10 Jenis Tanaman Obat Ginjal Tradisional Ampuh

Posted on

Tanaman Obat Ginjal – Ginjal adalah bagian vital dari tubuh. Meskipun ukurannya kecil, ginjal memiliki fungsi dan tugas yang sangat berat, sehingga mereka perlu dirawat dengan baik agar tetap sehat.

Tetapi jika ginjal memiliki masalah, Anda harus memberi perawatan yang ekstra. Anda tidak hanya perlu minum obat kimia, Anda juga bisa beralih ke perawatan herbal yang lebih alami.

Ada banyak bahan herbal alternatif yang bisa dikonsumsi untuk meringankan masalah ginjal.

Berikut Tanaman Obat Ginjal

Manggis

Manggis
Manggis

Buah manggis mengandung senyawa xanthone alami, yang mampu menangkal radikal bebas secara efektif. Secara tidak langsung, buah manggis dapat membersihkan tubuh dari zat berbahaya dan racun yang menyebabkan penyakit ginjal.

Zat ini juga mampu membuat aliran darah lebih lancar, mengurangi risiko penyakit lain seperti penyakit jantung dan stroke.

Daun Parsley

Daun-Parsley
Daun Parsley

Parsley, yang memiliki nama latin yaitu Petroselium, parsley adalah tanaman yang sangat baik untuk membersihkan ginjal Anda. Daun parsley mengandung zat seperti asam float, lisin, firocumarin, asam amino, xanthotoxin, beta-phelandrene, vitamin C, alpha-pinene, nikotin-apiola, myrcene dan bergapten.

Selain itu, daun parsley juga mengandung zat besi, kalsium, postasium, fosfor, seng dan banyak lainnya. Karena banyaknya kandungan senyawa sehingga tanama sangat baik untuk ginjal.

Dengan mengkonsumsi daun parsley dapat meningkatkan kinerja ginjal dan mencegah infeksi saluran kemih. Tetapi bagi Anda yang memiliki penyakit batu ginjal, tidak disarankan untuk mengkonsumsi daun parsley ini.

Gingseng

Gingseng
Gingseng

Selain kemampuan meningkatkan HB, memperkuat sistem kekebalan tubuh, ternyata ginseng juga baik jika digunakan oleh orang-orang dengan ginjal yang bocor.

Ini terjadi karena ginseng dapat mengurangi intensitas cuci darah yang biasanya dilakukan oleh orang dengan penyakit ginjal bocor.

Daun Bihanong

Daun-Bihanong
Daun Bihanong

Penelitian menunjukkan bahwa Ekstrak Daun Binahong memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi ginjal. Cara menggunakan daun Binahong sebagai obat adalah memasak beberapa daun lalu minum airnya.

Daun binahong tidak hanya dikenal sebagai obat ginjal tetapi juga banyak digunakan sebagai bahan baku vitamin dan produk kecantikan. Tanaman binahong bisa berupa batang, daun dan umbi yang menempel pada ketiak daun.

Daun Seledri

Tanaman-Daun-Seledri
Daun Seledri

Tanaman seledri juga dapat digunakan sebagai sistem pembersihan ginjal. Tanaman ini sangat mudah ditemukan. Mungkin bagi wanita yang sudah sering melihat tanaman ini di dapur. Seledri sering digunakan sebagai pelengkap untuk memasak.

Seledri mengandung berbagai zat bermanfaat. Seperti vitamin B1, vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C dan banyak lainnya.

Seledri adalah tanaman deruretik yang menghilangkan racun dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi seledri bisa merangsang lebih banyak urin, sehingga kotoran di tubuh keluar.

Buah Mulberry

Buah Mulberry
Buah Mulberry

Penyakit ginjal dapat diobati dengan tanaman mulberry. Bukan hanya dapat mengatasi penyakit ginjal bocor saja, tanaman ini juga dapat mengurangi risiko penggumpalan darah, stroke, membersihkan darah serta membuat kulit lembut, pertumbuhan rambut hingga mempertahankan warna rambuh.

Meniran

Meniran
Meniran

Meniran adalah tanaman obat tradisional yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Untuk memanfaatkannya, Meniran harus direbus dengan air lalu minum air matang.

Biasanya, daun meniran dimasak dengan jahe dan daun kumis kucing untuk mendapatkan manfaat maksimal. Karena rasanya yang pahit, pemanis seperti madu atau gula aren biasanya sering ditambahkan.

Buah Cranberry

Buah-Cranberry
Buah Cranberry

Cranberry adalah buah merah kecil yang memiliki rasa asam. Buah ini mengandung berbagai jenis vitamin yang sangat banyak sekali. Seperti Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Magnesium, Kalium dan banyak lainnya.

Mengkonsumsi jus cranberry dapat mengatasi infeksi saluran kemih, dan membersihkan organ ginjal sangat efektif. Selain itu, konsumsi jus cranberry secara teratur dapat mengurangi adhesi kandung kemih.

Daun Kumis Kucing

Tanaman-Daun-Kumis-Kucing
Daun Kumis Kucing

Jika Anda menemukan Tanaman Kumis Kucing, Anda dapat menggunakannya untuk terapi ginjal bocor.

Khasiat tanaman ini diyakini dapat menstabilkan gula darah dan encok rematik, dan untuk meringankan gejala pada pasien dengan ginjal yang bocor.

Semangka

Obat-Ginjal-Semangka
Semangka

Buah merah ini sebenarnya bisa digunakan untuk membersihkan organ ginjal Anda. Semangka terkandung dalam buahnya, yang memiliki kadar air sangat tinggi. Ini memungkinkan organ ginjal bekerja lebih baik. Sehingga racun-racun dalam tubuh pergi bersama air seni atau keringat Anda.

Selain itu, buah semangka juga bisa digunakan untuk menghancurkan batu ginjal. Tetapi bagi Anda yang menderita diabetes, makan terlalu banyak semangka tidak dianjurkan, karena meningkatkan kadar gula darah.

Demikianlah pembahasan tentang tanaman obat ginjal semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya