, karena itu tanaman ini banyak yang mengira sebagai tanaman musiman, tetapi hal ini salah karena tanaman timun suri dapat tumbuh dalam segala musim.

Buah Timun Suri ini memiliki tekstur yang unik sehingga cocok dijadikan sebagai bahan minuman yang menyegarkan di bulan ramadhan.

Tanaman buah timun suri merupukan tanaman yang dapat tumbuh dengan cuaca kering, karena itu tanaman buah timun suri dapat tumbuh disegala musim, tanaman timun suri dapat dipanen setelah 2 bulan penanaman.

3. Tanaman Merambat Blewah

Tanaman-Merambat-Blewah
Tanaman Merambat Blewah

Tanaman Merambat blewah merupakan tanaman yang mempunyai banyak manfaat terutama kandungan gizi seperti provitamin A, kalium dan mineral yang baik untuk tubuh, selain itu itu buah blewah juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah.

Tanaman merambat blewah yang memiliki nama latin cucumin melo L ini banyak dijumpai pada bulan ramadhan, buah blewah banyak dibuat sebagai campuran minuman pada bulan ramadhan.

4. Tanaman Merambat Labu Kuning

Tanaman-Merambat-Labu-Kuning
Tanaman Merambat Labu Kuning

Tanaman labu kuning merupakan tanaman yang juga banyak dimanfaatkan sebagai makanan dibulan puasa seperti kolak yang memiliki rasa manis khas.

Tanaman labu kuning meskipun memiliki buah yang cukup besar namun batang pohon tanaman labu kuning termasuk kecil, hal ini karena tanaman labu kuning merupakan tanaman merambat.

Tanaman Labu kunig membutuhkan lahan yang luas untuk pertumbuhannya, tanaman buah labu kuning dapat dipanen setelah 2 bulan dari masa tanam.

5. Tanaman Merambat Anggur

Tanaman-Merambat-Anggur
Tanaman Merambat Anggur

Tanaman anggur merupakan tanaman buah merambat yang paling populer dan banyak diminati karena mempunyai banyak manfaat, buah anggur dapat langsung dimakan dan juga dapat diolah menjadi minuman, minyak, jelly dan masih banyak lagi.

Tanaman buah anggur ini dapat tumbuh ditempat yang kering,dan dalam pertumbuhannya diperlukan perlakuan khusus sehingga dapat tumbuh dengan baik.

6. Tanaman Merambat Markisa

Tanaman-Merambat-Markisa
Tanaman Merambat Markisa

Tanaman merambat yang memiliki buah lainnya adalah tanaman markisa namun sekarang tanaman ini sudah jarang ditemui, tanaman markisa memiliki buah yang berbentuk bulat dengan tekstur yang unik, buah markisa memiliki rasa yang asam dan manis menyegarkan.

tanaman buah markisa dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 800 – 2000 meter diatas permukaan laut. tanaman buah markisa juga menghendaki kelembaban sekitar 25 -30 derajat celcius.

7. Tanaman Merambat Melon

Tanaman-Merambat-Melon
Tanaman Merambat Melon

Tanaman merambat yang memiliki buah selanjutnya adalah tanaman melon, tanaman ini memiliki buah yang cukup besar dan memiliki rasa yang manis, buah melon memiliki warna hijau dan warna buah kuning namun kedua nya memiliki rasa manis yang disukai banyak orang.

Tanaman buah melon dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah dengan suhu berkisar 20 – 30 derajat celcius, tanaman buah melon dapat dipanen setelah 4 bulan dari masa tanam.

8. Tanaman Merambat Semangka

Tanaman-Merambat-Semangka
Tanaman Merambat Semangka

Tanaman buah semangka memiliki ukuran buah yang lumayan besar dengan berat bisa mencapai 5kg, buah semangka sangat cocok dinikmati saat musim cuaca panas karena buah semangka selain memiliki rasa yang manis juga memiliki banyak kandungan air sehingga begitu segar dan nikmat dinikmati saat musim panas.

Media tanam dari buah semangka ini biasanya ditanah dan tidak dirambatkan pada tiang pagar karena buah semangka yang besar dapat menjadikan media tanam rambat nya bisa patah.

9. Tanaman Merambat Buah Kundur

Tanaman-Merambat-Buah-Kundur
Tanaman Merambat Buah Kundur

tanaman buah kundur merupakan tanaman merambat yang sudah jarang ditemui, tanaman ini merupakan masih keluarga dengan tanaman labu, bentuk buah nya menyerupai timun suri namun dengan warna yang hijau.

Tanaman buah kundur mempunyai banyak manfaat selain dapat mendinginkan tubuh karena memiliki kandungan air yang banyak, tanaman buah kundur ini dapat mengatasi radang tenggorokan dan demam juga panas dalam.

10. Tanaman Merambat Buah Naga

Tanaman-Merambat-Buah-Naga
Tanaman Merambat Buah Naga

Tanaman buah naga merupakan tanaman merambat yang berbeda dengan jenis tanaman rambat lainnya, jika tanaman rambat lain memiliki batang yang kecil serta daun yang lebat, tetapi tanaman buah naga tidak memiliki daun namun memiliki batang yang tebal karena tanaman ini merupakan jenis kaktus.

Tanaman buah naga selain memiliki batang tanaman yang unik bentuk dari buah nya pun unik karena memiliki bentuk yang mirip dengan sisik hewan mitologi naga, selain itu buah naga juga memiliki warna 2 buah warna yaitu buah naga putih dan buah naga merah.

11. Tanaman Merambat Buah Kiwi

Tanaman-Merambat-Buah-Kiwi
Tanaman Merambat Buah Kiwi

Tanaman buah kiwi adalah tanaman buah merambat yang berasal dari tiongkok, buah kiwi mengandung antioksidan yang tinggi.

Buah kiwi memeliki ciri berbentuk oval mirip telur ayam, dengan warna buah yang berwarna hijau kecoklatan dan daging buah yang mengandung banyak serat dan mempunyai warna hijau terang

Demikianlah pembahasan tentang tanaman buah merambat, tanaman merambat buah selain bisa anda jadikan sebagai tanaman hias, tanaman merambat buah juga punya segudang manfaat untuk anda, semoga bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :

Related posts: